$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Viral Video Komodo Mau Masuk Kawasan PLTD, Publik Kritik Pemerintah

Viral komodo masuki kawasan PLTD. (Twitter/@ChePahun) INDONESIAKININEWS.COM -  Seekor komodo terekam kamera berkeliaran di sekitar kawasan P...

Viral komodo masuki kawasan PLTD. (Twitter/@ChePahun)

INDONESIAKININEWS.COM - Seekor komodo terekam kamera berkeliaran di sekitar kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Rekaman video berdurasi 30 detik yang viral di media-media sosial, Sabtu (31/10/2020), itu menunjukkan seekor komodo yang berkeliaran di depan sebuah gerbang PLTD yang tertutup.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @ChePahun, komodo itu berjalan menyusuri dnding batu dan berhenti di depan gerbang.  Ia bolak-balik mengitari gerbang tersebut dan melihat ke arah dalam kawasan PLTD.

"Miris juga lihat ini. Penguasa punya kuasa buat suka-suka. Tapi saya coba pikir positif saja, mungkin Komodo mau daftar langganan baru PLTD Pulau Komodo," tulis akun Twitter itu sembari menyentil akun milik Presiden Jokowi, @elbajoID, @ecosocrights, @Walhi_NTT dan sejarawan @JJRizal.

Tak hanya di Twitter, video itu juga viral di sosial media lain. Di Facebook, warganet mengaitkan video tersebut dengan harapan agar pemerintah segera membatalkan proyek wisata di kawasan habitat komodo.

"Makhluk kadal purba paling langka di dunia kebingungan ketika habitat aslinya telah berubah drastis. Dia ingin memasuki lokasi PLTD namun pagar besi menghalangi dengan kokoh, mungkin di bagian tertentu pabrik di dalam sana ada bagian penting dari habitat maupun komunitasnya."

"Semoga pemerintah terenyuh melihat video ini dan membatalkan proyek wisayta yang mengancam kelestarian hidup komodi. Salah satu hewan purba asli Indonesia yang masih bertahan saat ini," tulis akun Kevin Lopez.

Sebelumnya, foto seekor komodo juga menghebohkan publik saat hewan melata itu menghadang sebuah truk pengangkut di kawasan pembangunan 'Jurassic Park' Pulau Komodo.

Seusai foto tersebut viral, muncul surat pengumuman yang ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo dan dikeluarkan pada 25 Oktober 2020.

Surat tersebut berisi pengumuman penutupan sementara resort Loh Buata, SPTN Wilayah I Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo mulai 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021.

Foto itu lantas membuat tagar #SaveKomodo masuk dalam daftar trending topic di Twitter. Setidaknya ada ribuan cuitan menggunakan tagar tersebut memenuhi linimasa Twitter.

Publik khawatir pembangunan Jurassic Park dapat merusak ekosistem komodo, hewan purba yang hanya bisa ditemui di Pulau Komodo.


s: suara.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral Video Komodo Mau Masuk Kawasan PLTD, Publik Kritik Pemerintah
Viral Video Komodo Mau Masuk Kawasan PLTD, Publik Kritik Pemerintah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhep5Auy7XAODA_BwRwe6oC_cU9WCmnyCbq-Xk3UEdHUSlbk3uwaDfgtyLyT54elawU82-5v7ad76wCsYYGQg6cb_IsopNyx-6IYPWqqHKlXD2FiJY4_RXlVL4U_VRRwuT_-EfgNQ_iqh_n/w640-h358/46491-viral-komodo-masuki-kawasan-pltd.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhep5Auy7XAODA_BwRwe6oC_cU9WCmnyCbq-Xk3UEdHUSlbk3uwaDfgtyLyT54elawU82-5v7ad76wCsYYGQg6cb_IsopNyx-6IYPWqqHKlXD2FiJY4_RXlVL4U_VRRwuT_-EfgNQ_iqh_n/s72-w640-c-h358/46491-viral-komodo-masuki-kawasan-pltd.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/viral-video-komodo-mau-masuk-kawasan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/viral-video-komodo-mau-masuk-kawasan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy