$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sebut TNI dan Polri Tak Bebas dari Hawa Permusuhan, SBY: Sungguh Menyedihkan dan Membahayakan

INDONESIAKININEWS.COM -  Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku sangat khawatir dengan kerukunan masyarakat Indonesia bel...



INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku sangat khawatir dengan kerukunan masyarakat Indonesia belakangan ini.

Disebutkan Ketua Umum Dewan Pembina Partai Demokrat Ini, harmoni sosial saat ini terasa retak dan jauh dari semangat persaudaraan sebagai bangsa.

“Bermula dari dinamika politik pada Pilkada Jakarta tahun 2017, sepertinya dalam kehidupan masyarakat kita terbangun jarak dan pemisah yang semestinya tak terjadi," ujar SBY pada akun Facebook Susilo Bambang Yudhoyono dikutip Minggu 10 Januari 2021.

"Terbangun polarisasi yang tajam di antara kita, baik karena faktor identitas, politik, maupun ideologi,” lanjutnya.

Menurutnya, saat ini untuk bicara pun merasa tidak nyaman.

Garis permusuhan ini bahkan menembus lingkaran persahabatan yang sudah terbangun lama, bahkan lingkaran-lingkaran keluarga.

“Saya sungguh prihatin jika lingkaran tentara dan polisi yang harusnya menjadi contoh dalam persatuan dan persaudaraan kita sebagai bangsa juga tak bebas dari hawa permusuhan ini. Keadaan ini sungguh menyedihkan dan sekaligus membahayakan masa depan bangsa kita,” tegasnya.

Dikatakan, saat ini polarisasi antar kubu politik sangat tajam, kehidupan demokrasi pasti tidak sehat.

Memilih kandidat dan calon-calon pemimpin, baik di pusat maupun daerah, akan sangat dipengaruhi dan bahkan ditentukan apakah mereka memiliki identitas, paham ideologi dan politik yang sama.

Pertimbangan utama dalam memilih pemimpin seperti faktor integritas, kapasitas dan kesiapan untuk memimpin, dianggap tak lagi penting.

Kalau hal begini menjadi kenyataan di Indonesia, dan dari tahun ke tahun makin ekstrem, bisa dibayangkan masa depan negeri ini.

“Karenanya, mumpung belum terlalu jauh divisi dan polarisasi sosial serta politik di negeri kita, para pemimpin dan semua elemen bangsa harus sadar bahwa sesuatu harus dilaksanakan. 

Pembiaran dan inaction adalah dosa dan kesalahan besar,” pesan pendiri Partai Demokrat itu.

Di sisi lain, ia mengingatkan, jangan pula ada yang justru menginginkan dan memelihara polarisasi sosial-politik yang tajam ini untuk kepentingan pribadi dan politiknya.

Kalau ada pihak-pihak yang berpikiran dan bertindak seperti itu, menurut SBY, mereka bukan hanya tidak bertanggung jawab tetapi juga tidak bermoral.

Sejarah menunjukkan bahwa bangsa yang sudah benar-benar terbelah dan terpolarisasi secara tajam, sangat tidak mudah untuk menyatukannya kembali.

Terakhir SBY menyampaikan permintaan maaf jika ada pihak-pihak yang tak berkenan dengan tulisannya itu.

Soalnya setiap kali ia menyampaikan pandangan dan pendapat, selalu ada yang salah terima.

Padahal niatnya baik, dan pandangan yang disampaikan juga tulus sifatnya. Tak ada keinginan untuk menggurui siapapun.

“Saya masih membaca berbagai tuduhan dan komentar miring dari kawanan buzzer, setiap saya menyampaikan pandangan."

"Rakyat Indonesia tentu tahu bahwa saya pernah memimpin negeri ini. Saya tahu bahwa persoalan bangsa itu kompleks dan tak semudah yang dipikirkan masyarakat."

"Karenanya, saya tak suka dan tak mudah menyalahkan pemerintah. Sungguhpun demikian, sebagai orang tua dan juga seseorang yang sangat mencintai negeri ini, tentunya boleh kan saya berpendapat dan berbicara,” tandasnya.****




S: Glamedians



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sebut TNI dan Polri Tak Bebas dari Hawa Permusuhan, SBY: Sungguh Menyedihkan dan Membahayakan
Sebut TNI dan Polri Tak Bebas dari Hawa Permusuhan, SBY: Sungguh Menyedihkan dan Membahayakan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLvAaRr0kKLipvXk0I_kCWyJltuW36Afhp8ZSmp5gejPAoBCy_4N-Gn3N-TVySJuTrDexhCZ_zbqjgWvAEZhfI9svvFNyPNffJ28fsZ2foFXnkUFsblLDuvuT5XoJlk-W5HwE9vUEkYYw/w640-h454/Screenshot_2021-01-10-19-48-44-04.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLvAaRr0kKLipvXk0I_kCWyJltuW36Afhp8ZSmp5gejPAoBCy_4N-Gn3N-TVySJuTrDexhCZ_zbqjgWvAEZhfI9svvFNyPNffJ28fsZ2foFXnkUFsblLDuvuT5XoJlk-W5HwE9vUEkYYw/s72-w640-c-h454/Screenshot_2021-01-10-19-48-44-04.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/sebut-tni-dan-polri-tak-bebas-dari-hawa.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/sebut-tni-dan-polri-tak-bebas-dari-hawa.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy