$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pengamat: Dinasti Politik Demokrat Keterlaluan, Lambat Laun Akan Muncul Resisten di Internal

INDONESIAKININEWS.COM -  Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai Partai Demokrat akan mengalami turbu...



INDONESIAKININEWS.COM - Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai Partai Demokrat akan mengalami turbulensi politik diinternal lantaran selama ini partai berlambang Mercy itu cenderung dikuasai satu keluarga Cikeas.

"Memang dinastinya keterlaluan. Hampir semua partai juga ada politik kekerabatan, tapi paling mencolok itu ya partai Demokrat sehingga lambat laun akan muncul resistensi di internal partai Demokrat" ujar Karyono kepada VOI, Kamis, 25 Februari.

Karyono mengatakan Kongres Luar Biasa Partai Demokrat (KLB PD) tidak mudah dilaksanakan karena ketua majelis tinggi diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang notabanenya merupakan ayah kandung ketua umum saat ini, yakni Agus Harimurti Yudhoyono.

Ditambah lagi, sekretaris majelis tinggi adalah Andi Malarangeng yang juga merupakan loyalis SBY-AHY. 

"Dipersulit engga? Karena itu, KLB resmi menurut saya tidak semudah yang dibayangkan," tuturnya.

Kecuali, kata dia, ada dualisme kepengurusan Partai Demokrat seperti yang dialami Partai Golkar dahulu. 

Sehingga, akan diakui kepengurusan partai politik yang sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Kecuali para pendiri Demokrat kemudian jajaran pengurus di DPD maupun DPP membuat pengurus tandingan seperti halnya Golkar dulu. Ada kubu ARB dan Agung Laksono, ada Munas Bali dan Munas Ancol," ungkap Karyono.

Menurut Karyono, jika semakin lama banyak yang tidak setuju dengan kepemimpinan Demokrat hari ini, goncangan soliditas partai akan semakin terasa. 

Kalau diinternal Demokrat yang kecewa atau tidak puas dengan kepemimpinan AHY kemudian mengkristal, kata dia, maka bisa juga mengancam posisi AHY dan juga mengancam posisi keluarga dinasti Cikeas.

"Kalau misalnya kubu Anas Urbaningrum bergabung dengan Marzuki Alie kemudian Max Sopacua dan ada beberapa pendiri partai Demokrat, semua kekuatan yang tidak puas dengan kepemimpinan AHY bersatu, maka akan memunculkan turbulensi politik di internal partai Demokrat yang dampaknya akan semakin membuat Demokrat terpuruk. Jika situasi ini terus berlangsung," jelas Karyono.

Apabila turbulensi politik diinternal Demokrat menguat, sambung Karyono, kemungkinan akan ada jalan kompromi agar partai dapat bertahan. Terlebih, keutuhan partai diperlukan untuk kepentingan pemilihan umum 2024.





S:Voi


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pengamat: Dinasti Politik Demokrat Keterlaluan, Lambat Laun Akan Muncul Resisten di Internal
Pengamat: Dinasti Politik Demokrat Keterlaluan, Lambat Laun Akan Muncul Resisten di Internal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuuMmsSC6XvhRqO-Qkf5HaBhZeN1v1JWt9wdY1Xaw-5NLuhHeMd5iVw2d8Hu4TtBM0G2-kQSM-J-Y_qyX-v6AAKiJnkNOAubwYP-DoD4Xd7oHfq74w4Aa9vU0qedmaAC23dU_iLYEGKpc/w640-h354/Screenshot_2021-02-25-14-25-09-916_id.co.babe.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuuMmsSC6XvhRqO-Qkf5HaBhZeN1v1JWt9wdY1Xaw-5NLuhHeMd5iVw2d8Hu4TtBM0G2-kQSM-J-Y_qyX-v6AAKiJnkNOAubwYP-DoD4Xd7oHfq74w4Aa9vU0qedmaAC23dU_iLYEGKpc/s72-w640-c-h354/Screenshot_2021-02-25-14-25-09-916_id.co.babe.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/pengamat-dinasti-politik-demokrat.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/pengamat-dinasti-politik-demokrat.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy