$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

CEK FAKTA: Benarkah Fadli Zon Tak Tertolong atau Meninggal Dunia?

INDONESIAKININEWS.COM -  Beredar di media sosial, sebuah klaim yang seolah menyebut Anggota DPR RI Fadli Zon tidak bisa diselamatkan atau di...



INDONESIAKININEWS.COM - Beredar di media sosial, sebuah klaim yang seolah menyebut Anggota DPR RI Fadli Zon tidak bisa diselamatkan atau diasumsikan meninggal dunia.

Klaim tersebut dibagikan kanal YouTube bernama Teropong Istana dalam sebuah video yang mengabarkan kondisi Fadli Zon.

Dituliskan di sana sebuah narasi yang mengindikasikan bahwa Fadli Zon tidak bisa lagi diselamatkan atau dengan kata lain diasumsikan bahwa dia meninggal dunia.

Pada foto thumnail video, digunakan foto keadaan seperti di rumah sakit dengan adanya satu pasien yang terbarng di tempat tidur rumah sakit dan telah ditutupi kain selayaknya seseorang telah meninggal dunia
 
Baca Juga: Orang Tua Cerai, Momen Ayah Beri Kejutan Ulang Tahun Anak Bikin Terenyuh

Narasi:

"BERITA VIRAL - INNALILLAHI.. TAK KUASA MELIHATNYA TANGISAN KELUARGA TAK TERBENDUNG - BERITA TERBARU".

Lalu benarkah klaim tersebut?

Cek fakta Fadli Zon meninggal dunia (Turnbackhoax.id).
Cek fakta Fadli Zon meninggal dunia (Turnbackhoax.id).
PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang menyebut Fadli Zon meninggal dunia tersebut salah.


Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah MUI Mencantumkan Label Halal Untuk Asbak Rokok?

Setelah video diputar, hal yang disampaikan dalam video berbeda dengan narasi yang tertera dalam thumbnail. Pada video tersebut, pemilik channel YouTube Teropong Istana menjelaskan tentang kondisi Fadli Zon yang terindikasi positif terpapar Covid-19 meski telah melakukan vaksinasi untuk kedua kalinya.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidaklah ditemukan fakta Fadli Zon meninggal dunia. Namun fakta yang ada ialah benar bahwa Fadli Zon terpapar Covid-19 meski telah melakukan vaksin untuk kedua kalinya.

Menyadur solopos.com, dijelaskan bahwa Fadli Zon mengabarkan tentang kondisinya yang terpapar Covid-19 melalui akun Twitter-nya. Ia juga menyatakan bahwa Covid-19 itu nyata karena ia terpapar Covid-19 setelah menjalani vaksinasi sebanyak dua kali pada bulan Maret lalu.
 
Disadur dari kompas.com, wakil ketua umum partai Gerindra Habiburokhman juga menjelaskan bahwa kondisi Fadli Zon pada saat terindikasi positif Covid-19 dalam keadaan yang stabil. Akan tetapi, ia harus menjalani perawatan di rumah sakit untuk memaksimalkan pemulihannya.

Selain itu, menyadur detik.com, Fadli Zon juga melalui akun Twitter-nya meminta doa untuk kesehatannya serta mengajak masyarakat untuk tetap waspada dalam menjaga kesehatan, menjaga jarak, dan menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: Orang Tua Cerai, Momen Ayah Beri Kejutan Ulang Tahun Anak Bikin Terenyuh

Bahkan pada tanggal 8 Juni 2021 lalu, melalui akun Twitternya, Fadli Zon menyatakan bahwa swab yang dilakukannya pada pagi hari hasilnya negatif Covid-19.

Fadli Zon juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan serta tetap mengimbau agar tetap menjaga protokol kesehatan dan tidak mengabaikan adanya Covid-19 itu sendiri.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, disimpulkan bahwa informasi yang mengatakan Fadli Zon tidak tertolong dan telah meninggal dunia adalah salah.

Klaim tersebut masuk dalam hoaks kategori koneksi yang salah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah MUI Mencantumkan Label Halal Untuk Asbak Rokok?


 

S:Suara


Name

Berita,16296,H,10,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,12,Nasional,16166,News,196,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: CEK FAKTA: Benarkah Fadli Zon Tak Tertolong atau Meninggal Dunia?
CEK FAKTA: Benarkah Fadli Zon Tak Tertolong atau Meninggal Dunia?
https://1.bp.blogspot.com/-V1C4wbUwUNA/YM3rhkDU-OI/AAAAAAAAPCA/V0_YIyPBLxsBKi6peDc6GTBuA0GU3s0GgCLcBGAsYHQ/w640-h328/Screenshot_2021-06-19-20-03-38-697_com.opera.app.newslite.png
https://1.bp.blogspot.com/-V1C4wbUwUNA/YM3rhkDU-OI/AAAAAAAAPCA/V0_YIyPBLxsBKi6peDc6GTBuA0GU3s0GgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h328/Screenshot_2021-06-19-20-03-38-697_com.opera.app.newslite.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/cek-fakta-benarkah-fadli-zon-tak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/cek-fakta-benarkah-fadli-zon-tak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy