$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ingat Xanana Gusmao, Eks Presiden Timor Leste? Kini Pikul Kardus Pakai Kaos, Ngaku Ditolong Tuhan

INDONESIAKININEWS.COM -  Masih ingat mantan presiden Timor Leste Xanana Gusmao yang dikenal sebagai sahabat Presiden RI almarhum BJ Habibie?...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Masih ingat mantan presiden Timor Leste Xanana Gusmao yang dikenal sebagai sahabat Presiden RI almarhum BJ Habibie?

Kini hidup sebagai warga negara biasa, Xanana Gusmao tampak membantu warga di Dili.

Xanana Gusmao terlihat memikul kardus dengan memakai kaos oblong yang sedang membantu warga korban banjir.

Sebagaimana, bencana banjir bandang juga terjadi di negara tetangga, Timor Leste.

Banjir Bandang itu bersamaan dengan yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Terjangan Banjir bandang melanda wilayah Timor Leste, dekat ibukota Dili.

Rumah-rumah warga setempat porak poranda hingga ada korban jiwa.

Bantuan pun berdatangan dari berbagai pihak. Tidak hanya petugas di lapangan, tapi juga dari sosok berpengaruh di negara pecahan Indonesia itu.

Mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, menjadi sosok menarik perhatian dalam upaya evakuasi dan pemberian bantuan pada korban banjir di Dili, Timor Leste.

Mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao. Tampak membantu warga korban banjir di Dilli, Timor Leste.

Xanana Gusmao turun langsung ke lapangan untuk membantu korban banjir, pada Sabtu-Minggu (3-4 April 2021). Fotonya saat memberikan bantuan pun menjadi viral di media sosial.

Xanana mengunjungi korban banjir di Dili, demikian dilansir media lokal Tatoli.tl pada Kamis (8/4/2021).

Warga pun sangat antusias dengan kedatangan eks presiden bernama lengkap Jose Alexandre Kay Rala Xanana Gusmao tersebut.

Kemudian dalam sebuah video di Facebook, tampak Xanana Gusmao turut mengangkat bantuan berupa kardus-kardus, karung yang diturunkan dari truk, dan keranjang biru.

Xanana Gusmao tetap turun tangan meski cuaca saat itu hujan.

Xanana turun langsung menyalurkan bantuan dari kota hingga ke pelosok.

Saat tiba di lokasi ia disambut warga yang sangat antusias dengan kedatangannya.

Ada pula foto warga yang membantu Xanana Gusmao berjalan di tanah becek dengan merangkulnya, serta memayungi pria kelahiran Manatuto, Timor Leste, itu.

Tatoli mewartakan, meski warga sangat antusias dengan kedatangan sahabat BJ Habibie tersebut, sang eks presiden justru merendah dengan berkata bahwa bantuan datang dari Tuhan.

"Tuhan Yesus-lah yang menyelamatkan kalian," ucap presiden Timor Leste 2002-2007 itu.

Xanana Gusmao juga berinisiatif menghubungi para pemilik bisnis di Timor Leste untuk membantu mengirim bantuan ke warga terdampak bencana alam.

Direktur Perusahaan Montana, Di'ak Lay Fu Seng, berkata dia bisa membantu dengan mengerahkan alat-alat berat.

Selain Xanana Gusmao, Raul Lemos suami Krisdayanti juga dilaporkan ikut membantu korban bencana alam yang dievakuasi ke Joao Paulo II, Tasi-Tolu, Dili, pada Selasa (6/4/2021).

Sosok Sahabat Almarhum Presdien BJ Habibie

Sosok Xanana Gusmao merupakan kerabat dari almarhum Presiden BJ Habibie.

Xanana Gusmao BJ Habibie mempunyai hubungan persahabatan yang baik.

Bahkan, pada saat BJ Habibie dirawat hingga dipanggil pulang sang Khalik, Xanana Gusmao memberikan doa serta belasungkawa ketika sang presiden berpulang.

Momen itu saat video mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie menjadi viral di dunia maya.

Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao mengunjungi kediaman almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie di Jalan Patra Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019) silam.

Xanana Gusmao mengatakan, kedatangannya ke rumah Presiden RI ketiga itu adalah mewakili pemerintah dan rakyat Timor Leste.


Ia menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Habibie pada Rabu (11/9/2019).

"Saya membawa pesan untuk keluarga Pak Habibie, menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya untuk keluarga," ujar Xanana.

Baginya dan rakyat Timor Leste, Habibie merupakan figur yang menginspirasi. Terutama lewat sains dan teknologi.

"Rakyat Timor Leste melihat Pak Habibie sebagai inspirator. Dengan sains dan teknologi, kita bisa memegang peranan," kata dia.

Bahkan waktu lalu sempat viral di media sosial sebuah video berdurasi 16 detik terlihat mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao tersebut menjenguk Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

Sebuah video yang menggambarkan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie menjadi viral di dunia maya.

Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center, Dewi Fortuna Anwar mengatakan, peristiwa itu terjadi di kamar perawatan Habibie di RSPAD Gatot Soebroto pada akhir Juli 2019 lalu.

"(Peristiwanya tanggal) 22 Juli 2019, pukul 10.00-11.00," kata Dewi saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (12/9/2019) sore.

Dalam video itu Xanana yang mengenakan kemeja batik tampak berada di samping tempat tidur tempat Habibie berbaring.

Xanana Gusmao terlihat sedikit membungkukkan badannya sehingga kepala Xanana dan Habibie hampir sejajar.

Keduanya bertatapan ketika Xanana Gusmao mengucapkan beberapa kata sambil menepuk-nepuk bagian dada Habibie yang tertutup selimut.

Setelah itu, Xanana mengecup dahi Habibie yang dibalas dengan pelukan Habibie.

Tangan Habibie tampak merangkul leher Xanana yang membuat kepala Xanana jatuh ke atas dada Habibie.

BJ Habibie kemudian terlihat mengelus tengkuk kepala Xanana Gusmao.

Video berdurasi sekira 16 detik itu pun terasa sangat mengharukan dan viral setelah dibagikan oleh akun Facebook Alberto XP Carlos.

Dewi menuturkan, peristiwa itu disaksikan oleh beberapa orang, antara lain Duta Besar Timor Leste Alberto Xavier Parreira Carlos serta beberapa kerabat Habibie lainnya.

Dalam akun Facebook-nya, Alberto juga mengunggah momen haru tersebut pada Kamis pagi tadi.

"OUR DEEPEST CONDOLENCES. We will always remember you, BAPAK," tulis Alberto dalam unggahannya.

Xanana Gusmao memang mempunyai hubungan yang cukup spesial dengan Habibie.

Dia sempat menjadi tahanan politik pada masa pemerintahan Soeharto.

Kemudian, dia bebas pada masa kepresidenan BJ Habibie yang menggantikan Soeharto selepas berakhirnya Orde Baru.

Di samping itu, Habibie juga punya peran dalam kemerdekaan Timor Leste.

Pada 1999, digelar referendum di provinsi Timor Timur yang menghasilkan warga Timor Timur ingin merdeka memisahkan diri dari Indonesia. (Tribunnews.com)


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ingat Xanana Gusmao, Eks Presiden Timor Leste? Kini Pikul Kardus Pakai Kaos, Ngaku Ditolong Tuhan
Ingat Xanana Gusmao, Eks Presiden Timor Leste? Kini Pikul Kardus Pakai Kaos, Ngaku Ditolong Tuhan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpFh3oDHM5SZr5NxXdALjLM6UgzuhpIA3MfcOAUmxaS68cjQWjUqkqNnpa3n67pw0XFcbwLoDNv4ClwuTBRN31X5RWy9Cjuub4VN_URzFRO-bNUxScveS2zMUOyey5HKkKiTnPDmORDS4/w640-h360/Screenshot_2021-04-09-21-30-54-09.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpFh3oDHM5SZr5NxXdALjLM6UgzuhpIA3MfcOAUmxaS68cjQWjUqkqNnpa3n67pw0XFcbwLoDNv4ClwuTBRN31X5RWy9Cjuub4VN_URzFRO-bNUxScveS2zMUOyey5HKkKiTnPDmORDS4/s72-w640-c-h360/Screenshot_2021-04-09-21-30-54-09.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/ingat-xanana-gusmao-eks-presiden-timor.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/ingat-xanana-gusmao-eks-presiden-timor.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy