$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Prof Jimly Asshiddiqie : Dari Semua Presiden RI, Darahnya Paling Merah itu Jokowi

foto: icmi INDONESIAKININEWS.COM -  Guru Besar Hukum Tata Negara (HTN) Universitas Indonesia Prof Jimly Asshiddiqie menyatakan dari se...

foto: icmi


INDONESIAKININEWS.COM - Guru Besar Hukum Tata Negara (HTN) Universitas Indonesia Prof Jimly Asshiddiqie menyatakan dari semua Presiden RI sejak Soekarno hingga saat ini, yang paling merah darahnya itu adalah Joko Widodo alias Jokowi.

Pernyataan ini disampaikan Prof Jimly ketika dimintai pandangannya terkait hal-hal positif dari semua presiden yang pernah memimpin Indonesia, dalam program NGOMPOL (Ngomongin Politik) yang tayang di channel YouTube, Sabtu (8/8).

"Kalau saya sih, semua presiden itu ada mirip-miripnya, ada bedanya. Nah, salah satu kendala yang kita hadapi budaya politik kita ini feodal," katanya mengawali jawabannya.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu kemudian menceritakan bahwa dahulu ketika penentuan bentuk negara sebagai Republik, sebagian besar kelompok sebenarnya menginginkan bentuk kerajaan.

"Kalau dulu 1945 diadakan referendum, mungkin kerajaan lebih menang dari Republik. Itu menggambarkan bahwa budaya politik kita ini feodal. Kerajaan. Bentuknya Republik, kelakuannya kerajaan. Maka, semua sekarang ini semua kerajaan. Partai jadi kerajaan, ini jadi kerajaan. Begitu-begitu lho," tutur Prof Jimly.

Tokoh kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini kemudian melanjutkan, semua Presiden RI sejak Soekarno hingga sekarang ini, yang darahnya paling merah itu adalah Jokowi.

Sedangkan yang lain itu agak banyak biru-birunya. Ada unsur birunya.

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menurutnya ada unsur birunya. BJ Habibie sedikit-sedikit ada birunya. BUng Karno juga darah biru. Dia pendiri Republik.

"Jadi semua itu punya darah biru semua, yang darahnya paling merah itu Jokowi," ucap Prof Jimly.

Maka, tokoh yang kini menjabat Anggota DPD RI, seharusnya peluang untuk mengadakan transformasi, perombakan budaya feodal dalam budaya politik Indonesia. Namun, hal itu menurutnya tidak terjadi.

"Maka peluang untuk mengadakan transformasi, perombakan budaya feodal, sekarang ini (momentumnya). Eh ternyata, dia (Jokowi-red) mengalami pembiruan juga. Sekarang darahnya sudah sangat biru. Gitu lho. Itu kalau you tanya saya komentar saya secara umum begitu," lanjut Prof Jimly.

Oleh mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) era Presiden SBY ini, budaya feodal itu dianggap sebagai salah satu ancaman terbesar peradaban demokrasi bangsa Indonesia ke depan.

"Mudah-mudahan para milenial belajar, transformasi budaya feodal itu menjadi budaya modern," harap mantan ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ini.

Sumber: jpnn


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Prof Jimly Asshiddiqie : Dari Semua Presiden RI, Darahnya Paling Merah itu Jokowi
Prof Jimly Asshiddiqie : Dari Semua Presiden RI, Darahnya Paling Merah itu Jokowi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhReX48TIIg2XV6iE7pNkGs0loSPw9X0Av9ZRPPNq-VL-FqIhf3eWTqmSVMxsRa4Fhd5em2h7MuyG2My_CUuGgWW7VE5CPBUA-6S8riLsiDJUW9XHaUREQd-Tf794g7iYp9qhQ1IIRJa_M/s640/1544013823_masuk_bursa_cawapres_jokowi_ini_kata_jimly_asshiddiqie-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhReX48TIIg2XV6iE7pNkGs0loSPw9X0Av9ZRPPNq-VL-FqIhf3eWTqmSVMxsRa4Fhd5em2h7MuyG2My_CUuGgWW7VE5CPBUA-6S8riLsiDJUW9XHaUREQd-Tf794g7iYp9qhQ1IIRJa_M/s72-c/1544013823_masuk_bursa_cawapres_jokowi_ini_kata_jimly_asshiddiqie-1.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/prof-jimly-asshiddiqie-dari-semua.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/prof-jimly-asshiddiqie-dari-semua.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy