$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sumur Resapan Buatan Gubernur Anies Diragukan, Komisi D: Kalau Tetap Banjir, Sama Aja Bohong

INDONESIAKININEWS.COM - ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meragukan efektivitas program sumur resapan ala Gubernur Anies Baswedan...



INDONESIAKININEWS.COM - ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meragukan efektivitas program sumur resapan ala Gubernur Anies Baswedan.

Pasalnya, banjir kembali mengepung ibu kota di awal tahun 2021 ini. 

Bahkan, setidaknya sudah tiga kali DKI Jakarta dilanda banjir di bulan Februari ini.

Banjir paling parah terjadi pada Sabtu (20/2/2021) lalu, dimana ada 113 RW terendam banjir di Jakarta.

"Seharusnya efektif itu bila tidak terjadi banjir. Nah, kalau efektif tapi banjir kan sama saja bohong," ucapnya, Senin (22/2/2021).

Politisi senior PDIP ini membeberkan, tahun ini Pemprov DKI menganggarkan Rp 400 miliar untuk program sumur resapan.

Dana ratusan miliaran itu dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2021.

Ida pun menyayangkan anggaran Rp 400 miliar yang digunakan untuk menjalankan program drainase vertikal yang belum terbukti ampuh menanggulangi banjir di ibu kota.

"Sayang banget, padahal anggaran hampir Rp 400 miliar besok," ujarnya di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf tetap kekeh menyebut program pembuatan sumur resapan efektif dalam mengatasi banjir di ibu kota.

Beberapa lokasi yang sebelumnya kerap tergenang pun kini diklaim Juaini bebas banjir, seperti di kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

"Sangat efektif ya, beberapa lokasi yang selama ini sering terjadi genangan, di lokasi itu karena ada sumur resapan (air) hilang lari ke sumur resapan," kata dia.

Meski demikian, Juaini mengakui, pembuatan sumur resapan yang telah rampung dibuat masih jauh dari target.

Pasalnya, baru 2.974 sumur resapan yang dibuat di tahun 2020 lalu. Jauh dari harapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menargetkan 1,8 juta sumur resapan.

"Kemarin kenapa lambat? Karena vendornya cuma dua. Nah, sekarang lagi diproses vendornya, ada 100," tuturnya.

"Kami harapkan, vendornya banyak jadi yang kerja juga banyak, sehingga program bisa cepat kami jalankan," tambahnya menjelaskan.

Soroti Klaim Banjir Surut 6 Jam

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah enggan berkomentar soal janji Gubernur Anies Baswedan yang menyebut banjir bakal surut kurang dari enam jam.

Ia pun meminta warga Jakarta menilai sendiri kinerja sang gubernur yang telah memimpin sejak 2017 lalu.

"Biarkan rakyat yang menilai. Kalau saya berbicara soal pernyataan gubernur disangka objektif," ucapnya, Senin (22/2/2021).

"Jadi, biarkan rakyat yang menilai sendiri," tambahnya menjelaskan.

Seperti diketahui, hujan lebat yang menerjang ibu kota beberapa waktu lalu menyebabkan 113 RW di DKI terendam banjir pada Sabtu (22/2/2021) pagi.

Diakui Anies, banjir baru sepenuhnya surut pada Senin dini hari sekira pukul 03.00 WIB.

Artinya, membutuhkan waktu lebih dari sehari untuk memastikan seluruh genangan benar-benar surut.

"Hari Senin, dini hari jam 03.00 WIB pagi tadi dipastikan 100 persen (banjir) sudah surut," kata Anies di Balai Kota.

Fakta ini tentu berbeda dengan pernyataan Anies sebelumnya yang pede banjir bakal surut kurang dari enam jam.

Anies menyebut, banjir yang terjadi pada Sabtu lalu tak bisa dihindari lantaran hujan ekstrem melanda ibu kota.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, curah hujan kala itu mencapai lebih dari 200 mm.

Padahal, kapasitas penampungan curah hujan di DKI hanya sebesar 100 mm.

Surut dalam 6 Jam

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan banjir yang terjadi akibat hujan ekstrem pada Sabtu (20/2/2021) dini hari kemarin, kini telah surut sepenuhnya.

"Hari Senin, dini hari jam 03.00 WIB pagi tadi dipastikan 100 persen (banjir) sudah surut," ucapnya, Senin (22/2/2021).


Adapun banjir yang terjadi Sabtu lalu telah membanjiri 113 RW yang tersebar di sejumlah wilayah ibu kota.

Artinya, banjir baru sepenuhnya surut dalam kurun waktu lebih dari satu hari lamanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, seluruh kegiatan masyarakat yang sempat lumpuh akibat banjir kini bisa beroperasi normal lagi.

"Alhamdulillah hari Senin pagi seluruh kegiatan perekonomian, kegiatan pemerintahan bisa berlangsung tanpa ada gangguan sedikit pun akibat curah hujan ekstrem pada Sabtu lalu," ujarnya di Balai Kota.

Orang nomor satu di DKI ini pun mengapresiasi jajarannya yang telah bekerja kerja memompa genangan, sehingga banjir bisa surut meski lebih dari enam jam seperti yang sebelumnya dijanjikan.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran yang bekerja ekstra keras untuk memastikan bahwa dampak dari curah hujan ekstrem tersebut bisa dikendalikan," kata dia.

Ia menyebut, curah hujan kala itu mencapai lebih dari 200 mm. Padahal, kapasitas penampungan curah hujan di DKI hanya sebesar 100 mm.

"Hari Sabtu dini hari Jabodetabek menerima curah hujan ekstrem di atas 150 mm per hari, kategorinya ekstrem di Jakarta sampai 226 mm," tuturnya.

Imbas dari banjir yang mengepung Jakarta, ribuan warga terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam air hingga lebih dari satu meter.

Mereka mengungsi di 44 lokasi yang telah disiapkan Pemprov DKI.

"Alhamdulillah sampai pagi ini tenda pengungsian masih ada, tetapi pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing," kata dia.





S:Tribun Jakarta



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sumur Resapan Buatan Gubernur Anies Diragukan, Komisi D: Kalau Tetap Banjir, Sama Aja Bohong
Sumur Resapan Buatan Gubernur Anies Diragukan, Komisi D: Kalau Tetap Banjir, Sama Aja Bohong
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtQ3wnqHBCITEKfuymxAGsFfgwcc11whYCyGncBD5Dj7F9tWskIPQZBWa_N_5O0tvgliO3Zl6GMCwyBxJ4MD_V8ouqcj1J4RqFqQrwVP88Ax5ii2gXj6tqc6St3zMqlXtCU4HWAV9vRRU/w640-h352/Screenshot_2021-02-23-05-00-30-972_id.co.babe.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtQ3wnqHBCITEKfuymxAGsFfgwcc11whYCyGncBD5Dj7F9tWskIPQZBWa_N_5O0tvgliO3Zl6GMCwyBxJ4MD_V8ouqcj1J4RqFqQrwVP88Ax5ii2gXj6tqc6St3zMqlXtCU4HWAV9vRRU/s72-w640-c-h352/Screenshot_2021-02-23-05-00-30-972_id.co.babe.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/sumur-resapan-buatan-gubernur-anies.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/sumur-resapan-buatan-gubernur-anies.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy