$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sebut 24 Persen Pasien Luar Daerah Isi RS di Jakarta, Anies Baswedan: Bukan Bagian Persiapan Kita

INDONESIAKININEWS.COM -  Gubernur Jakarta DKI Jakarta, Anies Baswedan tanggapi soal kabar yang menyebut dirinya mengeluh dan menyerahkan pen...



INDONESIAKININEWS.COM - Gubernur Jakarta DKI Jakarta, Anies Baswedan tanggapi soal kabar yang menyebut dirinya mengeluh dan menyerahkan penanganan Covid-19 di Jabodetabek kepada pemerintah pusat.

Dilansir TribunWow.com, Anies mengatakan bahwa yang dimaksud bukan Jabodetabek, melainkan hanya Debotabek.

Sehingga dikatakannya untuk DKI Jakarta sendiri tetap menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

"Ja-nya dihilangkan dalam pernyataan itu, yang dibicarakan adalah Debotabek," ujar Anies, dalam acara Prime Talk 'MetroTV', Rabu (27/1/2021).

Anies mengatakan bahwa penyebab tingginya tingkat keterisian rumah sakit atau fasilitas kesehatan di Jakarta karena juga menampung pasien dari luar Ibu Kota.

Dirinya menyebut dari tingkat keterisian rumah sakit yang mencapai 84 persen, 24 persennya berasal dari luar Jakarta.

"Apa yang terjadi? Ketika kapasitas rumah sakit terus meningkat, maka kami ini menghandel 24 sampai 30 persen pasien di Jakarta adalah dari luar Jakarta," kata Anies.

"Jadi kalau tadi disebutkan angka keterisian rumah sakit 84 sampai 86 persen, kalau itu hanya warga DKI maka itu 60 persen," jelasnya.

"Karena yang 24 persen itu dari luar Jakarta."

Menurut Anies persoalan tersebut terjadi lantaran kapasitas rumah sakit di daerah luar Jakarta tidak sebanyak yang ada di Ibu Kota.

Termasuk juga dari jumlah tenaga kesehatannya.

Maka dari itu, Anies mengatakan persoalan itulah yang diharapkan bisa dikoordinasikan dengan pemerintah pusat untuk peningkatan kapasitas fasilitas kesehatan.

"Nah itulah yang perlu didukung. Ini di luar wilayah DKI, jadi kalau itu adalah wilayah DKI pasti bagian dari persiapan kita," ungkap Anies.

"Bayangkan dari 8 rumah sakit, lalu menjadi 30-an rumah sakit, lalu menjadi 80-an rumah sakit dan sekarang 101 rumah sakit. Itu tidak bisa mendadak."

"Karena itu kaitannya dengan wilayah sekitar Jakarta adalah perlunya dukungan agar ada percepatan kapasitas testing, kemudian penambahan kapasitas tracing," jelasnya.

Lebih lanjut, Anies menyebut bahwa kondisi tersebut secara langsung dapat mempengaruhi penanganan Covid-19 di Jakarta.

"Saat ini kenyataannya banyak yang harus ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan sehingga warga Jakarta yang harus mendapatkan perawatan juga mengalami tantangan," kata Anies.

"Itu sebabnya kita ingin agar dukungan dan koordinasi antara pusat dengan Jakarta itu bisa dilakukan di kota-kota lain sehingga kesiapannya serupa dengan di Jakarta," pungkasnya.

Dalam kesempatan sama, Anies Baswedan meluruskan soal adanya isu yang menyebut meminta pemerintah pusat mengambil alih penanganan Covid-19 di Ibu Kota.

Dilansir TribunWow.com, Anies dengan tegas membantah kabar tersebut dan memastikan bahwa DKI justru sangat serius dalam menangani pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Anies mengatakan bentuk keseriusan Jakarta'>DKI Jakarta dalam menangani pandemi dilakukan sejak awal hingga saat ini.

"Tidak benar bahwa DKI meminta pusat mengambil alih dan kami justru dari awal kalau boleh cek catatan yang pertama mengumumkan kasus Covid-19 adalah DKI," ujar Anies.

"Yang sejak awal menyampaikan bahwa ini persoalan jangka panjang, karena itulah DKI serius sampai sekarang dan di masa yang akan datang," ungkapnya.

Meski memang diakui bukan perkara yang mudah, Anies membantah ketika DKI disebut kewalahan dalam menghadapi permasalahan Covid-19.

"Dan DKI tidak pernah sedikit pun memberi kesan bahwa kami kewalahan, tidak," kata Anies.

"Memang tantangannya besar, tapi kami bersiap."

Dirinya lantas menyinggung fasilitas kesehatan yang disiapkan oleh DKI untuk menangani Covid-19.

Menurutnya hal itu menjadi satu keseriusan DKI dalam menangani pandemi ini.

"Bahkan saat ini fasilitas rumah sakit milik DKI yang disiapkan menagani Covid-19 itu 63 persen," ungkapnya.

Selain fasilitas kesehatan, Anies juga menyinggung langkah nyata DKI dalam menangani kasus Covid-19, yakni menggencarkan 3 T, testing, tracing, treatment.

"Keseriusan DKI ini bukan dalam retorik, keseriusan itu dilakukan dalam langkah-langkah," terangnya.

"Terkait 3 T, testing, hari ini per Mimggu kita 131 ribu testing, padahal menurut WHO cukup 10 ribu, ini 112 kali lipat. Lalu traching, ada 1.500 tenaga traching ditempatkan di 39 puskesmas."

"Jadi DKI amat serius, DKI terus ambil tanggung jawab, dan DKI tidak pernah sedikitpun bergeming dalam menghadapi tantangan yang besar ini," tegasnya menutup.


s: tribunnews.com


Name

Berita,12553,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,8,Nasional,12427,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sebut 24 Persen Pasien Luar Daerah Isi RS di Jakarta, Anies Baswedan: Bukan Bagian Persiapan Kita
Sebut 24 Persen Pasien Luar Daerah Isi RS di Jakarta, Anies Baswedan: Bukan Bagian Persiapan Kita
https://1.bp.blogspot.com/-itCKogbZdFU/YBJ_Jb2TIkI/AAAAAAAAIE4/ZIsz5mT6k_YTmRW90eBmGT3h_KD0rfPBACLcBGAsYHQ/w640-h360/e3f02b20750a1048d82be7d94ffa2a66.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-itCKogbZdFU/YBJ_Jb2TIkI/AAAAAAAAIE4/ZIsz5mT6k_YTmRW90eBmGT3h_KD0rfPBACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/e3f02b20750a1048d82be7d94ffa2a66.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/sebut-24-persen-pasien-luar-daerah-isi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/sebut-24-persen-pasien-luar-daerah-isi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy