$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Yusril Pertanyakan JK Soal 'Demokrasi Tak Jalan'

INDONESIAKININEWS.COM -  Yusril Ihza Mahendra mengkritisi pernyataan Jusuf Kalla soal pemerintahan yang jatuh karena demokrasi tak berjalan ...



INDONESIAKININEWS.COM - Yusril Ihza Mahendra mengkritisi pernyataan Jusuf Kalla soal pemerintahan yang jatuh karena demokrasi tak berjalan dengan baik. Yusril mempertanyakan demokrasi yang dimaksud JK. 

Apabila demokrasi yang dimaksud JK adalah demokrasi seperti sekarang, bukan hanya pemerintahan yang bisa jatuh, tapi negara juga bisa runtuh.

"Jika demokrasi tidak jalan, pemerintah akan jatuh, kata Jusuf Kalla. Tetapi bisa juga terjadi sebaliknya: jika demokrasi (yang tidak ideal ini) dijalankan, negara yang akan runtuh," kata Yusril Ihza Mahendra dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/2/2021).

Yusril adalah pakar hukum tata negara, mantan menteri, sekaligus Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB).

Demokrasi yang bisa bikin negara runtuh, menurut Yusril, adalah demokrasi seperti yang ada di Indonesia sekarang ini. Contohnya konsep bernegara selalu dibongkar-pasang, yakni konsep pemilu lima tahun sekali, sistem kepartaian, hingga pengelolaan kekayaan negara antara pusat dan daerah.

"Pengelolaan kekayaan negara antara pusat dan daerah juga sama, bongkar-pasang terus. Konsep demokrasi akhirnya menjadi permainan kekuasaan untuk melanggengkan kekuasaannya sendiri. Siapa kuat, dia menang dan berkuasa. Siapa lemah akan kalah dan tersingkir," kata Yusril.

Dia juga memandang kekuatan uang sangat menentukan demokrasi di Indonesia. Demokrasi semacam ini tidak cuma bisa menjatuhkan pemerintahan, tapi juga bisa meruntuhkan negara.

"Demokrasi kita sekarang bergantung pada kekuatan baru: kekuatan uang dan modal. Apa demokrasi seperti ini yang mau dijalankan? Kalau demokrasi seperti itu tidak dijalankan pemerintah akan jatuh, ya mungkin saja. Tetapi, jika demokrasi semacam itu dijalankan, maka negara yang akan runtuh," kata Yusril.

"Demokrasi kita sekarang ini bagi saya tidak jelas. Kita sepertinya ingin liberal, tetapi secara sosiologis dan antropologis, kita belum siap untuk itu," kata Yusril.

Sebelumnya, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Indonesia JK menyampaikan pandangannya. Dalam demokrasi, kontrol terhadap pemerintah adalah hal yang perlu demi terjaminnya hak-hak masyarakat. Kontrol terhadap pemerintah membuat demokrasi berjalan baik. Demokrasi yang tidak berjalan dengan baik bisa membuat pemerintah jatuh, sebagaimana pengalaman Orde Lama dan Orde Baru.

"Tanpa kontrol (terhadap) pemerintah, maka demokrasi tidak akan berjalan. Kita lihat pengalaman-pengalaman kita seperti Orde Lama-Orde Baru, semua paham itu jatuh pada saat demokrasi tidak berjalan dengan baik, ekonomi menjadi sulit, dan sebagainya," kata Jusuf Kalla dalam diskusi virtual di kanal PKSTVRI.


s: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Yusril Pertanyakan JK Soal 'Demokrasi Tak Jalan'
Yusril Pertanyakan JK Soal 'Demokrasi Tak Jalan'
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzkx-995ALCGQ9xyx7M-Xj4IGQzyduGjYFuqH_03MJ539KfSTSXc5g66HGbQBwFxXBXBYuETq2mXN7cRUorFMd-4QTgnijlagjUv-29pid5-HixnjzOgvzojC5T8lWh0axNWPNlRjqgrPM/w640-h448/yusril-kafir-6_43.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzkx-995ALCGQ9xyx7M-Xj4IGQzyduGjYFuqH_03MJ539KfSTSXc5g66HGbQBwFxXBXBYuETq2mXN7cRUorFMd-4QTgnijlagjUv-29pid5-HixnjzOgvzojC5T8lWh0axNWPNlRjqgrPM/s72-w640-c-h448/yusril-kafir-6_43.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/yusril-pertanyakan-jk-soal-demokrasi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/yusril-pertanyakan-jk-soal-demokrasi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy