$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ini Pidato Jack Ma yang Bikin Presiden Xi Jinping Murka

INDONESIAKININEWS.COM -  Pidato Jack Ma disebut penyebab utama dibatalkannya penjualan saham perdana atau IPO perusahaan fintech-nya, Ant Fi...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Pidato Jack Ma disebut penyebab utama dibatalkannya penjualan saham perdana atau IPO perusahaan fintech-nya, Ant Financial, yang diprediksi memecahkan rekor. 

Kritik kerasnya pada sistem finansial di China bikin pemerintah China marah, bahkan menurut sumber, presiden Xi Jinping sendiri yang memerintahkan IPO Ant Financial dihentikan.

Jack Ma berpidato di Bund Summit, sebuah event di Shanghai yang dihadiri ratusan bankir dan perwakilan pemerintah China. 

Pada intinya, ia mengatakan bahwa regulasi keuangan yang ada sekarang dan sistem perbankan di China sudah ketinggalan zaman.

Menurut Ma, sistem aturan perbankan yang disebut Basel Accords, yang dipakai sebagai regulasi di dunia dan di China, dibuat oleh sekelompok orang-orang tua. 

Ia mempertanyakan apakah China masih membutuhkannya di tengah perkembangan pesat pada saat ini.

Jack Ma menyebut masalah terbesar China adalah sistem finansial yang kurang baik, bahkan membandingkannya dengan pemberian obat yang salah. "Gejala alzheimer dan polio mungkin mirip, tapi keduanya benar-benar penyakit berbeda. 

Jika seorang anak diberi obat Alzheimer untuk menyembuhkan polio, akan ada banyak masalah," ucapnya.

"Basel Accords bertujuan untuk merawat penyakit sistem perbankan tua, obat untuk orang-orang tua, tapi sistem keuangan di China masih muda," tambahnya, dikutip detikINET dari SCMP.

Ma menambahkan, sistem finansial China masih didominasi bank pemerintah yang besar dan sebenarnya membutuhkan teknologi lain. 

"Bank besar seperti sungai besar, kita perlu kolam, anak sungai dan sistem kanal kecil. Tanpa itu di ekosistem, banjir dan kekeringan akan selalu terjadi," katanya mengibaratkan.

Bahkan ia menyebut bisnis bank di China dijalankan seperti rumah gadai, di mana bank selalu meminta jaminan cukup untuk pinjaman. Akibatnya, banyak bisnis kecil kesulitan mendapatkan pinjaman. 

Di masa depan, keputusan memberi pinjaman menurutnya harus diputuskan oleh big data dan rekam jejak kredit.

Ia melanjutkan, sistem perbankan secara umum dirancang untuk zaman perkembangan industri masa lalu, tapi di masa mendatang perlu memakai teknologi baru termasuk big data, cloud dan blockchain.

"Inovasi selalu datang bersama risiko, tidak ada inovasi tanpa risiko. Tapi risiko terbesar adalah jika mencoba meminimalisir risiko sampai nol," lanjut Jack Ma.

Pidato Ma itu turut didengarkan oleh para pejabat top termasuk gubernur bank sentral China, Yi Gang, Wakil Menteri Keuangan Zou Jiayi serta Wang Qishan, tangan kanan Presiden Xi Jinping. Menurut sumber, mereka seperti tertampar karenanya dan langsung mengambil tindakan.

"Jack Ma telah menjadi terlalu arogan. Maka memang mereka perlu mengikatkan tali pada Ant yang telah menjadi monster," sebut seorang bos bank internasional yang meminta anonim.


Presiden Xi Jinping sendiri yang menurut sumber langsung turun tangan meminta IPO Ant dibatalkan hanya 48 jam sebelum jadwal melantai di bursa Hong Kong dan Shanghai.

Tapi pidato itu hanya sebagian alasannya. Ant Financial dengan platform Alipay, telah menjadi layanan fintech raksasa di China yang kian mengancam perbankan termasuk perbankan milik pemerintah, bahkan sistem keuangan di China secara luas.

Kejadian ini, pembatalan IPO sebuah perusahaan raksasa yang didirikan oleh seorang sosok berpengaruh, merupakan pengingat bahwa mengkritik pemerintah China selalu berisiko, siapapun orang yang melontarkannya.

"Partai Komunis China kembali mengingatkan pada semua pebisnis swasta bahwa tak peduli seberapa kaya dan sukses Anda, mereka bisa menggoyang Anda sewaktu-waktu," cetus Bill Bishop, pengamat China

S:detikinet


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ini Pidato Jack Ma yang Bikin Presiden Xi Jinping Murka
Ini Pidato Jack Ma yang Bikin Presiden Xi Jinping Murka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1-Zv3IdWEA-q9HF6wNsxwHWIk7KAKH3gWdZkkkbRne6-ngUjLUbKX2etukgBhjUOrduRbSYa-DX5Ib1jQupq0wJcUl-3UzrpAXt_w3douW8nVRfynFFnjupl7VdftnAirgGQoY8zMGTo/w640-h462/Screenshot_2020-11-18-12-09-24-14.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1-Zv3IdWEA-q9HF6wNsxwHWIk7KAKH3gWdZkkkbRne6-ngUjLUbKX2etukgBhjUOrduRbSYa-DX5Ib1jQupq0wJcUl-3UzrpAXt_w3douW8nVRfynFFnjupl7VdftnAirgGQoY8zMGTo/s72-w640-c-h462/Screenshot_2020-11-18-12-09-24-14.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/ini-pidato-jack-ma-yang-bikin-presiden.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/ini-pidato-jack-ma-yang-bikin-presiden.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy