$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Viral Video Ustaz Ceramah di Gereja saat Natal, Ternyata Ini Motifnya

INDONESIAKININEWS.COM -  Aktivis lintas agama, Ustaz Wawan Gunawan viral usai video ceramahnya di gereja pada Natal 2019 diunggah ke jejarin...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Aktivis lintas agama, Ustaz Wawan Gunawan viral usai video ceramahnya di gereja pada Natal 2019 diunggah ke jejaring media sosial.

Usai videonya ditonton banyak warganet, Ustaz Wawan mendapat respon yang beragam. 

Ada yang mengapresiasi dan menilai yang dilakukan Ustaz Wawan adalah salah satu cara untuk memelihara toleransi dan keberagaman.

Namun ada juga yang memberikan sentimen miring.

"Banyak yang mem-bully saya, harusnya ya kita bisa saling toleransi," ungkap Ustaz Wawan kepada Suara.com belum lama ini.

Ceramah Wawan itu bermula saat dia menyempatkan diri datang ke Gereja Maulana Yusuf, untuk mengucapkan selamat natal, pada Natal 2019, lalu. Ia pun lantas diberi kesempatan untuk berceramah.

Ternyata ceramah Wawan itu menjadi viral, dan banyak koleganya yang berbeda pemahaman dengan dirinya perihal boleh atau tidaknya mengucapkan selamat Natal, mencemooh Wawan.

Isi ceramah itu memang syarat dengan kritik ihwal polemik boleh atau tidaknya seorang muslim mengucapkan selamat Natal kepada pemeluk Kristen.

Wawan berceramah dengan gaya penuh humor sehingga suasana yang terbangun pun cukup santai dan tidak menegangkan. Gelak tawa jemaat pun riuh menyambut ceramahnya.

Semisal, dalam ceramahnya Wawan berbagi pengalaman saat ia mengucapkan selamat Natal kepada koleganya kristiani, alhasil esok harinya ia tidak serta merta menjadi pemeluk Kristen.

"Saya setiap 10 November mengucapkan selamat Hari Pahlawan, besoknya saya tidak jadi Avengers," ucapnya dalam ceramah itu.

Ia mengaku merujuk kepada ulama-ulama besar untuk masalah membolehkan mengucapkan selamat Natal. Sebut saja, kata dia, ulama seperti Kyai Husein Muhammad, Quraish Shihab sampai Syeikh Ahmad Tayyib.

"Saya termasuk orang yang membolehkan mengucapkan selamat Natal ada ulama-ulama yang saya rujuk misalnya kyai Husein Muhammad, prof Quraish Shihab terus Said Ramadhan Al-Buthi, Syeikh Ahmad tayyib, saya punya rujukan," tukasnya.

Meski begitu, Wawan pun tidak mempermasalahkan bahkan menyalahkan orang yang mengharamkan ucapan Natal. Intinya, kata dia, memang harus menjunjung tinggi toleransi, di mana orang yang mengharamkan pun jangan langsung memvonis bersalah kepada seorang muslim yang memiliki pendirian boleh mengucapkan selamat natal.

"Teman-teman yang mengharamkan mengucapkan Natal saya kira juga harus menghormati kami yang membolehkan dan saya juga akan menghormati kalau ada teman-teman yang tidak mengucapkan selamat Natal," katanya.

Wawan, yang juga dikenal sebagai pegiat isu-isu keberagaman itu melihat warga muslim di Indonesia sepertinya belum siap untuk toleran terhadap masalah ini.

"Nah di kita kan nggak siap ya termasuk video natal saya yang kemarin viral banyak sambutan-sambutan yang tidak baik dari sesama orang Islam. Menurut saya harusnya saling menghormati saja," bebernya.

Makanya, kata dia, sangat penting bagi warga negara untuk merawat toleransi agar tidak terjadi keretakan antar umat beragama di Tanah Air.

"Harus dirawat karena ada faktor-faktor toleransi ini menjadi retak di Indonesia. Sekarang eranya globalisasi ya, medsos ramai, pengaruh luar dengan sangat mudah bisa masuk ke kita," imbuhnya.

S:suara


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral Video Ustaz Ceramah di Gereja saat Natal, Ternyata Ini Motifnya
Viral Video Ustaz Ceramah di Gereja saat Natal, Ternyata Ini Motifnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJbpzf7U-nHiAQZ_Bq8tMkhh5o6I3dh6bQdzen4hH2myx1ucd7ymhU4W0mUQtgPlr3lSDOhpKzrpCJJbsUEFt7i_gsBnjNAc2XKGXUgsd9Gypd7hHN86alCk3fgT6CSBbboQmY4Ok0uhM/w640-h360/Screenshot_2020-12-28-16-22-41-94.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJbpzf7U-nHiAQZ_Bq8tMkhh5o6I3dh6bQdzen4hH2myx1ucd7ymhU4W0mUQtgPlr3lSDOhpKzrpCJJbsUEFt7i_gsBnjNAc2XKGXUgsd9Gypd7hHN86alCk3fgT6CSBbboQmY4Ok0uhM/s72-w640-c-h360/Screenshot_2020-12-28-16-22-41-94.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/viral-video-ustaz-ceramah-di-gereja.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/viral-video-ustaz-ceramah-di-gereja.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy