$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Innalillahi, UAS & Tengku Zul Berhenti Jadi Ulama Usai Pilihannya Kalah di Pilwalkot, Cek Faktanya

INDONESIAKININEWS.COM -  Baru-baru ini dihebohkan dengan kabar Ustad Abdul Somad (UAS) dan Tengkul Zulkarnain berhenti menjadi ulama. Penyeb...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Baru-baru ini dihebohkan dengan kabar Ustad Abdul Somad (UAS) dan Tengkul Zulkarnain berhenti menjadi ulama.

Penyebabnya karena, pilihan kedua ulama ini kalah dalam Pilwalkot Medan 2020, pada Pilkada serentak 9 Desember kemarin.


Tentunya kabar ini mengejutkan banyak pihak, terutama para pendukung dan jamaah kedua ustaz ini. Kabar ini awalnya berhembus di media sosial twitter.
 
Dilansir dari Pikiran Rakyat Bekasi dalam artikelnya Cek Fakta: UAS dan Tengku Zul Dikabarkan Pensiun Jadi Ustaz Usai Jagoannya Kalah dari Mantu Jokowi, kabar tersebut beredar di media sosial Twitter yang diunggah akun bernama @RD_4WR1212 pada 10 Desember 2020.


Selain itu kabar tersebut disematkan dalam gambar yang memperlihat UAS dan Tengku Zulkanain tengah berjalan bersama.

Unggahan tersebut telah mendapatkan 67 komentar, disukai sebanyak 645 kali serta diretweet sebanyak 125 kali.

Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta yang dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Turn Back Hoax, Selasa, 15 Desember 2020, klaim bahwa ustaz Abdul Somad (UAS) dan ustaz Tengku Zulkarnain mengundurkan diri sebagai ulama usai jagoannya kalah dari mantu Jokowi di Pilwalkot Medan adalah klaim yang keliru atau hoaks.

Adapun narasi dari kabar itu diunggah oleh akun tersebut sebagai berikut.

Kami Ustadz Kami Ulama Jebolan MUI & KAIRO “Kami Ber Dua Akan Mengundurkan diri Sebagai Ustadz Ulama, Kami Sudah Tidak Di Percaya Rakyat Medan, Kami sdh 2x Di Permalukan Pilpres & Pilwali Rakyat Medan sdh tidak Percaya Kami, Kami akan Hengkang Ber 2 dari Medan Mohon Pami ”

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa foto yang memperlihatkan UAS dengan Tengku Zulkarnain tengah berjalan bersama itu didapat dari unggahan ustaz Tengku Zulkarnain di akun Twitter resminya pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Saat itu Ustaz Tengku Zulkarnain mengunjungi Ustaz Abdul Somad di Sirah Laut, Asahan, Sumatera Utara.

Kemudian pasca dilakukan penelusuran di sejumlah media daring tidak ada pemberitaan terkait pengunduran diri UAS maupun Tengku Zulkarnain sebagai ustaz atau ulama.

Adapun ditemukan pemberitaan dengan judul “Ustaz Abdul Somad Mundur dari PNS, BKN Jelaskan Aturannya” yang ditayang pada 16 Oktober 2019.

Dalam artikel tersebut, UAS memang dikabarkan berhenti dari jabatannya sebagai dosen di UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, dikarenakan terkendala oleh kesibukan berdakwahnya.

Kemudian menyangkut Tengku Zulkarnain, ditemukan pemberitaan yang mewartakan kegiatan Tengkul Zulkarnain selepas tidak jadi pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tengku Zulkanain ingin fokus pada kegiatan lain seperti berdakwah hingga mengurus pesantrennya.

“Saya bisa konsentrasi ke yang lainlah, ngurus pesantren saya dan lain-lain, terus dakwah lagi dengan jemaah tablig, bisa keliling dunia. Ini kan suatu kegembiraan besar juga bagi saya,” kata Tengku Zulkarnain pada Jumat, 27 November 2020.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Ustaz Tengku Zulkarnain mengundurkan diri atau pensiun sebagai ustaz atau ulama usai jagoannya kalah dari mantu Jokowi adalah klaim yang keliru dan termasuk dalam kategori Misleading Content (Konten yang menyesatkan).

Misleading Content adalah penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.***

S:Pikiran Rakyat


Name

Berita,11026,HUMOR,5,Internasional,157,Kesehatan,3,Nasional,10906,News,67,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Innalillahi, UAS & Tengku Zul Berhenti Jadi Ulama Usai Pilihannya Kalah di Pilwalkot, Cek Faktanya
Innalillahi, UAS & Tengku Zul Berhenti Jadi Ulama Usai Pilihannya Kalah di Pilwalkot, Cek Faktanya
https://1.bp.blogspot.com/--NI2DNaRbIM/X9hhEnmxxaI/AAAAAAAACxA/EdmIQRSHJ7gbgdL02sIs6S7u-6kjazbuACLcBGAsYHQ/w640-h438/Screenshot_2020-12-15-14-08-07-49.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--NI2DNaRbIM/X9hhEnmxxaI/AAAAAAAACxA/EdmIQRSHJ7gbgdL02sIs6S7u-6kjazbuACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h438/Screenshot_2020-12-15-14-08-07-49.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/innalillahi-uas-tengku-zul-berhenti.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/innalillahi-uas-tengku-zul-berhenti.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy