$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Analisis Tajam Bang Reza soal 6 Laskar FPI Tewas Tertembak

Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel INDONESIAKININEWS.COM -  Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel menyoroti tewasnya 6 ...

Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel


INDONESIAKININEWS.COM - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel menyoroti tewasnya 6 orang anggota Laskar FPI (Front Pembela Islam) di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Senin (7/12) dini hari. 

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, anggota Polri yang terancam keselamatan jiwanya akibat diserang, melakukan tindakan tegas dan terukur sehingga enam orang tersebut meninggal dunia.

Bang Reza pun menyoroti kalimat tegas dan terukur yang telah dilakukan polisi sehingga menewaskan keenam simpatisan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab tersebut.

Pakar yang menamatkan pendidikan sarjana di Fakultas Psikologi UGM ini mengatakan, dalam psikologi forensik ada istilah penembakan yang menular (contagious shooting).

Ketika satu personel menembak, hampir selalu bisa dipastikan dalam tempo cepat personel-personel lain juga akan melakukan penembakan. "Seperti aba-aba; anggota pasukan tidak melakukan kalkulasi, tetapi tinggal mengikuti saja," ucap Reza dalam anaisisnya yang diterima jpnn.com, Senin (7/12).

Peraih gelar MCrim (Forpsych, master psikologi forensik) dari Universitas of Melbourne ini menyebutkan, kemungkinan menembak menjadi perilaku spontan (bukan aktivitas terukur) semakin besar ketika personel sudah mempersepsikan target sebagai pihak yang berbahaya. 

"Jadi, dengan kata lain, dalam situasi semacam itu, personel bertindak dengan didorong oleh rasa takut. Terlebih lagi bila peristiwa yang dipersepsikan kritis berlangsung pada malam hari," imbuh pria asal Rengat, Indragiri Hulu, Riau.

Menurut Reza, ada data yang menunjukkan, dalam kasus penembakan terhadap target yang disangka bersenjata (padahal tidak membawa senjata), 70-an persen berlangsung pada malam hari saat pencahayaan minim, sehingga mengganggu kejernihan penglihatan personel.

Pada kondisi itu, lanjut dia, sempurnalah faktor luar dan faktor dalam, memunculkan perilaku. Faktor luar adalah letusan pertama oleh personel pertama dan kondisi alam di TKP. 

Sedangkan faktor dalam adalah rasa takut personel. "Dengan gambaran seperti itu, benarkah penembakan oleh personel polisi pasti selalu merupakan langkah terukur? Tentu, apalagi karena ada dua versi kronologi, butuh investigasi kasus per kasus terhadap masing-masing dan antarpersonel," ucap Reza.

Dia menambahkan, investigasi oleh semacam Shooting Review Board nantinya tidak hanya mengeluarkan simpulan apakah penembakan memang sesuai atau bertentangan dengan ketentuan.

"Lebih jauh, temuan tim investigasi bermanfaat sebagai masukan bagi unit-unit semacam SDM dan Diklat," pungkas Reza. 

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, penembakan terhadap enam orang tersebut karena diduga melakukan penyerangan kepada anggota saat menjalani tugas penyelidikan kasus Habib Rizieq. 

"Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur, sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS, dan meninggal dunia sebanyak enam orang," ujar Fadil.


s: jpnn.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Analisis Tajam Bang Reza soal 6 Laskar FPI Tewas Tertembak
Analisis Tajam Bang Reza soal 6 Laskar FPI Tewas Tertembak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRS6YEkBsUFS_EJ3InktXzp5UQsc2Wabtak-GOLEGyzUAJePOfyqrne_jJNsiW9Qv_NhbrawbYgSMvzCvPK2K7tsb-Tf9pxy2UmqelS9qE2ll59vOZfrCyQ5I_HVVkG77JAfOEzHFDr9p4/w640-h394/reza-indragiri.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRS6YEkBsUFS_EJ3InktXzp5UQsc2Wabtak-GOLEGyzUAJePOfyqrne_jJNsiW9Qv_NhbrawbYgSMvzCvPK2K7tsb-Tf9pxy2UmqelS9qE2ll59vOZfrCyQ5I_HVVkG77JAfOEzHFDr9p4/s72-w640-c-h394/reza-indragiri.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/analisis-tajam-bang-reza-soal-6-laskar.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/analisis-tajam-bang-reza-soal-6-laskar.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy