$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tak Punya Smartphone, Bocah SMP Ini Terancam Putus Sekolah

Aditya Akbar (13), warga RT10/RW 07 Nomor 41, Jalan Cempaka Bawah, Kota Bambu Utara, Palmerah, Jakarta (foto: sindonews) INDONESIAKININEWS.C...

Aditya Akbar (13), warga RT10/RW 07 Nomor 41, Jalan Cempaka Bawah, Kota Bambu Utara, Palmerah, Jakarta (foto: sindonews)

INDONESIAKININEWS.COM - Sistem belajar daring masih menyisahkan persoalan serius bagi anak didik. Bahkan di Kota Metropolitan DKI Jakarta, masih ada anak didik yang tidak bisa mengikuti sekolah daring karena tidak punya ponsel.

Sudah ditinggal ibunya entah kemana, Aditya Akbar (13), kini harus was-was dengan nasib pendidikannya. Nasibnya melanjutkan pendidikan kini di ujung tanduk, lantaran hampir setengah tahun tidak mampu mengikuti sistem belajar online karena tak punya smartphone.

Bahkan, pelajar kelas VII SMP Negeri 286 itu tidak bisa mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) karena tidak mendapatkan soal lantaran tak memiliki smartphone.

Saat ditemui di rumahnya, warga RT10/RW 07 Nomor 41, Jalan Cempaka Bawah, Kota Bambu Utara, Palmerah ini, kondisinya jelas sangat pas pasan. Ia hanya mengandalkan ayahnya yang kini bekerja serabutan. Sebab sejak pandemi melanda, si ayah terpaksa di rumahkan.

“Kalau rumah ini memang warisan dari nenek,” kata Adit saat ditemui di rumah petakannya, Senin (26/10/2020).

Untuk menutupi kebutuhan makan sehari-hari, sang ayah hanya mengandalkan panggilan reparasi motor atau barang elektronik yang rusak. Tapi penghasilan itu tidak menentu. Keduanya pun kadang harus menahan lapar seharian.

Dengan kondisi itu, Adit jelas tak mampu membeli smartphone. Sistem belajar daring terpaksa harus dilepas. "Mulai terkena imbas belajar daring sudah sejak kelas VI SD. Dulu ada handphone tapi sekarang tidak ada karena rusak," katanya.

Sejak saat itulah, Adit yang masuk SMP tak bisa lagi menerima pelajaran secara online. Namun ia tak mau merengek dan memelas meminta smartphone kepada sang ayah, lantaran kondisi orang tuanya juga serba kekurangan.

Alhasil, sejak semester awal sekolah, Adit tidak pernah ikuti pelajaran secara daring. Bahkan untuk memberi tahu sekolah saja ia tidak bisa, lantaran keluarga tidak memiliki satupun alat komunikasi.

Termasuk saat UTS, Adit memutuskan untuk tidak ikut ujian. Kondisi ini membuat pihak sekolah mendatangi rumahnya untuk mengkonfirmasi ketidakhadirannya. "Jumat (23/10/2020) lalu dari pihak sekolah datang ke sini karena saya tidak ikut sekolah daring dan ulangan," kata Adit.

Menurut Adit, ayahnya sudah menjelaskan kepada pihak sekolah bahwa kondisi ekonomi keluarganya terhimpit lantaran pandemi Covid-19. Meski begitu, pihak sekolah tidak dapat berbuat banyak. Mereka malah mengharapkan orang tua mengupayakan untuk membelikan Adit smartphone.

"Katanya kalau bisa harus beli smartphone biar bisa terus belajar," ungkap Aditya.

Aditya bukan tidak ingin belajar. Penyuka mata pelajaran IPA itu hanya tidak memiliki pilihan lain setiap kali melihat kondisi keuangan keluarganya. "Enggak tahu harus bagaimana. Pasrah saja," kata Adit.

Sementara sang kakak, Rival Diansyah, berharap adiknya bisa segera memiliki smartphone. Ia tidak ingin adiknya bernasib sama dengannya putus sekolah.

Rival yang hanya lulusan SD dan masih berusia 16 tahun itu tidak dapat berbuat banyak untuk adiknya. Keduanya hanya bergantung kepada sang ayah yang sudah di PHK sejak awal pandemi Covid-19 terjadi Mei lalu.

"Mereka (pihak sekolah) katanya hanya bisa membantu untuk memberi kesempatan ulangan susulan kepada adik saya. Tapi mereka juga harap orang tua dapat memenuhi kebutuhan Adit," ujar Rival yang mendampingi Adit.

Dia berharap ada solusi dari pemerintah setempat agar adiknya bisa melanjutkan sekolah. Rival tidak mau adiknya putus sekolah seperti dirinya yang berhenti sekolah sejak duduk di bangku SMP.

Terlebih menurut Rival, prestasi adiknya di sekolah cukup baik. Ketika duduk di bangku SD, Aditya disebut kerap mendapatkan nilai 95. Nilai rata-rata Aditya saat Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD saja mencapai 80. "Saya harap adik saya bisa lanjutkan sekolah. Jangan seperti saya yang sudah putus sekolah," tutup Rival.


s: sindonews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tak Punya Smartphone, Bocah SMP Ini Terancam Putus Sekolah
Tak Punya Smartphone, Bocah SMP Ini Terancam Putus Sekolah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji0AN8hIvAAh3UUfALZPa4VbY-qZHK2wqtb9wTbLKORH3Z-ZtaRiUNzj-QFCMCZFWTUxAE7XYIWY9Ij8nPkTdcx0CqJpkMP42BPNZsNokCiJRYhMqL7irRZA3UFsUPlc2-0cQaRYZ2UL-y/w640-h426/tak-punya-smartphone-bocah-smp-ini-terancam-putus-sekolah-lll.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji0AN8hIvAAh3UUfALZPa4VbY-qZHK2wqtb9wTbLKORH3Z-ZtaRiUNzj-QFCMCZFWTUxAE7XYIWY9Ij8nPkTdcx0CqJpkMP42BPNZsNokCiJRYhMqL7irRZA3UFsUPlc2-0cQaRYZ2UL-y/s72-w640-c-h426/tak-punya-smartphone-bocah-smp-ini-terancam-putus-sekolah-lll.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/tak-punya-smartphone-bocah-smp-ini.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/tak-punya-smartphone-bocah-smp-ini.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy