$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tolak Program Sertifikat Pencerama, Komisi VIII DPR: Ulama Itu Sertifikatnya dari Allah

foto: dpr INDONESIAKININEWS.COM -  Kementerian Agama akan menyelenggarakan program penceramah bersertifikat atau sertifikasi penceramah...

foto: dpr

INDONESIAKININEWS.COM - Kementerian Agama akan menyelenggarakan program penceramah bersertifikat atau sertifikasi penceramah. Komisi VIII DPR RI meminta agar program itu dibatalkan.

"Ulama itu sertifikatnya langsung oleh Allah. Mereka 'warisatul anbiya' atau pewaris para nabi. Karena kewara'an dan kesholehan serta karomah-nya, banyak ulama menjadi panutan, dimuliakan dan dicintai. Salah itu kalau negara melalui Kementerian Agama masuk kewilayahan itu, karenanya kami meminta dibatalkan," kata Yandri kepada wartawan pada Selasa (8/9/2020).

Waketum PAN ini meminta adanya konstruksi perumusan yang jelas soal definisi, klasifikasi, dan kriteria radikalisme itu dalam konsep program moderasi beragama. Ia menyarankan Kemenag juga melakukan diskusi bersama ormas-ormas Islam.

"Seharusnya Menteri Agama memiliki konstruksi, memiliki konstruksi yang jelas dalam merumuskan definisi, klasifikasi dan kriteria radikalisme itu dalam konsep program moderasi beragama yang sering digaungkan tersebut, MUI, NU, Muhammadiyah, Al Washliyah dan ormas-ormas Islam lainnya harusnya diajak duduk untuk membicarakan dan merumuskan 'apa itu radikalisme dalam perspektif Islam dan negara, serta tolok ukur moderasi beragama itu seperti apa sehingga tidak menimbulkan diskriminasi terhadap para ulama penceramah dan para da'i," ujar Yandri.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan mengimbau agar sertifikasi penceramah jangan sampai membatasi kebebasan warga negara. Khususnya dalam hal memberikan dakwah sesuai agama masing-masing.

"Bagi kami, sertifikasi penceramah jangan sampai membatasi kebebasan setiap warga negara untuk menyampaikan pandangan dan dakwah keagamaan sesuai dengan keyakinannya. Dan ini tidak boleh berlaku hanya pada penceramah agama Islam saja, tetapi juga berlaku untuk semua agama," ucap Ace.

Lebih lanjut, Ketua DPP Golkar ini pun menyarankan agar peningkatan kapasitas penceramah diserahkan ke ormas keagamaan. Misalnya dalam agama islam adalah ormas MUI, NU, Muhammadiyah, atau ormas lainnya.

"Maka, dari sejak awal, soal peningkatan kapasitas penceramah, maka sebaiknya diserahkan saja kepada ormas keagamaan. Jika dalam Islam, ada MUI, NU, Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya.

Kemenag memang berencana segera menyelenggarakan program penceramah bersertifikat atau sertifikasi penceramah. Program penceramah bersertifikat ini berlaku untuk penceramah semua agama.

Kemenag yang akan berperan sebagai fasilitator melibatkan sejumlah lembaga, antara lain Lemhanas, BNPT, BPIP, serta ormas dan majelis agama.

"Penceramah bersertifikat ini bukan sertifikasi profesi, seperti sertifikasi dosen dan guru. Kalau guru dan dosen itu sertifikasi profesi sehingga jika mereka sudah tersertifikasi maka harus dibayar sesuai standar yang ditetapkan," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis di situs Kemenag, Senin (7/9).

"Kalau penceramah bersertifikat, ini sebenarnya kegiatan biasa saja untuk meningkatkan kapasitas penceramah. Setelah mengikuti kegiatan, diberi sertifikat," sambungnya.

Sumber: detik


Name

Berita,7903,HUMOR,5,Internasional,138,Nasional,7801,News,65,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tolak Program Sertifikat Pencerama, Komisi VIII DPR: Ulama Itu Sertifikatnya dari Allah
Tolak Program Sertifikat Pencerama, Komisi VIII DPR: Ulama Itu Sertifikatnya dari Allah
https://1.bp.blogspot.com/-HUN2pkUP5dg/X1lPHpvwavI/AAAAAAAAEyA/lxfL8H0uvIEK0qP1P-MsugKqejR-tzFxwCLcBGAsYHQ/s640/AFR_6602%2BPilihan.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-HUN2pkUP5dg/X1lPHpvwavI/AAAAAAAAEyA/lxfL8H0uvIEK0qP1P-MsugKqejR-tzFxwCLcBGAsYHQ/s72-c/AFR_6602%2BPilihan.JPG
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/tolak-program-sertifikat-pencerama.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/tolak-program-sertifikat-pencerama.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy