$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Amien Rais Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Rezim Orde Baru Era Soeharto: Oposisi Dihabisi

INDONESIAKININEWS.COM -  Pendiri Partai Ummat, Amien Rais memberikan pendapatnya tentang pemerintahan RI yang kini dipimpin oleh Joko Widodo...



INDONESIAKININEWS.COM - Pendiri Partai Ummat, Amien Rais memberikan pendapatnya tentang pemerintahan RI yang kini dipimpin oleh Joko Widodo a.k.a Jokowi. Menurut Amien, pemerintahan Jokowi mirip dengan rezim Orde Baru era Soeharto.

"Saya ingin membuat analisa enteng-entengan mengenai banyak pendapat di medsos, yaitu kekhawatiran yang agak meluas, jangan-jangan pemerintahan Pak Jokowi itu menjadi neo Orde Baru.  Jadi agar jelas,kita tidak setuju kalau ada reinkarnasi dari Orde Baru yang sudah kita kubur lama," katanya, dalam video yang diunggah di kanal YouTube Amine Rais, 16 Desember 2020.

Amien mengemukakan sejumlah alasan mengapa ia menilai demikian. Pertama, ia menyinggung soal adanya pengkultusan individu di era Orde Baru Soeharto oleh rakyat, yang menjadikan Soeharto bisa menguasai Indonesia selama 32 tahun.

"Awalnya Pak Harto itu betul-betul seorang demokrat, tapi setelah 3 tahunan, entah siapa yang membisiki, mungkin All the president's men, pelan-pelan beliau jadi seorang otokrat. Bahkan ada yang mengatakan, republik Indonesia di zaman Orde Baru itu republik tapi bernuansa kingdom, kerajaan," katanya.

Kedua, Amien menyinggung soal kelihaian Soeharto menguasai lembaga tinggi negara, mulai dari MPR, DPR, hingga lembaga kehakiman dan kejaksaan, dan menjadikan lembaga-lembaga tinggi itu sebagai alat politik.

"Bahkan ABRI juga waktu itu, polisi bagian dari ABRI, bisa dijadikan semacam alat politik Pak Harto," katanya.

Ketiga, Amien menyinggung soal adanya fenomena perkawinan politis antara penguasa dan pengusaha di era Soeharto.

"Yang paling diuntungkan adalah para pengusaha yang dilindungi oleh penguasa. Ada timbal balik, saling dukung," katanya.

Keempat, yang disebutnya mirip dengan yang terjadi sekarang adalah adanya nuansa nepotisme.

"Putra-putra Pak Harto dulu sangat mudah mengembangkan bisnis.  Putri sulung Pak Harto jadi Menteri Sosial. Ini kita sekadar supaya tidak ada reinkarnasi Orde Baru," katanya.

Kelima, Amien menyindir soal adanya fenomena di mana para oposan atau pengkritik pemerintah dibungkam.

"Oposisi dihabisi, sehingga kita ingat demokrasi Pancasila itu sebagai demokrasi tanpa oposisi," katanya.

Semua alasan itu itu kemudian disebutkan kembali oleh Amien, dan dibandingkannya dengan pemerintahan Jokowi sekarang.

Ia menyebut bahwa ada tendensi kelahiran kembali pengkultusan individu yang dilakukan oleh rakyat terhadap sosok Jokowi.

"Pertama, ada kultus individu yang dibangkitkan lagi. Ini dalam demokrasi aneh. Kedua, pemerintahan pak Jokowi cukup lihai bagaimana MPR DPR dan DPD sudah digenggam. Semuanya ada 711 orang, tapi tidak bisa berkata apa-apa," katanya.

Selanjutnya, Amien menyinggung adanya fenomena perkawinan antara penguasa dan pengusaha.

"Bagaimana pengusaha hutan yang memegang ratusna juta hektare, bisnis besar dapat lampu hijau, mafia taipan cukong melenggang luar biasa," katanya.

Amien pun tak lupa menyinggung soal anak Jokowi yang menang Pilkada Solo dan menantu Jokowi yang menang Pilkada Medan.

"Nepotisme, anak kandungnya Pak Jokowi di Solo menang telak sebagai wali kota. Dan memantunya di Medan yang diperkirakan kalah ternyata juga menang lumayan. Politik itu tiba-tiba jadi, meminjam istilah Rocky Gerung, jadi dungu," katanya.
Amien juga menyinggung soal adanya oposisi yang dia nilai tidak diinginkan oleh pemerinatahan Jokowi.

"Kelima, memang tidak mengingankan adanya oposisi. Oposisi dianggap musuh negara. Keenam, membangun lingkungan istana, yang kemudian hanya mengiya-iyakan keinginan," katanya.
Mantan Ketua Umum PAN itu pun menyebut bahwa mahasiswa sekarang telah dikendalikan.

"Terakhir, rezim pak Jokowi dibandingkan dengan pak Harto itu adalah bisa mengendalikan mahasiswa. Jadi mahasiswa sebagai moral force itu sekarang tidak terdengar. Saya juga melihat aneh itu," ujarnya.
Pada akhir video, Amien pun menyampaikan penutup nasib sebuah kekuasaan.

"Kekuasaan yang bertumpu kepada ketidakbenaran, sooner or later akan collapse. Kapan? Hanya Allah Yang Mengetahui," katanya.


s: indozone.id


Name

Berita,10936,HUMOR,5,Internasional,157,Kesehatan,2,Nasional,10817,News,67,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Amien Rais Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Rezim Orde Baru Era Soeharto: Oposisi Dihabisi
Amien Rais Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Rezim Orde Baru Era Soeharto: Oposisi Dihabisi
https://1.bp.blogspot.com/-6eTAqPS-TkY/X97_k0x0r7I/AAAAAAAAGdc/D-uNxJqVvZUjUKbm9JZnQ2Z5I93WblPoQCLcBGAsYHQ/w640-h480/amien-rais-sebut-pemerintahan-jokowi-mirip-rezim-orde-baru-era-soeharto-oposisi-dihabisi78_700.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6eTAqPS-TkY/X97_k0x0r7I/AAAAAAAAGdc/D-uNxJqVvZUjUKbm9JZnQ2Z5I93WblPoQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h480/amien-rais-sebut-pemerintahan-jokowi-mirip-rezim-orde-baru-era-soeharto-oposisi-dihabisi78_700.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/amien-rais-sebut-pemerintahan-jokowi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/amien-rais-sebut-pemerintahan-jokowi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy