$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kenapa Tak Ada Satupun Alfamart atau Indomaret di Padang? Ini Alasan Tegas Pemda

INDONESIAKININEWS.COM -  Kota Padang, Sumatera Barat cukup unik karena tak memiliki satupun gerai minimarket Alfamart atau Indomaret. Hal in...



INDONESIAKININEWS.COM - Kota Padang, Sumatera Barat cukup unik karena tak memiliki satupun gerai minimarket Alfamart atau Indomaret.

Hal ini sangat berbeda dengan kota lain.

Sebab, baik kota besar maupun kota kecil biasanya punya gerai minimarket waralaba terkenal itu.

Alasan kenapa di kota besar seperti Bukittinggi, Padang dan daerah sekitarnya tak ada satupun minimarket waralaba seperti Alfamart, Indomaret, Lawson maupun 7Eleven ternyata memiliki tujuan tersendiri.

Ternyata toko retail 'raksasa' tersebut tidak diizinkan oleh pemerintah daerah masuk ke Sumatera Barat.

Pemda setempat memang melarang minimarket waralaba tersebut beroperasi, sebab ada kekhawatiran keberadaanya dapat mematikan keberadaan pedagang tradisional.

Hal tersebut pernah dikemukakan oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Ia memastikan tidak akan memberikan izin kepada jaringan waralaba Indomaret dan Alfamart untuk membuka gerainya di Kota padang.

Menurut dia, kehadiran kedua waralaba tersebut dapat merusak ekonomi daerah nantinya.

"Indomaret dan Alfamart tidak dikeluarkan izinnya karena akan merusak ekonomi daerah," kata Mahyeldi beberapa waktu lalu.

Dengan suasana toko yang modern, terang, ber-AC, barang yang tertata apik, aneka barang yang cukup lengkap, dan harga jual yang pasti, tentunya membuat orang lebih suka berbelanja di minimarket waralaba tersebut.
 
Minimarket waralaba sering dituding sebagai penyebab warung-warung atau toko kelontong menjadi sepi pembeli.

Hukum alam pun berlaku bahwa yang kuat yang akan menang, yang kalah akan tersisih.

Apalagi orang Minang sejak dulu terkenal dengan jiwa dagangnya, sehingga larangan membuka gerai minimarlet waralaba bertujuan untuk melindungi keberadaan pedagang tradisional yang notabene penduduk asli.

Namun bukan berarti tidak ada minimarket sama sekali di sana, ada juga minimarket tetapi sifatnya milik perorangan dan bukan waralaba. Minimarket tersebut biasa disebut toserba, atau toko serba ada.

Wali kota mengatakan Kota Padang ke depannya justru akan merancang "Halal Mart".

Dimana seluruh barang yang dijual berasal dari Kota Padang sendiri.

Kenapa Indomaret dan Alfamart Banyak yang Berdekatan?

Melansir Kompas.com, di sejumlah tempat, sering ditemukan gerai toko ritel modern seperti Indomaret yang letaknya berdekatan dengan Alfamart, begitu pula sebaliknya.

Bahkan, tidak sedikit dari kedua gerai tersebut yang bahkan letaknya bersebelahan persis tanpa diselingi oleh toko lain.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut Regional Franchise Manager Indomaret, Muhammad Agus Noviyanto, hal tersebut wajar sebagai salah satu bentuk persaingan usaha yang sehat.
 
"Kalau kami lihat, (pemain) ritel minimarket kan Indomaret, Alfamart. Kalau berdekatan, mungkin karena sama-sama melihat potensi pasar (di lokasi tersebut)," kata Agus saat berbincang dengan Kompas.com dalam acara International Franchise, License and Business Concept Expo and Conference atau IFRA 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat (20/7/2018) lalu.

Agus menjelaskan, dalam hal melihat potensi pasar yang menjanjikan untuk toko ritel modern, Indomaret sudah memiliki ukuran tersendiri.

Rata-rata, Indomaret banyak dibuka di area perumahan, apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, bandara, stasiun kereta api, hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Baca berita terbaru lainnya di Google


 

S: Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kenapa Tak Ada Satupun Alfamart atau Indomaret di Padang? Ini Alasan Tegas Pemda
Kenapa Tak Ada Satupun Alfamart atau Indomaret di Padang? Ini Alasan Tegas Pemda
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAX0TCUeG5B4L0p1YxuPN3dA_t8a5YCMWVJ4P7giuOhnwCSxtsJ2Jd7f6Rrrjgvmpqu1iXkEYU4spuJvI_iLq3Lrd3BWw0lRPq2DBAN59d05cibBL_NeMEovFskOSAGZL5JjH1kHsji1M/w640-h356/Screenshot_2021-04-06-22-10-08-38.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAX0TCUeG5B4L0p1YxuPN3dA_t8a5YCMWVJ4P7giuOhnwCSxtsJ2Jd7f6Rrrjgvmpqu1iXkEYU4spuJvI_iLq3Lrd3BWw0lRPq2DBAN59d05cibBL_NeMEovFskOSAGZL5JjH1kHsji1M/s72-w640-c-h356/Screenshot_2021-04-06-22-10-08-38.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/kenapa-tak-ada-satupun-alfamart-atau.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/kenapa-tak-ada-satupun-alfamart-atau.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy