$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pantas Amerika Hapus Daftar Hitam Prabowo Subianto, AS Ternyata Diam-diam Pepet Menteri Pertahanan, Ini Tujuan Asli Negeri Paman Sam

INDONESIAKININEWS.COM -  Prabowo Subianto sempat masuk daftar hitam Amerika Serikat (AS).  Prabowo Subianto mendapat sanksi dilarang masuk k...





INDONESIAKININEWS.COM - Prabowo Subianto sempat masuk daftar hitam Amerika Serikat (AS). 
Prabowo Subianto mendapat sanksi dilarang masuk ke Amerika pada pertengahan tahun 2000.

Ia bahkan dilarang untuk menghadiri wisuda putranya di salah satu universitas di Boston.

Pemerintah AS saat itu sedang menjauhkan diri dari tokoh-tokoh yang dekat dengan Soeharto.

Prabowo pun diduga memiliki rekam jejak pelanggaran HAM, namun ia membantah.

Hampir setahun Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Amerika mencabut sanksi tersebut.

Belakangan sebuah kabar dari media luar negeri menyebutkan bahwa Prabowo didekati Amerika.

Usai boikot dicabut, menurut 24h.com.vn, Prabowo akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Amerika.

Sebagai jebolan militer dan orang yang memiliki pengaruh kuat, konon Prabowo adalah sosok yang dinantikan China dan Rusia.

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Indonesia, negara tersebut dianggap AS sebagai "sekutu strategis" di kawasan Indo-Pasifik.

 Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama pejabat lama Ryamizard Ryacudu saat acara serah terima jabatan di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Indonesia juga memahami "pentingnya AS" dalam memastikan kawasan yang damai dan stabil.

Pencabutan sanksi Prabowo dianggap sebagai upaya Amerika untuk menangani militer berpengaruh dan pertumbuhan ekonomi China di wilayah tersebut.

Ronodipuro, juru bicara Prabowo, mengatakan Menhan akan "membahas masalah militer dan kerja sama antara kedua negara" dalam pertemuan dengan Mark Esper.

"AS selalu memainkan peran penting dalam memperoleh dan meningkatkan persenjataan pertahanan strategis Indonesia. Dalam kondisi saat ini, hubungan kedua negara akan terus ditingkatkan," ujar Ronodipuro.

Tidak jelas apakah kunjungan Prabowo ke AS akan dilakukan sebelum atau sesudah pemilihan presiden.

"Menghapus sanksi saat ini memang aneh, tapi tetap saja kabar baik bagi Pak Prabowo. Pencabutan sanksi AS terlihat jelas untuk kepentingan hubungan bilateral dalam konteks pengaruh China yang semakin meningkat di kawasan," kata Zachary Abuza, profesor di National War College (AS).

Tidak ada negara yang ingin memilih sisi antara China atau AS saat ini.

Bahkan di tengah kekhawatiran tentang agresi China di Laut China Selatan, negara-negara di kawasan itu menjaga hubungan netral antara AS dan Beijing.

"China berperan penting dalam membantu Indonesia memulihkan ekonominya di tengah wabah Covid-19," kata Abuza.

"AS tidak ingin Indonesia melangkah terlalu jauh ke China," kata Alex Arifianto analis di Nanyang Technological University.

Pemerintahan Trump dikatakan belum berinteraksi dengan sekutu di Asia Tenggara seperti halnya di bawah mantan Presiden Obama.

Mengingat ambisi China di Laut China Selatan, baik AS maupun Indonesia telah menunjukkan ketidakpuasan dan dapat bekerja sama.

"Prabowo cenderung lebih condong ke Amerika daripada China. Kunjungan Prabowo ke AS merupakan hal yang positif bagi hubungan pertahanan AS dengan Indonesia dan peluang kerja sama dan pengadaan senjata," kata Arifianto.

Sumber : Grid



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pantas Amerika Hapus Daftar Hitam Prabowo Subianto, AS Ternyata Diam-diam Pepet Menteri Pertahanan, Ini Tujuan Asli Negeri Paman Sam
Pantas Amerika Hapus Daftar Hitam Prabowo Subianto, AS Ternyata Diam-diam Pepet Menteri Pertahanan, Ini Tujuan Asli Negeri Paman Sam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBOBtufsm2lbP9rrJBtcYQlPLiXrzW4uhfdaUkA8_ctq0PE9GcGtS9aGpHS_Yg_Do8tuFjM6r21Vkol6MtFX1i3vo7xeHYHS5RNCGV_iXpiOstUTTup_qnderoz0grc1HQ1gbAxNXjHDw/w640-h422/Jokowi-dan-Prabowo-Sumber-foto-PinterPolitikf95b0d64ebcc85eb.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBOBtufsm2lbP9rrJBtcYQlPLiXrzW4uhfdaUkA8_ctq0PE9GcGtS9aGpHS_Yg_Do8tuFjM6r21Vkol6MtFX1i3vo7xeHYHS5RNCGV_iXpiOstUTTup_qnderoz0grc1HQ1gbAxNXjHDw/s72-w640-c-h422/Jokowi-dan-Prabowo-Sumber-foto-PinterPolitikf95b0d64ebcc85eb.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/pantas-amerika-hapus-daftar-hitam.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/pantas-amerika-hapus-daftar-hitam.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy