$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kompori Soal Papua di Sidang Umum PBB, Aib Vanuatu Dibongkar Diplomat Muda Indonesia

INDONESIAKININEWS.COM -  Aib Vanuatu dibongkar diplomat Indonesia dalam Sidang Umum PBB. Negara Vanuatu diduga kuat mengompori dan mendukung...



INDONESIAKININEWS.COM - Aib Vanuatu dibongkar diplomat Indonesia dalam Sidang Umum PBB.

Negara Vanuatu diduga kuat mengompori dan mendukung aksi separatisme di Papua.

Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman menuduh Indonesia melakukan pelanggaran HAM di Papua dan masih berlanjut hingga saat ini.

Bukannya mendapat simpati, Vanuatu malah dipermalukan dalam sidang.

Vanuatu diminta berkaca pada kesalahan dan aib diri sendiri tak perlu sibuk mencampuri urusan dalam negeri Indonesia yang selalu diulang hampir tiap tahun di forum PBB.

Awalnya, Silvany Austin Pasaribu diplomat Pemerintah Indonesia menegaskan bahwa Vanuatu bukan perwakilan warga Papua saat menyampaikan hak jawab atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia ( HAM) yang dilontarkan negara Pasifik itu terhadap Indonesia.

“Anda bukanlah representasi dari orang Papua, dan berhentilah berfantasi untuk menjadi salah satunya,” kata Silvany Austin Pasaribu, diplomat muda yang mewakili Indonesia menggunakan hak jawab di Sidang Umum PBB, Sabtu (26/9/2020).

Dalam rekaman video resmi PBB, Silvany menyebut Vanuatu memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat tentang bagaimana Indonesia harus bertindak atau memerintah negaranya sendiri.

Ini merupakan tuduhan yang dianggap Indonesia sengaja digaungkan untuk mendukung separatisme.

“Indonesia akan membela diri dari segala advokasi separatisme yang disampaikan dengan kedok kepedulian terhadap hak asasi manusia yang artifisial,” kata Silvany.

Ia menegaskan bahwa sejak 1945, Papua dan Papua Barat merupakan bagian dari Indonesia yang merupakan keputusan final dan tidak dapat diubah.

Hal ini juga telah didukung dengan tegas oleh PBB serta komunitas internasional sejak beberapa dekade lalu.

“Prinsip-prinsip Piagam PBB yang jelas tidak dipahami Vanuatu adalah penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial,” ujar Silvany.

Silvany balik meminta Vanuatu berkaca pada kekurangan diri sendiri. 

Dalam jawabannya, Silvany juga mempertanyakan bagaimana Vanuatu, yang belum meratifikasi konvensi internasional tentang penghapusan diskriminasi rasial dan menandatangani perjanjian internasional tentang hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya, justru “menceramahi” Indonesia mengenai isu HAM di Papua.
Dalam negeri Vanuatu sendiri masih isu-isu diskriminasi masih banyak terjadi dan dikeluhkan rakyat sendiri.

Sehingga miris bila Vanuatu sibuk urusi dalam negeri negara lain. 

“Kami menyerukan kepada Pemerintah Vanuatu untuk memenuhi tanggung jawab hak asasi manusia Anda kepada rakyat Anda dan dunia.

Sumber : BANGKAPOS.COM


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kompori Soal Papua di Sidang Umum PBB, Aib Vanuatu Dibongkar Diplomat Muda Indonesia
Kompori Soal Papua di Sidang Umum PBB, Aib Vanuatu Dibongkar Diplomat Muda Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmILT_irinQlYBP_rdcPDLoca76L2s5UVR41Dv4SJuyudyrA8HmKjbSs3SHsF1uG7yofdMqnuTjM8USVc5U7KbuqrjcuLmBtwEoCcwyGOSrReFlJM90kswl631d3ZTNTwLxI5c9OQWN6Fn/w640-h360/1601300973903.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmILT_irinQlYBP_rdcPDLoca76L2s5UVR41Dv4SJuyudyrA8HmKjbSs3SHsF1uG7yofdMqnuTjM8USVc5U7KbuqrjcuLmBtwEoCcwyGOSrReFlJM90kswl631d3ZTNTwLxI5c9OQWN6Fn/s72-w640-c-h360/1601300973903.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/kompori-soal-papua-di-sidang-umum-pbb.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/kompori-soal-papua-di-sidang-umum-pbb.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy