$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

'Merinding, Merangkak Pegang Pintu' Kesaksian Awak Kapal Alami Blackout di KRI Nanggala 402: Putus

INDONESIAKININEWS.COM -  Inilah kesaksian awak kapal alami blackout di KRI Nanggala 402. Saat bercerita, sang awak kapal mengaku merinding m...



INDONESIAKININEWS.COM - Inilah kesaksian awak kapal alami blackout di KRI Nanggala 402.

Saat bercerita, sang awak kapal mengaku merinding mengingat kejadian di KRI Nanggala 402 kala itu.

Lalu, terungkap penyebab blackout KRI Nanggala 402 di masanya itu.

Cerita menegangkan itu dibagikan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Muda Iwan Isnurwanto.
 
Dalam konferensi pers, Selasa (27/4/2021), Iwan menyampaikan, dirinya pernah mengalami situasi blackout saat menjadi awak KRI Nanggala 402.

"Saya waktu mengawaki Nanggala pun pernah mengalami hal yang serupa namanya blackout," kata Iwan, dikutip TribunJatim.com dari Kompas.com, Rabu (28/4/2021).

Iwan bercerita, situasi blackout itu terjadi pada tengah malam ketika ia sedang beristirahat di tempat tidur bertingkat.

Iwan yang berada di tempat tidur tingkat tiga pun langsung melompat karena kapal mulai miring dan 'merosot' dalam waktu cepat.

"Posisinya adalah yang belakang ini langsung turun sampai (kemiringan) 45 derajat bisa lebih, langsung (turun) begini, tidak sampai dengan 10 detik itu (turun) sampai dengan 90 meter," kata Iwan.

Kondisi dalam kapal pun gelap dan menyisakan lampu darurat yang masih menyala.

Iwan menuturkan, saat itu komandan kapal memerintahkan awak untuk bergerak menuju haluan kapal atau bagian depan kapal dengan merangkak karena kapal miring 45 derajat.

"Jadi lorong itu kita merangkak, mohon maaf ini saya merinding semua karena saya pernah mengalaminya, merangkak megang itu pintu-pintu itu sampai ke depan," ujar Iwan.

Masalah tersebut akhirnya diatasi setelah kepala kamar mesin (KKM) yang saat itu bertugas menghembuskan tangki pemberat pokok dan tangki tahan tekan sehingga kapal selam bergerak naik.

Iwan mengatakan, kapal selam saat itu mengalami blackout karena ada salah satu sekring (fuse) yang terputus.

"Apa masalahnya? Ada satu fuse yang putus, padahal kita enggak tahu fuse itu di mana. Tapi karena kecanggihan KKM pada saat itu, langsung bisa ketahuan langsung bisa diperbaiki. Alhamdulillah saat itu," kata Iwan.

KRI Nanggala-402 pertama kali diketahui hilang kontak pada Rabu (21/4/2021).

Pada Minggu (25/4/2021), KRI Nanggala-402 dinyatakan berstatus subsunk (tenggelam).

Hingga kini, tim SAR masih terus berusaha untuk mengangkat bangkai kapal ke permukaan. Rencananya, 53 jenazah personel KRI Nanggala-402 akan dievakuasi ke Surabaya, Jawa Timur.

TNI AL pun memastikan akan melanjutkan proses evakuasi KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan tenggelam di perairan utara Bali itu.

Kendati demikian proses evakuasi badan kapal selam buatan Jerman itu tak mudah lantaran berada di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut.
 
Badan KRI Nanggala-402 juga terbelah menjadi tiga bagian.

Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Muhammad Ali mengatakan rencana evakuasi KRI Nanggala-402 tengah disiapkan secara matang.

Ia mengatakan terdapat sejumlah metode yang bisa digunakan untuk mengangkat badan KRI Nanggala-402.

Di antaranya yakni dengan mengaitkan badan kapal selam lalu diangkat ke permukaan laut secara perlahan dengan menggunakan mesin pengangkat maupun balon udara.

Namun, ia menekankan, metode-metode yang akan digunakan sangat bergantung pada kedalaman laut tempat kapal selam tersebut berada.

"Ini juga sangat mempengaruhi faktor tingkat kesulitan dari pengangkatan kapal tersebut," ujar Ali, dikutip TribunJatim.com dari Kompas.com.

Selain soal kedalaman, kondisi kapal yang sudah terbelah menjadi tiga bagian juga berpengaruh pada upaya mengangkat kapal.

"Kalau sudah hancur agak sulit mungkin untuk mengangkat, mungkin angkatnya seperti Kursk (kapal selam Rusia) itu, dia dirusak sekalian tapi dia bisa terangkat sebagian besar," kata dia.

Ia menambahkan, upaya mengangkat kapal selam dari bawah laut juga membutuhkan kerja sama dengan negara-negara lain, berkaca dari upaya Rusia saat mengangkat kapal selam Kursk yang tenggelam pada 2000 lalu

Adapun sejumlah kapal bantuan dari negara lain telah tiba dan turut membantu proses pencarian KRI Nanggala-402.

Salah satunya yakni MV Swift Rescue milik Angkatan Laut Singapura.

"Jadi selain dengan asetnya sendiri, dibantu oleh aset dari luar, itu negara sekelas Rusia yang sudah membuat kapal selam dan mengoperasikan kapal selam," ujar Ali.

Berita lain terkait Kapal Selam KRI Nanggala 402 Tenggelam

 

S: Tribunnews


Name

Berita,14433,H,4,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,10,Nasional,14304,News,72,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: 'Merinding, Merangkak Pegang Pintu' Kesaksian Awak Kapal Alami Blackout di KRI Nanggala 402: Putus
'Merinding, Merangkak Pegang Pintu' Kesaksian Awak Kapal Alami Blackout di KRI Nanggala 402: Putus
https://1.bp.blogspot.com/-8YAZCWedPVo/YIl7oQOdW-I/AAAAAAAAM_U/T6GXCsi54WAUwBY0AnFrFW4HsxyEuXOeQCLcBGAsYHQ/w640-h364/Screenshot_2021-04-28-22-11-36-76.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8YAZCWedPVo/YIl7oQOdW-I/AAAAAAAAM_U/T6GXCsi54WAUwBY0AnFrFW4HsxyEuXOeQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h364/Screenshot_2021-04-28-22-11-36-76.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/merinding-merangkak-pegang-pintu.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/merinding-merangkak-pegang-pintu.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy