$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Berita Terbaru Ali Kalora Pimpinan MIT Kini Tak Bisa Berkutik, Sudah Dikepung Satgas Tinombala

INDONESIAKININEWS.COM -  Simak berita terbaru Ali Kalora, pimpinan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Setelah membantai 4 war...



INDONESIAKININEWS.COM - Simak berita terbaru Ali Kalora, pimpinan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Setelah membantai 4 warga dan membakar rumah di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kelompok teroris Ali Kalora kini tak bisa berkutik lagi.

Hal ini lantaran Satgas Tinombala sudah mengepung mereka.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Minggu (29/11/2020), Satgas Tinombala sudah melakukan isolasi dan pengepungan di tempat-tempat yang dicurigai.

Seperti dilansir dari Tribunnews.com dalam artikel 'Satgas Tinombala Isolasi dan Kepung Kelompok MIT Pelaku Teror di Sigi Sulteng'

"Pemerintah juga sudah melakukan langkah-langkah untuk melakukan pengejaran.


Dan tadi tim Tinombala sudah menyampaikan tahap-tahap yang dilakukan untuk mengejar pelaku dan melakukan isolasi dan pengepungan terhadap tempat yang dicurigai ada kaitan dengan para pelaku," kata Mahfud dalam video pers yang diterima Tribunnews.com, Minggu, (29/11/2020).

Mahfud menegaskan bahwa pelaku yang membunuh satu keluarga tersebut merupakan kelompok MIT.

Kelompok tersebut merupakan sisa-sisa dari kelompok Santoso yang tewas 2016 lalu.

"Masih tersisa beberapa orang lagi (kelompok santoso) dan operasi Tinombala sedang mengejarnya sekarang," katanya.

Mahfud mengatakan bahwa perbuatan pelaku yang membunuh empat orang dalam satu keluarga tersebut sangat bengis dan keji. 

Pemerintah menurut Mahfud akan tindak tegas pelaku tersebut. 

"Pemerintah mengutuk keras terhadap pelakunya dan menyatakan duka yang mendalam kepada korban dan keluarganya," pungkasnya.

Sebelumnya, kekejian kelompok teroris Ali Kalora jadi sorotan lantaran memenggal kepala dan membakar rumah warga. 

Peristiwa mengerikan itu terjadi di Desa Lembontonga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Empat kepala warga dipenggal. Seusai mengeksekusi warga, setidaknya ada 7 rumah yang dibakar kelompok ini.

Seperti dilansir dari Tribunnews dalam artikel 'FAKTA Satu Keluarga di Sigi Tewas Dibunuh: Pelaku Ternyata Kelompok Teroris, Ini Kronologinya'

Menurut polisi dari keterangan warga Desa Lembotonga, ada 10 orang yang melakukan eksekusi. 

Tiga orang di antaranya membawa senjata laras panjang.

Setelah kejadian tersebut, Ali Kalora dan kelompoknya lari ke hutan.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, peristiwa pembunuhan itu pertama kali diketahui pada Jumat, 27 November 2020 sekitar pukul 10.30 WITA.

Sosok Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur, Ali KaloraLihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Sosok Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur, Ali Kalora (Istimewa via Kompas.com)
Saat itu anggota Polsek Palolo menerima informasi dari masyarakat bahwa ada salah satu warga Dusun 5 Lewonu yang dipenggal kepalanya dan beberapa rumah dibakar oleh orang tidak dikenal.

Polisi pun kemudia langsung bergerak ke lokasi kejadian.

Lantas, sesampainya di TKP, polisi menemukan empat mayat dan 7 rumah dibakar.

Polisi kemudian melakukan olah TKP dipimpin Kapolres Sigi AKBP Yoga Priyahutama dan tim inavis Polda Sulteng.

”Lima saksi yang diinterogasi menyatakan bahwa pelaku kurang lebih 10 orang tidak dikenal, 3 orang membawa senjata api (laras panjang 1 dan 2 senpi genggam)," kata Awi.

Setelah diperlihatkan DPO teroris MIT, Awi mengatakan para saksi yakin identitas tiga orang OTK tersebut adalah teroris kelompok Ali Ahmad alias Ali Kalora.

”Saat ini sudah ada back up kurang lebih 100 orang pasukan dari Satgas Tinombala, Brimob Polda Sulteng dan TNI untuk melakukan pengejaran terhadap kelompok Ali Kalora tersebut,” kata Awi.

Kabid Humas Polda Sulteng, Komisaris Besar Didik Suparnoto mengatakan, pembunuhan secara keji dan pembakaran yang dilakukan kelompok Ali Kalora bertujuan menyebarkan teror di masyarakat.

"Jadi mereka kadang-kadang suka melakukan aksi secara acak.

Namanya teroris, jadi melakukan tindakan teror untuk menakut-nakuti masyarakat," kata Didik saat dikonfirmasi, Sabtu (28/11).

Rekam Jejak Ali Kalora

Rekam jejak kebrutalan Ali Kalora dan kelompoknya pernah dibeberkan oleh mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Menurut Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Ali Kalora tak segan mengancam, menyandera, bahkan membunuh masyarakat.

Seperti dilansir dari Jabar dalam artikel 'Danjen Kopassus Cerita Sadisnya Teroris Ali Kalora, Semua Korbannya Tewas Mengenaskan'

Menurut Cantiasa mereka akan melakukan hal tersebut kepada masyarakat biasanya untuk mendapatkan logistik dan makanan.

"Masyarakat ini diancam dan sebagainya kalau tidak menyerahkan makanan atau logistik itu ya dibunuh di sana. Dan tidak main-main, mereka membunuh itu dengan sadis.

Semua modusnya itu dengan potong leher," kata Cantiasa dalam tayangan Podcast Puspen TNI di kanal Youtube resmi Puspen TNI yang diunggah pada Senin (17/8/2020).

Cantiasa pun mengungkapkan insiden yang terjadi belum lama ini terhadap petani bernama Agus.

Agus dibunuh oleh kelompok MIT pimpinan Ali Kalora beberapa waktu lalu.

Ali Kalora (tengah) disebut-sebut sebagai pengganti Santoso, pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso.Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Ali Kalora (tengah) disebut-sebut sebagai pengganti Santoso, pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso. (Youtube.)
Jenazah Agus, kata Cantiasa, ditemukan dengan kondisi mengenaskan dengan penuh luka sayatan.

"Di sana ada petani atas nama Agus sedang melaksanakan kegiatan di kebun dan sebagainya, ternyata mereka di sana dibunuh.

Dan korban itu jenazahnya itu sangat-sangat memilukan. Itu ada sayatan-sayatan di badannya. Jadi sangat-sangat kejam mereka," kata Cantiasa.

Bahkan masyarakat di sana, kata dia, mengalami ketakutan dan trauma terhadap kelompok tersebut.

"Jadi masyarakat ketakutan di sana, trauma, sehingga aparat keamanan baik TNI dan Polri di sana, ada satgas Tinombala itu dalam rangka untuk mengatasi aksi terorisme di Poso," kata Cantiasa.(*)




S: di


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Berita Terbaru Ali Kalora Pimpinan MIT Kini Tak Bisa Berkutik, Sudah Dikepung Satgas Tinombala
Berita Terbaru Ali Kalora Pimpinan MIT Kini Tak Bisa Berkutik, Sudah Dikepung Satgas Tinombala
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjd0hXL50w09LzW-x1O1GKbvmjizZPQunVbKa4aabdGP2hkgORin8rwHVpgyHeyzOb9B-kR73uyt-ScpPc5aCHUiNHnMkRKdhriarM5HNHcsGXQdu5nSzay3pzt05qWwyDUPn_tFedNvfU/w640-h314/Screenshot_2020-11-30-18-55-21-32.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjd0hXL50w09LzW-x1O1GKbvmjizZPQunVbKa4aabdGP2hkgORin8rwHVpgyHeyzOb9B-kR73uyt-ScpPc5aCHUiNHnMkRKdhriarM5HNHcsGXQdu5nSzay3pzt05qWwyDUPn_tFedNvfU/s72-w640-c-h314/Screenshot_2020-11-30-18-55-21-32.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/berita-terbaru-ali-kalora-pimpinan-mit.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/berita-terbaru-ali-kalora-pimpinan-mit.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy