$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Nama Rizieq Menguat di Bursa Capres 2024, Refly Harun: Pasangkan dengan Gatot, Biar Baliho Nggak Dicopot Lagi

INDONESIAKININEWS.COM -  Walaupun kerap menuai kontroversi usai kepulangannya dari Arab Saudi, pentolan FPI, Rizieq Shihab tetaplah seorang ...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Walaupun kerap menuai kontroversi usai kepulangannya dari Arab Saudi, pentolan FPI, Rizieq Shihab tetaplah seorang tokoh Tanah Air yang patut diperhitungkan dalam bursa calon presiden (capres) 2024.

Dalam survei terbaru, banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan Rizieq untuk menjadi presiden Indonesia selanjutnya.

Survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan Rizieq punya peluang jadi presiden Indonesia.

Belum sampai sebulan di Indonesia, imam besar FPI itu sudah menembus jajaran empat besar calon presiden 2024.

"Muhammad Rizieq Shihab berhasil masuk ke urutan keempat capres terkuat, dengan elektabilitas 7.1 persen, membayangi posisi yang dicapai Prabowo, Ganjar, dan Kang Emil (RK)," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K.

Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dengan elektabilitas 19.2 persen. Di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 16 persen, diikuti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 11.3 persen.

Kemunculan Rizieq menggusur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kini berada di urutan kelima dengan elektabilitas 6.6 persen. Di bawahnya ada mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno dengan elektabilitas 5.8 persen.

Namun, pakar hukum tata negara, Refly Harun, mempermasalahkan, Rizieq, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil terafiliasi dengan partai mana.

"Yang jadi masalah adalah Habib Rizieq, Anies Baswedan, dan Ridwan Emil masuk partai mana?," ucapnya, seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari kanal YouTube Refly Harun.

Menurut Refly, kemungkinan mereka akan dapat slot dari enam atau tujuh partai non-istana.

"Tergantung nanti aliansinya ke mana, kalau aliansinya PDIP sama Gerindra berarti slotting akan semakin banyak, tapi kalau mereka terpisah, maka slotting akan sedikit, ya maksimal kan empat calon," tuturnya.

Refly menjelaskan, jika koalisi istana masih sama seperti dulu, solid enam partai tetap bersatu mulai dari PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PPP, dan Nasdem maka bisa jadi calonnya kalau tidak Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

Tiga orang tersebut menurut Refly yang akan berputar di antara koalisi istana.

"Koalisi non istana ini harus bersatu agar bisa nyalon, koalisi non istana ini lah yang bisa mengambil barangkali Anies, Rizieq, atau Ridwan Kamil," tuturnya.

Dari sisi, kata dia, partai calon-calon seperti Anies, Ridwan Kamil, dan Rizieq akan kesulitan, tapi dari sisi pendukung, mereka bisa tergantung bagaimana elektabilitas mereka di bursa capres 2024.

"ini sangat tergantung bagaimana elektabilitas mereka di 2024, apakah lima sampai enam nama ini tetap bertengger di urutan teratas hingga 2024, apakah akan ada jago-jago lain yang tidak kita perhitungkan, ya siapa saja, termasuk mungkin UAS," ucapnya.

Namun, Refly mengatakan, saat wawancaranya bersama Ketua Umum (Ketum PA 212) Slamet Ma'arif, Slamet Menyebut, Habib Rizieq tidak akan mau dicalonkan sebagai presiden, tapi alasannya karena Rizieq lebih tinggi dari sekedar seorang presiden.

"Karena dia pemimpin spiritual dunia dan akhirat kira-kira begitu, tidak hanya pemimpin di ranah ketatanegaraan tetapi juga ranah spiritual," ucapnya.

Tetapi menurut Refly tidak menutup kemungkinan jika masyarakat menginginkan dan muncul aspirasi kanan yang solid agar Habib Rizieq dapat menjadi capres 2024.

"Mungkin juga bisa berpasangan dengan Anies, walaupun menjadi tidak menarik karena satu jurusan atau mungkin dipasangkan dengan Gatot Nurmantyo sebagai orang yang punya pengalaman di bidang militer untuk mengendalikan tentara misalnya agar jangan copot-copot baliho lagi atau datang ke markas FPI dengan panzer." tuturnya.

S:Naviri


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Nama Rizieq Menguat di Bursa Capres 2024, Refly Harun: Pasangkan dengan Gatot, Biar Baliho Nggak Dicopot Lagi
Nama Rizieq Menguat di Bursa Capres 2024, Refly Harun: Pasangkan dengan Gatot, Biar Baliho Nggak Dicopot Lagi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPDrs6-Yb85_sLAuSAbihz9KxyHeGgyIF_iGh_UbZ0_mcZoiDs1JyhD-sA9rARfw-9lrJAxcWmzmjd8Wdfr8m3LMHp1jY4wq3t-HzsWXLvegxkpGbJ-8G1oBp_fpcVmuHilTrk2Cy2CWY/w640-h426/Screenshot_2020-11-28-22-43-59-13.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPDrs6-Yb85_sLAuSAbihz9KxyHeGgyIF_iGh_UbZ0_mcZoiDs1JyhD-sA9rARfw-9lrJAxcWmzmjd8Wdfr8m3LMHp1jY4wq3t-HzsWXLvegxkpGbJ-8G1oBp_fpcVmuHilTrk2Cy2CWY/s72-w640-c-h426/Screenshot_2020-11-28-22-43-59-13.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/nama-rizieq-menguat-di-bursa-capres.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/nama-rizieq-menguat-di-bursa-capres.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy