$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

CEK FAKTA: Benarkah PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Jaga Keutuhan Pancasila?

INDONESIAKININEWS.COM -   Beredar narasi yang menyebutkan bahwa PDIP membuka opsi untuk membubarkan MUI demi menjaga keutuhan pancasila. Nar...

[SALAH] PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Utuhnya Pancasila (Turnbackhoax.id).

INDONESIAKININEWS.COM - 
 Beredar narasi yang menyebutkan bahwa PDIP membuka opsi untuk membubarkan MUI demi menjaga keutuhan pancasila.

Narasi tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook Meli Berlin. Ia menyertakan tagar #BubarkanPDIP.

Dalam unggahannya, Meli Berlin melampirkan foto tankapan layar artikel berita yang diambil dari sebuah media.

Berdasarkan foto tangkapan layar yang diunggahnya, media tersebut menulis artikel bertajuk "PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Utuhnya Pancasila".

Berikut adalah narasi yang dibuat oleh akun Meli Berlin:

"Saya gak butuh like saya butuh tagar.. Bro..!!"

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id - jaringan suara.com, klaim yang menyebut bahwa PDIP membuka opsi untuk membubarkan MUI demi menjaga keutuhan pancasila beserta tagar #BubarkanPDIP adalah klaim yang salah.

Foto tangkapan layar yang diunggah oleh Meli Berlin telah melalui tahap penyuntingan sebelumnya. Tajuk artikel asli foto tangkapan layar tersebut adalah "Junimart, Buka Opsi Bubarkan IPDN, Demi Kemanusiaan".

Artikel tersebut tayang di situs berita gonews.co pada Kamis (3/9/2020). Dalam artikel asli, dibahas tentang usulan Jumimart Girsang, Legislator Partai PDI Perjuangan untuk membubarkan Institur Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) karena persoalan makanan yang tidak layak di sekolah kedinasan tersebut.

"Dari segi kemanusiaan, saya sudah bilang dari kemarin, bubarkan saja IPDN! Makanya itu lebih sejahtera yang di Lapas. Saya sudah ke IPDN Jakarta," ucap Jumimart dalam Rapat Komisi II DPRI RI Bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Gedung DPR RI, Rabu (2/9/2020).

Dilansir dari dpr.go.id, Pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI yang digelar pada Rabu (2/9/2020) tersebut, pembahasan berfokus pada arah kebijakan rencana program anggaran tahun 2021 Kemendagri. Tidak terdapat pembahasan tentang pembubaran MUI pada agenda rapat ataupun pada artikel asli.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan bahwa PDIP membuka opsi untuk membubarkan MUI  demi menjaga keutuhan pancasila tersebut adalah klaim yang salah,

Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

S. Suara


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: CEK FAKTA: Benarkah PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Jaga Keutuhan Pancasila?
CEK FAKTA: Benarkah PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Jaga Keutuhan Pancasila?
https://media.suara.com/pictures/original/2020/09/06/77721-salah-pdip-buka-opsi-bubarkan-mui-demi-utuhnya-pancasila.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/cek-fakta-benarkah-pdip-buka-opsi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/cek-fakta-benarkah-pdip-buka-opsi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy