$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

SEJARAH Menyebutkan AS Gentar dengan Denjaka, Elite Marinir TNI AL dengan Moto Satya Wira Dharma

INDONESIAKININEWS.COM -  Media sosial sempat digegerkan dengan informasi bahwa pasukan elite Angkatan Laut, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka...



INDONESIAKININEWS.COM - Media sosial sempat digegerkan dengan informasi bahwa pasukan elite Angkatan Laut, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), tiba di Papua untuk menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Dalam narasinya, beberapa akun Facebook juga menyebut Denjaka sebagai pasukan dengan "kekuatan misterius yang bikin angkatan laut Amerika gemetaran".

Posting itu diunggah pada Sabtu (1/5/2021) pukul 17.24 WIB, dan disebarluasakan berulang-ulang kali oleh pengguna yang berbeda di platform berbeda-beda dengan narasi yang serupa.

"Pasukan elit angkatan laut DENJAKA sudah sampai di tanah Papua. Kekuatan 1 Denjaka = 12 orang. Mempunyai kekuatan misterius yang bikin angkatan laut Amerika gemetaran," tulis dari salah satu akun Twitter.
 
Setelah ditelusuri, informasi di atas adalah hoax alias palsu.

Mengutip Kompas.com, Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) Kolonel Marinir Gugun Saeful Rachman pada Minggu (2/5/2021) turut membantah informasi tersebut.

"Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka TNI AL itu kan pasukan elite, itu latihan dan pergerakannya tidak dipublikasikan," ujar Gugun kepada Kompas.com, Minggu.

Gugun juga memastikan bahwa tibanya Denjaka di Papua untuk menumpas KKB adalah hoax.

Senada dengan Gugun, Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono juga secara langsung menegaskan kabar tersebut bohong.

Terlebih pergerakan Denjaka saat bertugas tidak akan disebarluaskan.

"Hoax. Denjaka pasukan siluman, tidak gembar-gembor dan tidak akan diinformasikan," ungkap Julius.
 
Lalu, siapa sebenarnya Denjaka?

Detasemen Jalamangkara (Denjaka) adalah pasukan amat terpilih dari Kopaska dan Taifib, ujar Julius Widjojono.

Dikutip dari Kompas.com, satuan ini berdiri pada 4 November 1982 dengan nama Pasukan Khusus AL (Pasusla).

Awalnya, pasukan dibentuk untuk menanggulangi ancaman aspek laut seperti terorisme, sabotase dan ancaman lain.

Perekrutan yakni dari personel Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang dilatih beberapa aspek laut.

Karena perkembangan pasukannya begitu mumpuni, pada 12 November 1984 terbentuk nama Detasemen Jalamangkara (Denjaka).

Detasemen ini menjadi satuan antiteror di bawah komando pelaksana Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan operasi antisabotase, antiteror aspek laut, Anti-bajak pesawat udara, perang kota/hutan/pantai/laut dan inteligen.

Melansir dari YouTube BETERINDO, dilaporkan bahwa Denjaka dikhususkan untuk satuan antiteror, tetapi mereka bisa dioperasikan di mana saja, terutama dalam aspek laut.

Denjaka dibentuk berdasarkan instruksi Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir No Isn.01/P/IV/1984 13 November 1984.

Selain sebagai Komando Pelaksana Korps Marinir yang berkedudukan langsung di bawah Dankormar, Denjaka juga merupakan pelaksana utama Panglima TNI.

Tugas pokok Denjaka sebagai Komando Pelaksana Korps Marinir yakni membina kekuatan dan kemampuan satuan Detasemen Jalamangkara.

"Sedangkan sebagai pelaksana utama Panglima TNI, dalam hal ini Kabais TNI selaku penyelenggaraan pembinaan kemampuan khusus, meliputi: operasi anti teror, anti sabotase dan operasi klandestin yang beraspek laut maupun operasi-operasi khusus lainnya," ujar laporan itu.

Pola rekrutmen Denjaka ini dimulai sejak pendidikan para dan komando.

Prajurit yang terpilih sebelum masuk ke Denjaka juga harus sudah berkualifikasi Intai Amfibi.

Dalam tugasnya, Denjaka pun dapat bergerak menuju sasaran permukaan/bawah laut maupun via udara.

Melansir laman tni.mil.id, Denjaka pernah beberapa kali melakukan latihan gabungan dengan US Navy Seals. Salah satunya pernah terjadi pada tahun 2006.

Saat itu, tepatnya 17 Juli hingga 30 Juli 2006, 30 personel Denjaka dan 15 personel US Navy Seals bertukar pengalaman taktik dan teknik dalam urutan kegiatan Latihan Kerja Sama Operasi Penangulangan Teror.

Adapun pasukan khusus berseragam hitam dan baret ungu ini, memiliki moto "Satya Wira Dharma".

(*)

 

S: Tribunnews


Name

Berita,16341,H,10,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,12,Nasional,16211,News,226,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: SEJARAH Menyebutkan AS Gentar dengan Denjaka, Elite Marinir TNI AL dengan Moto Satya Wira Dharma
SEJARAH Menyebutkan AS Gentar dengan Denjaka, Elite Marinir TNI AL dengan Moto Satya Wira Dharma
https://1.bp.blogspot.com/--b-zFLI7H00/YJaTN_vq0RI/AAAAAAAANXo/y_fdOYlTbZYEIbka9Rk0P12R5xL4kK0YACLcBGAsYHQ/w640-h364/Screenshot_2021-05-08-20-32-06-99.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--b-zFLI7H00/YJaTN_vq0RI/AAAAAAAANXo/y_fdOYlTbZYEIbka9Rk0P12R5xL4kK0YACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h364/Screenshot_2021-05-08-20-32-06-99.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/sejarah-menyebutkan-as-gentar-dengan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/sejarah-menyebutkan-as-gentar-dengan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy