$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pengamat Sebut Anies Perlu Waspadai Gibran di Pilpres 2024: Dia Kuda Hitam, Bisa Menyalip Tiba-tba

INDONESIAKININEWS.COM -  Sosok Gibran Rakabuming Raka dinilai masih menjadi kuda hitam dalam kancah Pilpres 2024 yang bakal diisi pertarunga...



INDONESIAKININEWS.COM - Sosok Gibran Rakabuming Raka dinilai masih menjadi kuda hitam dalam kancah Pilpres 2024 yang bakal diisi pertarungan tokoh-tokoh nasional. 

Sebut saja, Anies Baswedan, Susi Pudjiastuti, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil. 

"Saat ini Gibran masih diperhitungkan sebagai kuda hitam," kata pengamat psikologi dan politik UNS, Abdul Hakim kepada TribunSolo.com, Senin (26/4/2021).
 
"Dan, dalam karier politiknya yang singkat, dia terbukti pintar membangun dan menangkap momentum," tambahnya. 

Hakim mengibaratkan Gibran seperti sosok striker di dunia sepak bola, layaknya Ronaldo. 

Putra sulung Joko Widodo (Jokowi) tersebut mampu membangun momentum dengan cepat. 

"Gibran tidak butuh waktu bertahun-tahun untuk menyiapkan dan menggerakkan mesin-mesin elektoralnya seperti kandidat lain," ucap dia. 

"Gibran bisa muncul tiba-tiba lalu menyalip capres lainnya," tambahnya. 

Efek kuda hitam yang dimiliki Gibran perlu diantisipasi para kandidat calon presiden, termasuk Anies. 

Anies mungkin sedikit diuntungkan dengan sejumlah dukungan yang mulai merapat ke dirinya. 
 
Tak terkecuali, Billy Haryanto, pengusaha beras sekaligus pernah mendukung Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019 serta Gibran. 

Ia dirasa memahami peta kekuatan jejaring Gibran dan PDI Perjuangan di tingkat akar rumput. 

"Keberhasilan Anies menggaet Billy bisa dibaca sebagai strategi untuk mengantisipasi efek kuda hitam Gibran juga," ujar dia.

"Orang-orang seperti Billy bisa membantu Tim Sukses Anies untuk mendeteksi efek kuda hitam Gibran sejak dini, sehingga tidak mudah disalip di tikungan," tambahnya.

Pengaruhi Suara di Jateng

Dukungan demi dukungan untuk Anies Baswedan maju dalam Pilpres 2024 semakin mengalir.

Apalagi semenjak nama Gubernur DKI Jakarta itu sering nangkring dalam hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga riset. 

Nama Anies acapkali disejajarkan dengan tokoh-tokoh nasional, diantaranya Susi Pudjiastuti, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil. 

Tentu itu bisa menjadi faktor stimulus bagi sejumlah pihak untuk mendukung Anies melenggang ke ring Pilpres 2024.

Termasuk dari wilayah Sragen. Itu muncul dari sosok pengusaha beras, Billy Haryanto.
 
Dukungannya bukan suatu hal yang biasa mengingat ia pernah mendukung Jokowi saat Pilpres 2014 dan 2019, serta sang putra, Gibran Rakabuming Raka.

Munculnya dukungan Billy ditanggapi Pengamat Psikologi dan Politik UNS Solo, Abdul Hakim. 

Menurutnya, dukungan itu memperlihatkan cairnya garis politik di kalangan pemilih nasionalis. 

"Hal ini tidak terlepas dari klaim semua calon presiden yang mengusung agenda politik kebangsaan, termasuk Anies," kata Hakim kepada TribunSolo.com, Senin (26/4/2021).

"Tapi diantara nama-nama capres yang muncul, Anies adalah sosok yang dikenal paling dekat dengan para pemilih kalangan Islam-ideologis," tambahnya. 

Karakter pemilih tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi Anies dengan tidak mudahnya mereka berganti pilihan. 

Ditambah dengan dukungan Billy, itu bisa melebarkan pengaruh Anies diantara para pemilih nasionalis, termasuk basis pendukung Jokowi. 

"Di kalangan pengusaha, pilihan politik umumnya besifat pragmatis. Pilihan Pak Billy mendukung Anies tentu sudah didasari perhitungan untung rugi," ucap Hakim. 

Perhitungan tersebut berkaitan juga soal Solo Raya yang dikenal sebagai kandang banteng serta salah satu penentu kemenangan Pilpres di samping Jawa Timur. 

Ditambah, pengaruh Anies yang belum kuat di wilayah tersebut. 

Hakim mengatakan, Anies belum diterima secara politik oleh warga nahdliyyin Jawa Timur dan pemilih nasionalis di Jawa Tengah.

"Dukungan Pak Billy seolah menjadi opening salvo atau tembakan pembuka Anies untuk merebut hati pemilih nasionalis di kandangnya, yaitu Jawa tengah, khususnya daerah Solo Raya," kata dia. 

"Dan, saya kira itu strategi untuk memecah suara pemilih nasionalis. Bahwa tidak semua pendukung Jokowi selalu sejalan dengan PDIP," tambahnya. 

Ditambah lagi, sosok yang diajukan PDI Perjuangan dalam Pilpres 2024 sampai saat ini belum ditentukan. Bahkan, itu diprediksi kurang 'sekaliber' Jokowi.

Meskipun ada sosok Ganjar Pranowo yang digadang-gadang bakal menjadi rival terberat Anies disamping Ridwan Kamil. 

"Pilpres 2024 adalah pertarungan elektoral terbuka, karena tidak ada kandidat incumbent," ucap dia. 

"Sejauh ini suara pemilih PDIP, khususnya di Jawa Tengah, masih solid mendukung Ganjar. Jika strategi memecah suara PDIP di Jateng berhasil, itu akan berpengaruh besar pada elektabilitas Ganjar," tambahnya. (*)

 

S: Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pengamat Sebut Anies Perlu Waspadai Gibran di Pilpres 2024: Dia Kuda Hitam, Bisa Menyalip Tiba-tba
Pengamat Sebut Anies Perlu Waspadai Gibran di Pilpres 2024: Dia Kuda Hitam, Bisa Menyalip Tiba-tba
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgd-4RsKjosD_4YlxScPIW6F0oSXO87RB7tuq7IwBPdZYAtEj8Fwa7o158ma-iQmn3R3LAj5l-4evOECE-_t5SUL79y8DdPNOJAMptR8u8yIKfhxzHllLzLsQZqbh7zTI1P8wnSaqHrs4/w640-h346/Screenshot_2021-04-26-19-07-12-76.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgd-4RsKjosD_4YlxScPIW6F0oSXO87RB7tuq7IwBPdZYAtEj8Fwa7o158ma-iQmn3R3LAj5l-4evOECE-_t5SUL79y8DdPNOJAMptR8u8yIKfhxzHllLzLsQZqbh7zTI1P8wnSaqHrs4/s72-w640-c-h346/Screenshot_2021-04-26-19-07-12-76.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/pengamat-sebut-anies-perlu-waspadai.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/pengamat-sebut-anies-perlu-waspadai.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy