$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Beda Banjir Era Anies dan Ahok, Sosok Ini Singgung Soal Penanganan: Pak Anies Tak Melakukan Apa-apa

INDONESIAKININEWS.COM -  Sejumlah wilayah di DKI Jakarta masih terendam banjir hingga hari ini, Minggu (21/2/2021). Hingga Sabtu siang kemar...



INDONESIAKININEWS.COM - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta masih terendam banjir hingga hari ini, Minggu (21/2/2021).

Hingga Sabtu siang kemarin, sedikitnya tercatat terdapat 113 wilayah yang tergenang banjir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan ada 87 RT yang surut dari 200 RT yang sempat terendam banjir pada pagi tadi.


"Per jam 12.00 WIB sudah ada 87 RT yang telah surut. Jadi statusnya sekarang tinggal 113 yang masih ada genangan," ucapnya, Sabtu (20/2/2021).

Anies mengklaim, puluhan RT yang telah surut ini terendam banjir tidak lebih dari tiga jam.

Artinya, genangan yang membanjiri kawasan itu bisa surut kurang dari enam jam.

"Anda bayangkan saja dalam waktu 3 jam dari 200 sudah kurang jadi 113," ujarnya saat meninjau korban banjir di lokasi pengungsian GOR Otista, Jatinegara, Jakarta Timur.

Imbas banjir yang mengepung Jakarta hari ini, sebanyak 1.361 orang dari 379 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi ke 26 posko yang telah disiapkan Pemprov DKI.

Anies pun berharap banjir bisa segera surut, sehingga masyarakat bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

Peristiwa banjir di Jakarta ini pun menjadi trending topic di Twitter.

Sejumlah warganet yang kesal turut membagikan foto dan video terkini terkait banjir Jakarta.

Melihat kondisi Jakarta yang dikepung banjir, sejumlah warganet membanding-bandingkan banjir di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Anies Baswedan.

Tak sedikit yang menyebutkan bahwa titik bajir di era kepemimpinan Ahok lebih sedikit dibandingkan sekarang.

"Men coba deh berfikir dulu jamannya Om Ahok titik banjir di Jakarta bisa berkurang loh, tapi sekarang? Ya lihat ajalah realitanya gimana, kenapa disalahin? Bukan nyalahin sih kinerjanya yang dipertanyakan selama ini ngapain aja? Angel wes," tulis akun @chr***.

"Pas zaman Pak Ahok jauh mendingan nder. Enggak semua daerah banjir, kalau pun banjir enggak tinggi. 

Terus juga kali atau sungai tuh rajin dikeruk lumpurnya," kata akun @she***.

"Objektif aja nih tapi zaman Pak Ahok kalau masalah banjir ketara jadi mendingan, lebih sigap dibanding orang yang menjabat sebelum dan setelah dia. Dan yaahh politik emang kerjaannya saling menjatuhkan antar kubu," komentar akun @uri***.

"Sama aja sih, cuma sepengalaman gue pas zaman Ahok banjir cepet diatasinya. PPSU masih jalan cuma ya kelihatan aja sih beda kinerjanya. 

Dulu di tempat gue kali rajin banget dikeruk, sekarang juga masih cuma enggak serajin dulu. Banjir tempat gue juga sekarang naiknya cepet banget," balas akun @kka***.

"Pas zamannya Ahok better terus statement doi tentang banjir tuh make sense jadi enggak bikin kesel haha," cuit akun @aku***.

Meski menyebut bahwa zaman Ahok, banjir di Jakarta jadi lebih teratasi, sejumlah warganet lain turut menyebut bahwa kelakuan warga yang masih suka membuang sampah sembarangan serta kondisi Jakarta yang banyak gedung dan beton, menjadi salah satu biang banjir.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, jumlah titik banjir DKI Jakarta turun signifikan dari tahun ke tahun.

Pada masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 2015, terdapat 337 titik pengungsian banjir.

"Sekarang di tahun 2018 tidak ada pengungsian, 2019 ada 13 titik pengungsian, 2020 ada 70 titik pengungsian, 2021 sedang kami rekap, baru 1-2 titik pengungsian," kata Riza.

Begitu juga korban meninggal dunia. Riza membeberkan, pada 2013, terdapat 38 korban jiwa akibat banjir, sedangkan dari 2018 sampai saat ini terdata lima korban jiwa akibat banjir di Jakarta.

"Mudah-mudahan tahun 2021 ini tidak ada korban jiwa karena banjir," kata Riza.

"Prinsipnya dari fakta dan data terjadi penurunan yang cukup signifikan berkat upaya kita semua dan masyarakat Jakarta yang mendukung program kami," pungkasnya.

PDIP Sebut Anies Tak Upayakan Penanganan Banjir

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono pun turut mempertanyakan janji Anies terkait program banjir Jakarta dapat surut dalam waktu 6 jam.

"Fakta yang disampaikan Pak Wagub, hari ini kan bertolak belakang. 

Fakta kenyataan di lapangan masih banyak genangan akibat hujan di DKI Jakarta," kata Gembong dikutip dari Kompas TV.

Ia pun mengaitkan dengan janji Anies Baswedan bahwa genangan selama enam jam sudah surut.

"Apakah faktanya terbukti? tiga tahun Pak Anies mengelola pemerintah DKI Jakarta dalam konteks penanganan banjir. 

Mohon maaf Pak Anies tidak melakukan apa-apa," ujar Gembong.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menargetkan genangan air di ibu kota akibat hujan bisa surut dalam 6 jam setelah hujan berhenti.

Anies mengklaim berbagai genangan yang muncul selama musim hujan belakangan ini terkendali dengan baik.

"Prinsip kita ada dua ukurannya. Pertama, bila hujan lebat, maka harus dipastikan jika muncul genangan, 6 jam sesudah hujan berhenti, genangan itu ditargetkan harus sudah bisa kering," ujar Anies.




S:Tribun Jakarta



Name

Berita,12624,HUMOR,5,Internasional,158,Kesehatan,9,Nasional,12497,News,70,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Beda Banjir Era Anies dan Ahok, Sosok Ini Singgung Soal Penanganan: Pak Anies Tak Melakukan Apa-apa
Beda Banjir Era Anies dan Ahok, Sosok Ini Singgung Soal Penanganan: Pak Anies Tak Melakukan Apa-apa
https://1.bp.blogspot.com/-p49bND-ikpk/YDIoAfyeowI/AAAAAAAABgc/1CnZKfL1HAwd3gBqdjE8pDcFjOYzDTOLACLcBGAsYHQ/w640-h350/Screenshot_2021-02-21-16-26-19-280_id.co.babe.png
https://1.bp.blogspot.com/-p49bND-ikpk/YDIoAfyeowI/AAAAAAAABgc/1CnZKfL1HAwd3gBqdjE8pDcFjOYzDTOLACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h350/Screenshot_2021-02-21-16-26-19-280_id.co.babe.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/beda-banjir-era-anies-dan-ahok-sosok.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/beda-banjir-era-anies-dan-ahok-sosok.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy