$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Adem! Masjid-Gereja Berdampingan, Pengurus Masing-masing Kakak Beradik

INDONESIAKININEWS.COM -  Sebuah desa di lereng Gunung Muria Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ternyata menyimpan kehidupan yang memiliki toleran...




INDONESIAKININEWS.COM - Sebuah desa di lereng Gunung Muria Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ternyata menyimpan kehidupan yang memiliki toleransi yang tinggi. Di sana terdapat tempat ibadah masjid dan gereja yang lokasinya berdampingan.

Desa itu adalah Desa Tempur Kecamatan Keling. Lokasinya berjarak 51 kilometer dari pusat Kota Jepara atau sekitar 1 jam 32 menit dengan berkendara sepeda motor.

Untuk sampai di sana melewati jalan yang berliku. Terutama dari Kecamatan Keling. Jalannya naik turun disertai pemandangan yang masih hijau.

Sesampai di lokasi, tepatnya Dukuh Pekoso Desa Tempur terdapat masjid dan gereja yang bersebelahan. Nama gereja itu Gereja Injil Tanah Jawa dan Masjid Nurul Hikmah.
 
Menariknya mereka dapat hidup rukun dan nyaman meski berbeda keyakinan dan agama. 

Bahkan di beberapa kegiatan hingga saat perayaan hari besar mereka hidup berbaur menjadi satu.

"Di situ ada monumen ciri khas. Yakni satu masjid, dan satu gereja itu berdampingan.

 Itu sebagai bukti, hidup berdampingan tidak ada perbedaan," kata Kades Tempur, Mariyono saat ditemui di lokasi, Jumat (1/4/2021).

Mariyono menuturkan Desa Tempur termasuk desa yang memiliki rasa toleransi tinggi. Di desa tersebut mayoritas beragama Islam. Meskipun perbedaan keyakinan namun bisa hidup secara berdampingan.

"Tempur termasuk desa toleransi sangat tinggi, karena di wilayah presentasi 98 persen adalah Islam. Sisanya (beragama) Kristen," terang dia.

Dia pun mencontohkan saat perayaan hari besar mereka pun saling menghormati. Selain itu sehari-hari pun warga yang memiliki perbedaan agama tetap membaur bersama-sama.

"Tolong menolong di sisi sosial saling melengkapi kami tidak membeda-bedakan dari sisi agama, lebih mengedepankan kebersamaan warga. 

Warga non muslim saat raya Idul Fitri juga ikut berkunjung ke tempat rumah-rumah keluarga muslim yang merayakan.

 Misalkan natal kita juga teman muslim bergotong royong pelaksanaan, terutama Banser ikut merayakan perayaan. 

Ini menunjukkan toleransi, perbedaan tidak menjadi masalah," lanjut Mariyono.

Menurutnya di Desa Tempur terdapat 3.575 jiwa dan ada enam dukuh. Masyarakat secara administrasi beragama Islam dan Kristen. Menurutnya selama ini tidak ada konflik di lingkungan masyarakat.
 
"Secara administrasi di kependudukan hanya dua, islam dan Kristen. Di tempur ada enam dukuh. 

Jumlah jiwa saat ini 3.575 jiwa. Untuk sampai saat ini itu konflik tidak ada dengan latar belakang agama. Itu terbukti kami hidup berdampingan," ujar Mariyono.

Dia pun berharap agar ke depan bisa menjadi contoh bentuk toleransi antar beragama di Indonesia. Dia meminta meski berbeda namun tetap satu yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Walaupun kami hidup di pelosok terpencil di sini, ini menjadi terbuka teman kita di luar sana, bahwa perbedaan itu indah, menjadi rahmat, kita dipersatukan negara Indonesia. Jangan dijadikan perbedaan mencerai beraikan memisahkan satu dengan lainnya," harapnya.

Terpisah Pendeta Gereja Injil Tanah Jawa, Suwadi mengatakan masyarakat di Desa Tempur memiliki rasa toleransi yang tinggi. Ini terbukti dengan adanya bangunan gereja dan masjid yang letaknya bersebelahan.

"Toleransi di Desa Tempur sangat bagus sekali, sampai sekarang. Kalau ada bangunan (kerja bakti) di gereja, (yang) muslim ikut adil. 

Bukan hanya tenaga, material juga ikut juga andil, tenaga juga adil. Kalau ada (kerja bakti) masjid juga ikut andil sebaliknya," terang Suwadi ditemui di lokasi.

"Aktivitas sehari-hari saling membantu dan menghargai. Secara alamiah sejak dulu sampai sekarang," lanjut dia.


Menurutnya gereja dan masjid sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Gereja dibangun sekitar tahun 1988 dan masjid baru tahun 2003. Menurutnya masjid yang menjadi penasihat pengurus adalah kakaknya.

"Ya dulunya itu kan memang gereja sendiri ya. Gereja dulu sekitar tahun 1988. 

Selang sekitar 12 tahun baru ada masjid. Kakak yang di masjid, yang gereja ini saya," jelasnya.

Pengurus Masjid Nurul Hikmah, Abu Abdillah menambahkan selama ini masyarakat di Desa Tempur hidup secara berdampingan. 

Meski terdapat perbedaan keyakinan. Mereka hidup saling menghargai dan damai.

"Rukun-rukun saja antar dua agama, tidak saling berpendapat lain.

 Kalau ada kerja bakti. Misalkan masjid membangun, orang kristiani membantu, tapi sebaliknya ada gereja umat islam kita juga membantu.

 Saling sesama lah. Artinya rukun damai tidak ada masalah apa-apa," tambah Abu.


 

S: Tribunnews



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Adem! Masjid-Gereja Berdampingan, Pengurus Masing-masing Kakak Beradik
Adem! Masjid-Gereja Berdampingan, Pengurus Masing-masing Kakak Beradik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAnKL3mx3PZQYJWg3r_89ajVWy6jLu9vKgGv-wYUhvJdjHkLEaudLCzjvycmRGvRvinDmewPTIaKV4LfbS1GyeYFBWm7YRi1-AdlmUxl7_N1kwVWiMN02MFd8yGt3_UQCoWgDwUPbpIH0/w640-h362/Screenshot_2021-04-02-20-13-49-26.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAnKL3mx3PZQYJWg3r_89ajVWy6jLu9vKgGv-wYUhvJdjHkLEaudLCzjvycmRGvRvinDmewPTIaKV4LfbS1GyeYFBWm7YRi1-AdlmUxl7_N1kwVWiMN02MFd8yGt3_UQCoWgDwUPbpIH0/s72-w640-c-h362/Screenshot_2021-04-02-20-13-49-26.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/adem-masjid-gereja-berdampingan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/adem-masjid-gereja-berdampingan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy