$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

'Bola Panas' Aliran Dana Formula E Dipertanyakan, DPRD Jakarta: Pak Anies Pasti Punya Alasan Kuat

INDONESIAKININEWS.COM -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya telah menunda penyelenggaraan ajang balap mobil ramah lingkungan Formula...



INDONESIAKININEWS.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya telah menunda penyelenggaraan ajang balap mobil ramah lingkungan Formula E.

Penundaan ajang balap mobil ramah lingkungan tersebut telah dilakukan sebanyak dua kali oleh Pemprov DKI Jakarta.

Diketahui penundaan ajang Formula E sebelumnya dilakukan pada 11 Maret 2020 ketika Covid-19 merebak di Indonesia.

Namun penundaan ini justru menuai tanda tanya di benak publik.

Pasalnya, muncul kontroversi yang menyeret persoalan seputar 'bola panas' anggaran ajang Formula E yang telah disiapkan.

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-Bekasi.com dalam artikel "Nasib Rp560 Miliar untuk Ajang Formula E Dipertanyakan, DPRD Jakarta Akan Minta Klarifikasi Anies Baswedan", kisruh mengenai anggaran biaya komitmen Formula E di Jakarta sebelumnya diutarakan oleh Anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PSI Gilbert Simanjuntak.

Menanggapi kisruh anggaran Formula E, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta semua pihak agar tabayun dan melakukan klarifikasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sembari kita tabayun, saya pikir lebih bijak kalau gubernur yang langsung klarifikasi saja. Jawab pertanyaan publik dengan data dan fakta. Jangan sampai rakyat hanya menerka-nerka, akhirnya timbul hoaks," kata Zita Anjani dalam keterangannya di Jakarta, yang dikutip dari Antara.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, Anies Baswedan tidak bisa hanya mengumumkan penundaan penyelenggaraan acara dan hanya memberikan informasi bahwa dana biaya komitmen (commitment fee) sebesar Rp560 miliar yang telah diberikan tidak lah hangus.

Seharusnya, menurut Zita, Anies Baswedan cs harus memberikan kepastian kepada masyarakat di tengah kondisi pandemi seperti saat ini karena banyak pihak yang mempertanyakan status dan jumlah anggaran yang telah dihabiskan.

"Sebab rakyat butuh kepastian angka dan statusnya bagaimana. Saya berharap Gubernur mau menjawab itu, sembari kita semua tabayun. Saya yakin Pak Anies pasti punya alasan kuat dan akan memberikan klarifikasi," tuturnya.

Dia menyebut anggaran yang telah dikeluarkan untuk ajang Formula E seharusnya bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya yang lebih penting seperti penanganan banjir, mempercepat pemulihan ekonomi maupun penanganan Covid-19 seperti vaksinasi.

Sebelumnya, Gilbert Simanjuntak menyebut dana yang telah dikeluarkan untuk ajang balap Formula E mencapai lebih dari Rp1,1 triliun dengan rincian biaya komitmen sebesar Rp560 miliar, perubahan lapangan Monas sebesar Rp143 miliar.

Kemudian, biaya studi kelayakan sebesar Rp5 miliar, sosialisasi sebesar Rp600 juta, dan layanan umum sebesar Rp10 miliar.

Ketiganya disebut merupakan bagian dari penyertaan modal daerah (PMD) tahun 2020 ke PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebesar Rp305 miliar.

Selain itu, Gilbert menyebutkan, masih ada biaya lain berupa bank garansi sebesar Rp430 miliar dan beberapa anggaran Formula E lain yang terdapat di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta biaya negosiasi awal ke New York.

"Beberapa anggaran Formula E juga terdapat di beberapa SKPD lain seperti Dispora, Dishub (rencana pembelian sepeda), dan Disparbud dengan jumlah yang berarti," kata dia.

Manajer Komunikasi Jakpro Melisa Sjach mengatakan, penundaan pelaksanaan Formula E telah sesuai dengan arahan Anies karena memprioritaskan keselamatan pada masa pandemi Covid-19.

Melisa menekankan biaya komitmen sempat Anies serahkan ke pihak Formula E sebesar Rp560 miliar tidak akan hilang.

Setelah kembali menunda, Jakpro bersama Pemprov DKI beserta Dinas Pemuda dan Olahraga bakal terus memantau situasi, bekerja sama dengan "Formula E Operation" (FEO) untuk melihat kemungkinan penjadwalan ulang demi terselenggaranya Formula E di Jakarta.


s: pikiran-rakyat.com


Name

Berita,12392,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,8,Nasional,12266,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: 'Bola Panas' Aliran Dana Formula E Dipertanyakan, DPRD Jakarta: Pak Anies Pasti Punya Alasan Kuat
'Bola Panas' Aliran Dana Formula E Dipertanyakan, DPRD Jakarta: Pak Anies Pasti Punya Alasan Kuat
https://1.bp.blogspot.com/-4VOP1zTActw/YBY3ZE5aOrI/AAAAAAAAIKo/JpPZ3URJQLseUAu3qCRHRkemADKX5U6mgCLcBGAsYHQ/w640-h352/1393178016.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4VOP1zTActw/YBY3ZE5aOrI/AAAAAAAAIKo/JpPZ3URJQLseUAu3qCRHRkemADKX5U6mgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h352/1393178016.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/bola-panas-aliran-dana-formula-e.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/bola-panas-aliran-dana-formula-e.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy