$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Eks Danpuspom Sindir ABRI Soal Insiden Polsek Ciracas: TNI Banyak Tantangan, Polri Banyak Tentengan

INDONESIAKININEWS.COM -  Insiden penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta Timur, pada Sabtu (29/8/2020) berbuntut dari ancaman sejuamlah oknum TN...

tribunnews

INDONESIAKININEWS.COM - 
Insiden penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta Timur, pada Sabtu (29/8/2020) berbuntut dari ancaman sejuamlah oknum TNI yang terancam dipecat.

Mantan Danpuspom ABRI Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal menyebut kesalahan akhir tetap berada di tangan komandan, bukan anak buah.

Pernyataan tersebut diungkapkannya lewat acara Acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (1/9/2020).

Awalnya Syamsu melontarkan sindiran kepada Polri pasca ABRI dipecah.

"Tragedi Ciracas kok terulang lagi? Ya saya terus terang saja, semenjak ABRI dipecah jadi TNI dan Polri," kata Syamsu.

"TNI banyak tantangan, Polri banyak tentengan."

"Ditanya saja ke masyarakat," sambungnya.

Pria yang kini tergabung dalam Partai Berkarya pimpinan Tommy Soeharto itu mengaku saat ini pilih banyak diam lantaran takut dituding makar.

"Saya jarang bicara takut saya nanti dituduh makar saya," kata Syamsu.

Pria lulusan AKMIL angkatan '65 itu kemudian kembali menyindir Polri.

"Polisi tidur saja sudah merepotkan apalagi polisi bangun," ujarnya.

Selanjutnya, baru Syamsu menanggapi soal aksi KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa terkait kasus penyerangan Polsek Ciracas.

Seperti yang diketahui, Andika telah mengancam akan memecat para oknum TNI yang terlibat dalam kasus penyerangan Polsek Ciracas.

Tak hanya itu, Andika bahkan memastikan agar para oknum itu membayar ganti rugi akibat kerusakan yang mereka perbuat.

Syamsu juga memuji ketegasan Andika dalam menyikapi kasus Polsek Ciracas, meskipun berkeyakinan bahwa kesalahan tetap ada di tangan pemimpin, bukan para oknum yang pangkatnya masih sebagai anak buah.

"Enggak ada anak buah yang salah 100 persen, yang salah pimpinannya," kata Syamsu.

"Jadi memang prajurit perlu pembinaan, ini tanggung jawab komandan."

Polri Banyak Salah

Syamsu lalu bercerita saat dirinya masih aktif menjabat sebagai Danpuspom ABRI.

Kala itu dirinya menemukan bahwa pelanggaran tindak pidana paling banyak ditemukan di tubuh polisi, dibandingkan 3 matra lainnya.

"Yang paling banyak melakukan pelanggaran (di antara) darat (AD), laut (AL), udara (AU), itu adalah Polisi," ungkap Syamsu.

"Polri yang banyak melakukan tindak pidana."

Ia lalu mengungkit soal tragedi penembakan saat kasus Trisakti, di mana dirinya kesulitan memeriksa senjata yang dimiliki oleh polisi.

Simak video selengkapnya mulai menit ke-2.00:

Andika Perkasa: Daripada Nama TNI Jadi Rusak

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa angkat bicara soal kasus penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta Timur pada Sabtu (29/8/2020).

Andika Perkasa mengatakan, sudah ada 12 prajurit TNI yang diperiksa terkait penyerangan tersebut.

Bahkan, disebutkan 12 orang itu sudah memenuhi syarat diberikan hukuman berupa pemecatan.

Hal itu diungkapkan Andika Perkasa pada konferensi pers, Minggu (30/8/2020).

Mulanya, Andika menjelaskan bahwa Puspom TNI telah memeriksa 12 orang anggotanya.

Andika menduga bahwa jumlah itu akan terus bertambah 19 orang lantaran mereka terindikasi terlibat.

"Kami menangani sejak detik pertama dan sejauh ini sudah diperiksa di Polisi Militer Kodam Jaya ada 12 orang, dan 12 orang ini adalah prajurit TNI AD," kata Andika dikutip dari Tribunnews.com pada Senin (31/8/2020).

"Tetapi ada 19 orang lagi yang sedang dalam indikasi dan saat ini dalam proses pemanggilan. Total nanti ada 31 orang yang diperiksa," imbuhnya.

Menurut Andika, 12 orang yang telah diperiksa itu sudah memenuhi pasal dalam Kitab Undang-undang Pidana MIliter.

Sehingga, mereka terancam dipecat.

"Sejauh ini dari hasil pemeriksaan, semua yang diperiksa sudah memenuhi pasal Kitab Undang-Undang Pidana Militer untuk diberikan hukuman tambahan berupa pemecatan di dinas militer."

"Jadi selain pasal-pasal pidana yang dilanggar oleh masing-masing, maka kita juga akan memberikan hukuman tambahan kepada semuanya yaitu pemecatan," jelas Andika.

Bahkan Andika mengatakan, pihaknya tidak merasa masalah jika kehilangan sejumlah anggota yang membuat nama intitusi menjadi tidak baik.

"Lebih baik kita kehilangan 31 atau berapapun prajurit yang terlibat dari pada nama TNI AD akan terus rusak oleh tingkah laku tingkah laku tidak bertanggung jawab dan sama sekali tidak mencerminkan sumpah prajurit yang mereka ucapkan," katanya.

Sementara itu dikutip dari laman Kompas TV, Andika menjelaskan bahwa 12 anggota yang diperiksa satu di antaranya adalah Prada Munarman Ilham (MI).

Sempat dikabarkan Prada MI dikroyok hingga menyebabkan kesalahpahaman dan pengrusakan di Polsek Ciracas.

Padahal, Prada MI mengalami kecelakaan tunggal.

Meski demikian, TNI akan menyelidiki lebih dalam keterlibatan Prada MI.

"Prada MI sudah jelas dia salah satu dari mereka dan sejauh mana (keterlibatannya) kami juga masih (menyelidiki), tapi mereka kan sudah ditangani," ucapnya.

Meski saat ini Prada MI masih dirawat di rumah sakit akibat kecelakan tunggal, dia telah ditetapkan sebagai terperiksa 11 orang lainnya. 

S. Tribunews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Eks Danpuspom Sindir ABRI Soal Insiden Polsek Ciracas: TNI Banyak Tantangan, Polri Banyak Tentengan
Eks Danpuspom Sindir ABRI Soal Insiden Polsek Ciracas: TNI Banyak Tantangan, Polri Banyak Tentengan
https://cdn2.tstatic.net/manado/foto/bank/images/mantan-danpuspom-abri-mayjen-tni.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/eks-danpuspom-sindir-abri-soal-insiden.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/eks-danpuspom-sindir-abri-soal-insiden.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy