$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Belum Usai Corona, China Kini Dilanda Wabah Brucellosis: Ribuan Orang Terinfeksi

Ilustrasi bakteri salmonella Foto: Shutterstock INDONESIAKININEWS.COM -  Belum selesai wabah corona di seluruh dunia tertangani, baru-baru i...

Ilustrasi bakteri salmonella Foto: Shutterstock



INDONESIAKININEWS.COM - Belum selesai wabah corona di seluruh dunia tertangani, baru-baru ini wabah lain muncul lagi di China. 

Kali ini ribuan orang China dilaporkan terinfeksi penyakit langka yang disebabkan oleh bakteri. 

Dilaporkan CNN, Wabah itu muncul akibat kebocoran yang tidak disengaja di sebuah pabrik biofarmasi yang terjadi tahun lalu.  

Komisi Kesehatan Lanzhou, Ibu Kota Provinsi Gansu, China, melaporkan 3.245 orang terindikasi mengidap penyakit brucellosis, penyakit yang biasanya ditularkan dari hewan ternak pembawa bakteri brucella ke manusia.  

1.401 di antaranya telah dites dan dinyatakan positif Brucellosis. 

Secara total, dari 2,9 juta orang penduduk di seluruh Lanzhou, ada 21.847 orang yang telah dites dan sejauh ini belum ada korban jiwa. 

Penyakit brucellosis yang dikenal demam Malta atau demam Mediterania adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri brucella. 

Penyakit ini bisa menimbulkan berbagai gejala mulai dari sakit kepala, nyeri otot, demam, dan kelelahan.  

Menurut Center for Disease Control (CDC), kendati gejalanya bisa mereda, namun jika dibiarkan bisa berakibat fatal dan menyebabkan radang sendi dan pembengkakan pada organ tertentu.  

Bakteri ini banyak ditularkan lewat makanan yang terkontaminasi alih-alih dari manusia ke manusia. 

Infeksi juga bisa terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup partikel yang mengandung bakteri brucella, seperti yang terjadi di Lanzhou.  

Menurut laporan otoritas setempat, wabah Brucellosis muncul akibat kebocoran pabrik farmasi biologis Zhongmu Lanzhou, yang terjadi antara akhir Juli hingga Agustus 2019. 

Saat memproduksi vaksin Brucella untuk hewan, mereka menggunakan desinfektan. Namun, tidak semua bakteri berhasil dibasmi dalam limbah gas.  

Gas limbah yang terkontaminasi membentuk aerosol yang mengandung bakteri, lalu bocor ke udara, terbawa angin dan melintas ke Institute Penelitian Hewan Lanzhou, tempat wabah pertama kali melanda.  

Orang-orang di Institut tersebut mulai melaporkan infeksi pada November dan jumlahnya terus meningkat. Pada akhir Desember, setidaknya 181 orang di Institut itu telah terinfeksi brucellosis. 

Pasien yang terinfeksi termasuk mahasiswa di Lanzhou University. Jumlah infeksi terus meningkat hingga sekarang telah mencapai lebih dari 3 ribu orang. 

Saat ini, izin produksi vaksin brucellosis oleh pabrik tersebut telah dicabut oleh otoritas setempat. 

Pada Februari 2020, pihak pabrik mengeluarkan permintaan maaf kepada publik dan mengatakan telah ‘menghukum berat’ delapan orang yang dianggap bertanggung jawab atas insiden tersebut.


S: kumparan


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Belum Usai Corona, China Kini Dilanda Wabah Brucellosis: Ribuan Orang Terinfeksi
Belum Usai Corona, China Kini Dilanda Wabah Brucellosis: Ribuan Orang Terinfeksi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNRAqlOQfCVHwjnTOtBOhuPiRJILZaJCgJWvCvFjDoBwoI_kEjKa6Mx79H0c_EFlI0-eAPWiAuk_LeW0x0R7aDVUMOpUp_zpPDXWhVUBIPkFPicTIcSho8FPAljgLvdK_GNF7PiI7LrQ0/w640-h376/cjfx8kwromwqeyhjzjbs.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNRAqlOQfCVHwjnTOtBOhuPiRJILZaJCgJWvCvFjDoBwoI_kEjKa6Mx79H0c_EFlI0-eAPWiAuk_LeW0x0R7aDVUMOpUp_zpPDXWhVUBIPkFPicTIcSho8FPAljgLvdK_GNF7PiI7LrQ0/s72-w640-c-h376/cjfx8kwromwqeyhjzjbs.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/belum-usai-corona-china-kini-dilanda.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/belum-usai-corona-china-kini-dilanda.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy