$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sebut Anies Ungguli Jokowi dalam Hal Ini, Refly Harun: Karena Memang Kemampuan Diplomasi Presiden Rendah

INDONESIAKININEWS.COM -  Pakar hukum tata negara Refly Harun menyebutkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki beberapa keunggu...



INDONESIAKININEWS.COM - Pakar hukum tata negara Refly Harun menyebutkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Menurutnya, salah satu kemampuan yang dimiliki Anies Baswedan dan menjadi salah satu daya tariknya adalah soal hubungan Internasional.

"Soal kemampuan lobi di tingkat Internasional, nah ini yang sebenarnya nilai unggul dari Anies Baswedan tentunya," ucapnya seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari kanal YouTube Refly Harun, Sabtu, 6 Februari 2021.

Refly Harun mengatakan, jika dibandingkan Anies Baswedan, kemampuan Jokowi untuk berdiplomasi secara Internasional masih bisa dibilang rendah sehingga sedikit orang yang tahu dengan negara Indonesia.

"Karena memang kemampuan berdiplomasi Jokowi itu rendah, kemampuan berbahasanya juga rendah, jadi dunia Internasional tidak mudah mengenal Indonesia dalam forum-forum Internasional," katanya.

Mantan Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) itu juga menyebut bahwa hanya sedikit tokoh-tokoh di Indonesia yang memiliki kemampuan menjadi pemimpin Internasional.

"Anies Baswedan adalah salah satu dari sedikit orang Indonesia yang punya kemampuan menjadi pemimpin Internasional, karena bahasa Inggrisnya juga baik, karena dia beruntung pernah ikut program AFS itu SMA di Amerika Serikat," tuturnya.

Halaman:

Sumber: YouTube Refly Harun

Bahkan jika dihitung, Anies Baswedan telah tinggal di Amerika Serikat selama lebih dari enam tahun karena menghabiskan waktunya mengambil gelar master sampai doktor di sana.

Oleh karena itu, menurutnya, tidak heran jika Anies punya kemampuan berbahasa yang baik serta wawasan Internasional yang luas.

"Ya kalau kita mau jujur, kalau soal wawasan Internasional, kemampuan lobi Internasional, bahkan dibandingkan dengan Presiden Jokowi sendiri, ya Anies jauh lebih baik," ucapnya.

"Tetapi kan pemimpin itu tidak hanya dunia Internasional tentunya, pemimpin itu juga soal bagaimana dia mengelola dalam negeri. Jadi silakan nilai, bagaimana kepemimpinan Anies," sambungnya.

Tak hanya wawasan, jika dilihat dari fakta-fakta kemampuan Anies di dunia Internasional, kata Refly Harun, memang banyak sekali buktinya.

"Memang dia baik dan bahkan banyak sekali penghargaan, sebelum menjadi Gubernur DKI pun dia sudah mendapatkan penghargaan kalau tidak salah 100 tokoh yang berpengaruh di dunia," ucapnya.

Itu pun terjadi menurut Refly Harun karena kemampuan Anies yang bisa hadir dan ada di dunia Internasional.

"Nah harusnya memang cukup membanggakan juga ada orang Indonesia yang bisa diperhitungkan di dunia Internasional, karena kita harus akui tidak banyak orang Indonesia yang memiliki kemampuan tersebut," ungkapnya.

Dirinya namun menegaskan agar jangan membandingkan kemampuan Anies Baswedan dengan menteri luar negeri yang memang kerjaannya selalu berkutat dengan negara asing.

Namun Refly Harun menyarankan agar membandingkan Anies dengan orang-orang yang bisa memanfaatkan momen untuk pergaulan Internasional sekali dua kali namun memiliki kesan yang mendalam bagi negara-negara lain.

"Tidak banyak orang Indonesia yang mampu seperti itu, jadi bagaimana pun kita harus hargai penghargaan Anies ini," ujarnya.***




S: Pikiran rakyat-bekasi



Name

Berita,13863,H,2,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,9,Nasional,13735,News,72,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sebut Anies Ungguli Jokowi dalam Hal Ini, Refly Harun: Karena Memang Kemampuan Diplomasi Presiden Rendah
Sebut Anies Ungguli Jokowi dalam Hal Ini, Refly Harun: Karena Memang Kemampuan Diplomasi Presiden Rendah
https://1.bp.blogspot.com/-DuuNG8y_pYo/YB86XG3fJSI/AAAAAAAAJ_Q/ttN1e2RZoKIw8k7leyOXam1_lgbAY8dDgCLcBGAsYHQ/w640-h372/Screenshot_2021-02-07-07-53-09-63.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DuuNG8y_pYo/YB86XG3fJSI/AAAAAAAAJ_Q/ttN1e2RZoKIw8k7leyOXam1_lgbAY8dDgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h372/Screenshot_2021-02-07-07-53-09-63.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/sebut-anies-ungguli-jokowi-dalam-hal.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/sebut-anies-ungguli-jokowi-dalam-hal.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy