$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Anies Baswedan Tersandung Korupsi, Blak-blakan Novel Baswedan Buka Suara

INDONESIAKININEWS.COM -  Penyidik senior KPK Novel Baswedan terkesan menjadi musuk bersama kelompok anti-korupsi.  Mulai dari teror air kera...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Penyidik senior KPK Novel Baswedan terkesan menjadi musuk bersama kelompok anti-korupsi. 

Mulai dari teror air keras, taliban hingga disebut melindungi sepupunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dituding korupsi.

Terkait semua tudingan tersebut, Novel menjelaskan bahwa pola kerja di KPK berlapis dan masing-masing bekerja dengan integritas, tanpa intervensi. 

Di sana ada direktorat pengaduan, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan lainnya.

Hasil penyelidikan untuk ditingkatkan menjadi penyidikan, kata dia, harus melalui mekanisme expose. Di forum itu akan hadir satgas penyidikan, penuntutan, para direktur, deputi, hingga pimpinan KPK.

Dalam forum ekspose yang selalu berlangsung terbuka biasa diwarnai perdebatan. Semua merujuk Pasal 44 yang menyebutkan soal syarat terpenuhinya 2 bukti untuk sebuah penyelidikan dapat naik ke penyidikan. Semua bisa diukur, direkam, dan ada notulensinya.

"Saya sebagai penyidik bisa turun ketika penyelidik sudah mulai bekerja. Tetapi ketika mereka sedang bekerja, saya tidak bisa mengatakan maju atau mundur, berhenti atau dan lain-lain. Itu mekanisme dilakukan oleh masing-masin bidang pekerjaan di bawah kendali dari strukturalnya," jelas Novel seperti dikutip detik.com , Rabu (19/5/2021).

"Jadi kalau dikatakan bahwa ada yang mengatur dan lain-lain itu sulit dipahami, artinya itu khayalan saja," kata Novel Baswedan yang pernah berdinas di kepolisian.

Terkait dugaan korupsi di Pemprov DKI yang disebut-sebut melibatkan Gubernur Anies Baswedan, Novel tak menjelaskan apakah benar ada pengaduan resmi terkait isu tersebut. 

Hanya saja bila memang ada dan lanjut ke tahap penyidikan, dapat dipastikan bahwa dirinya tak akan ikut serta menangani perkara tersebut.

"Saya harus mengatakan diri saya conflict of interest, sehingga saya tidak boleh menangani. Karena conflict of interest itu bukan berarti tidak mampu mengendalikan integritas ya, tetapi itu suatu keadaan dalam rangka melindungi integritas agar dapat terjaga," jelasnya.

Soal mekanisme penanganan perkara itu diakui Novel menjadi salah satu pertanyaan dalam tes wawasan kebangsaan. 

Kepada si penguji dia menjelaskan hal serupa, dan menegaskan bahwa si pemberi informasi seolah dirinya menentukan sendiri penyidikan di KPK adalah sangat tidak benar.

S:Bizlaw


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Anies Baswedan Tersandung Korupsi, Blak-blakan Novel Baswedan Buka Suara
Anies Baswedan Tersandung Korupsi, Blak-blakan Novel Baswedan Buka Suara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidnjWOmojq7o8i-SN_fNLSn77t-A0_ELoNTG7GKmWWckS7RgMtVb1K_fttMTzXV5p4-s6XJAsNouHkoi5FPnTdrxpIRUbQWfSZbXZ4uHXy6IZhrUuL9tcPqOkkvQG1vS6ZisvI8m7j1Aat/w640-h360/Screenshot_2021-05-19-19-41-25-43.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidnjWOmojq7o8i-SN_fNLSn77t-A0_ELoNTG7GKmWWckS7RgMtVb1K_fttMTzXV5p4-s6XJAsNouHkoi5FPnTdrxpIRUbQWfSZbXZ4uHXy6IZhrUuL9tcPqOkkvQG1vS6ZisvI8m7j1Aat/s72-w640-c-h360/Screenshot_2021-05-19-19-41-25-43.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/anies-baswedan-tersandung-korupsi-blak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/anies-baswedan-tersandung-korupsi-blak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy