$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Curhat Jenderal (Purn) Sutarman Kapolri yang Dicopot Jokowi, Pilih Jadi Petani Ketimbang Duta Besar

INDONESIAKININEWS.COM -  Pergantian pucuk pimpinan Polri kini sedang jadi fokus perhatian. Kapolri saat ini atau ke-24, Jenderal Idham Azis ...



INDONESIAKININEWS.COM - Pergantian pucuk pimpinan Polri kini sedang jadi fokus perhatian.

Kapolri saat ini atau ke-24, Jenderal Idham Azis akan diganti oleh Komjen Listyo Sigit Prabowo yang masih menjabat Kabareskrim.

Kabarnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik di Istana, Rabu (27/1/2021) besok, dan selanjutnya naik pangkat menjadi jenderal bintang 4.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menjadi Kapolri ke-25, Kapolri di era Presiden Jokowi.

Dia merupakan mantan ajudan Presiden Jokowi.

Dekat dengan Joko Widodo semasa suami Iriana menjabat Wali Kota Solo dan saat bersamaan pula Listyo Sigit Prabowo menjabat Kapolresta Solo.

Pada awal masa jabatannya sebagai Presiden RI, Jokowi pernah bikin heboh di tubuh Polri.

Pada Januari 2015, "RI 1" mencopot Jenderal Sutarman sebagai Kapolri, 9 bulan jelang pensiun.

Dia lalu digantikan mantan Wakapolri, Jenderal Badrodin Haiti.

Jenderal Sutarman dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada 25 Oktober 2013.

Dia merupakan mantan ajudan Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Saat purna bakti, Jenderal (Purn) Sutarman memilih pulang dan hidup di kampung halamannya di Jawa Tengah.

Sebenarnya Presiden Jokowi telah mengajaknya untuk mengisi beberapa posisi dalam pemerintahan, salah satunya sebagai duta besar.

Namun, dia mengaku tak tertarik lagi mengisi jabatan di pemerintahan dan mengaku ikhlas dengan keputusan sang presiden. 

Jenderal (Purn) Sutarman lebih memilih menjadi petani membantu ayahnya.

"Saya loyal 100 persen pada presiden apapun yang diputuskan, bahkan sampai beliau menawari saya beberapa jabatan. Saya katakan saya akan pensiun menikmati sisa-sisa hidup ini. Saya bilang ke Presiden akan bantu bapak saya bertani," kata Jenderal (Purn) Sutarman saat baru saja dicopot.

Sutarman sama kariernya dengan Komjen Listyo Sigit Prabowo dan Jenderal Idham Azis, menjabat Kabareskrim sebelum akhirnya diangkat jadi Kapolri.

Pilihan menjadi petani juga kini dilakoni mantan Kabareskrim lainnya, Komjen (Purn) Susno Duadji.

Purnawirawan Polri yang sempat membuat kontroversi dengan KPK itu kini menggarap lahan di kampung halamannya di Pagaralam, Sumatera Selatan.

Curhat soal masa lalu

Darah polisi sama sekali tak pernah mengalir dalam pohon keluarga Jenderal (Purn) Sutarman.

Di keluarganya, dia satu-satunya orang yang terjun ke dunia kepolisian.

Dikutip dari arsip berita Kompas.com, Jenderal (Purn) Sutarman bertutur, dirinya melewati awal kariernya dengan susah payah.

Sebagai anak petani, Jenderal (Purn) Sutarman mengaku hidup penuh dengan kesulitan.

“Saya berasal dari keluarga petani miskin, tapi hal itu yang membuat kami sekeluarga menjadi sosok pekerja keras di Sukoharjo,” tutur Sutarman saat berbincang dengan Komisi III DPR di kediamannya, kawasan Bintanto, Tangerang Selatan, Rabu (9/10/2013).

Anak sulung dari lima bersaudara itu mengaku, saat baru menjadi polisi, dia harus menanggung biaya sekolah keempat adiknya.

Saat melamar sang istri, Elly Sugiarti, Sutarman pun memberitahukan sejak awal tentang kewajibannya menghidupi adik-adiknya itu.

Dia berharap agar Elly tidak meminta kehidupan yang berlebih lantaran gaji Rp 90.000 yang dimiliki Sutarman dianggapnya pas-pasan ketika itu.

“Saya hanya minta dia untuk bisa hidup di asrama, dan bisa membagi gaji saya. Gaji sebesar Rp 90.000 ketika itu saya minta agar dikelola dengan baik agar cukup untuk biaya makan, biaya hidup, biaya adik-adik saya, bagaimana itu caranya harus cukup,” ungkap Sutarman.

Sejak berkarier di dunia kepolisian pada tahun 1982, Sutarman sudah malang melintang menjabat sebagai anak buah bawahan, hingga dipercaya sebagai ajudan Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid.

Sutarman juga dipercaya sebagai Kapolda Riau, Kapolda Jawa Barat, Kapolda Metro Jaya, dan kini Kabareskrim.

Dari tempat tinggal hanya di asrama, Sutarman pun pelan-pelan mengumpulkan kekayaannya.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tanggal 1 Maret 2012, Sutarman diketahui memiliki total kekayaan sebesar Rp 5,3 miliar plus 24.000 dollar AS.

Salah satu harta kekayaan yang dimilikinya adalah rumah luas di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

“Sejak kecil, saya bekerja keras dan menabung sedikit demi sedikit sehingga punya tempat ini. Begitu pindah ke Jakarta, rumah ini selalu saya tempati karena dibangun dengan susah payah. Rumah ini dulunya adalah tempat jin buang anak. Jadi ini agak lebih besar dibandingkan rumah yang lain karena saya dekat dengan masyarakat Betawi di sini, karena sampingnya ini tanah kampung,” ujar Sutarman.

Beranjak dari kehidupan sederhana, Sutarman menceritakan dirinya juga mengajari ketiga anaknya hidup sederhana.

Setiap berulang tahun, Sutarman mengajak anak-anaknya ke panti asuhan.

“Saya tidak mau mereka nanti dianggap sok, atau mentang-mentang anaknya polisi dan sebagainya,” kata dia.


s: tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Curhat Jenderal (Purn) Sutarman Kapolri yang Dicopot Jokowi, Pilih Jadi Petani Ketimbang Duta Besar
Curhat Jenderal (Purn) Sutarman Kapolri yang Dicopot Jokowi, Pilih Jadi Petani Ketimbang Duta Besar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-k30nfhe4wJN2tMNU4tqvncfmZtY43-geB9WqSqOAbwzjErV_wQqq4ihiBBB8Las84SMI4j9FkFk9qayRjPWXCCl1PvGQL43LhM72RqbT35qr7mCZzkZmKG4UahJ0xxM1WKkRS_2Q-IW7/w640-h360/mantan-kapolri-jenderal-purn-sutarman-1-2612021.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-k30nfhe4wJN2tMNU4tqvncfmZtY43-geB9WqSqOAbwzjErV_wQqq4ihiBBB8Las84SMI4j9FkFk9qayRjPWXCCl1PvGQL43LhM72RqbT35qr7mCZzkZmKG4UahJ0xxM1WKkRS_2Q-IW7/s72-w640-c-h360/mantan-kapolri-jenderal-purn-sutarman-1-2612021.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/curhat-jenderal-purn-sutarman-kapolri.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/curhat-jenderal-purn-sutarman-kapolri.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy