$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Saat Sidang, Pembantu Rumah Edhy Prabowo Ngaku Antar Uang Miliaran Buat Beli Vila

INDONESIAKININEWS.COM -  Saksi persidangan kasus suap izin ekspor benur sekaligus pembantu di Rumah Dinas Edhy Prabowo, Sugianto membenarkan...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Saksi persidangan kasus suap izin ekspor benur sekaligus pembantu di Rumah Dinas Edhy Prabowo, Sugianto membenarkan jika dirinya sempat diminta membawa uang miliaran rupiah yang dipakai untuk membayar vila di daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Hal itu bermula saat jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyakan tugas keseharian Sugianto dan menyinggung terkait adakah permintaan dari Amiril Mukminin yang merupakan sekretaris pribadi (sespri) Edhy Prabowo untuk mengantarkan uang.

"Pernah disuruh oleh Amiril untuk membawa uang?" tanya jaksa dalam sidang yang di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, pada Selasa (8/6).

"Pernah," jawab Sugianto

"Kapan?" tanya jaksa lagi.

"Yang waktu itu ke Sukabumi," timpal Sugianto.

Atas jawaban itu, jaksa lantas mengkonfirmasi terkait isi berita acara pemeriksaan (BAP). Di mana, Sugianto diminta sebanyak dua kali untuk mengantarkan uang, yaitu ke Bandunh dan Sukabumi.

"Ke Bandung, berapa uang yang dikasi Amiril?" tanya jaksa.

"Seingat saya Rp1,45 miliar," kata Sugianto.

Kemudian, Sugianto pun sedikit mejabarkan peruntukan uang itu membayar pembelian villa. Saat itu, dia berangkat ke Bandung bersama Aden dan Dedy Harianto yang merupakan adik dari Edhy Prabowo.

"Amiril sempat bilang itu untuk beli villa punya temannya," kata dia.

Kemudian, untuk pembawaan uang kedua yaitu saat menuju Sukabumi. Dia berangkat bersama adik Edhy Pabowo.

"Pemberian uang kedua saya lagi yang bawa Rp1,5 miliar yang dibawa di dalam koper," kata dia.

Duit itupun disebut untuk pelunasan pembeliaan villa. Bahkan, vila yang baru dilunasi tersebut menggunakan namanya sebagai pemilik yang sah.

"Iya bilang (Amiril sebut villa atas nama Sugianto). Itu bilang saat penyerahan uang pertama dan kedua bahwa ini atas nama saya," kata dia.

Sebelumnya, Usep Kurniawan yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dicecar oleh jaksa soal ihwal pembelian vila yang saat ini telah disita KPK terkait pembelian vila seluas dua hektar di Desa Cijengkol, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat.

"Bapak tawarkan ke siapa?," Kata jaksa saat sidang di PN Jakarta Pusat, Rabu (2/6).

"Awalnya, Saya tawarkan ke adiknya Pak Edhy, namanya Dedy Harianto. Sempat waktu itu saudara Dedy bilang juga kepada saya, bang coba saja tawarkan ke pak Edhy. Saya chatingan lewat wa tapi engga di respon," jawab Usep

"Cuman ketika pas saya telfon lagi ke Dedy, disuruh coba hubungin pak Amiril dan itu saya tanya siapa? disampaikan, katanya orangnya pak Edhy," tambah Usep.

Setelah Usep berkomunikasi via telepon dengan Amiril maka terjalinlah kesepakatan terkait pembelian vila tersebut. Namun dengan catatan adanya nego dari harga awal sebesar Rp 4 miliar.

"Beliau (Amiril) sampaikan kepada saya coba bang di nego harga-harganya. Dari situ saya ke Pak Makmun lagi untuk menego harga tersebut dan disepakati harga Rp3 miliar," kata Usep.

Usai terjadi kesepakatan harga, jika Amiril pun mengirimkan uang sebesar Rp50 juta yang terbagi dalam dua pengiriman uang sebagai tanda jadi pembelian vila sekitar bulan Juli 2020.

"Disitu pak Hj Makmun minta dp kurang lebih sekitar 50juta. Amiril saat itu kalau tidak salah dp nya pertama Rp45 juta lalu ditambah Rp5 juta. Jadi 50 juta," terangnya.

Kemudian, seminggu setelah DP dibayarkan Hj Makmun meminta agar proses pembelian dipercepat. Maka terjadilah pembayaran kedua oleh Dedy adiknya Edhy Prabowo dan Sugianto orang utusan Amiril yang didampingi Usep.

"Waktu itu uang yang bawa adiknya Pak Edhy, (Dedy) dan pak Sugiarto," ujar Usep

"Sugianto siapa?" tanya jaksa.

"Waktu itu saya tidak kenal. Tapi setelah ditanya ke Dedy, katanya orangnya Pak Amiril. Pembayaran pertama sebesar Rp1,450 miliar ditambah Rp50 juta (DP) jadi total Rp 1,5 miliar," jawabnya.

Setelah penyerahan uang kedua, seminggu selanjutnya dilakukan kembali pembayaran ketiga sekalian akad jual beli (AJB) yang diwakili Sugiarto sebesar Rp1,5 miliar. Sehingga total uang yang sudah diserahkan sebesar Rp3 miliar untuk pembelian vila.

"Saya minta ke Pak Amiril untuk menyaksikan pembelian tersebut. Tapi mungkin karena tidak bisa jadi diwakilin lagi pak Dedy dan pak Sugianto. Untuk akad jual beli," katanya.

"Untuk pajaknya?"

"Itu pajaknya 244 juta, dibayar (Amiril) setelah seminggu dari penyerahan AJB," timpalnya.

Kendati demikian, Usep mengatakan jika sertifikat bangunan vila itu belum sempat dibalik nama dan masih nama pemilik sebelumnya hajah Elly, istri dari Hj Makmun.

"Belum, karena waktu itu sudah langsung dari pihak KPK untuk AJBnya sudah, cuman sertifikat balik namanya belum," tuturnya.

"Kapan Amiril Dateng temui bapak?" tanya jaksa.

"Setelah akad jual beli, sekalian mau saya foto-foto juga katanya. Itulah saya baru tatap muka (dengan Amiril)," jawab Usep.

"Bapak tanya kok nama Sugiarto?" tanya kembali Jaksa.

"Engga, saya engga nanya-nanya kaya gitu. Pak Dedy Cuman ya bilangnya orangnya Amiril aja gitu," timpalnya.

Lebih lanjut terkait komisi penjualan, Usep menjelaskan jika komisi yang didapatnya dari Hj Makmun sebesar Rp75 juta dari 2,5 persen hasil penjualan yang dimana komisi tersebut dibagi dua kepada Dedy, adik Edhy Prabowo.

"2,5 persen dari pak Makmun ya 75 juta, tapi itu dipotong 14 juta dari yang jatah saya. Sampe sekarang belum diganti (oleh Amiril). Dan dibagi dua (dengan Dedy)," sebutnya.

Vila Sudah Disita KPK

Untuk diketahui bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sebuah vila di Desa Cijengkol, Cibadak, Sukabumi Jawa Barat. Penyitaan dilakukan pada hari ini, Kamis (18/2/2021) sekitar pukul 18.00 WIB.

Vila dengan luas kurang lebih 2 hektare tersebut diduga merupakan milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang dibeli menggunakan uang dari para eksportir yang mendapatkan izin ekspor benih lobster atau benur di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Diduga vila tersebut milik EP (Edhy Prabowo) yang dibeli dengan uang yang terkumpul dari para eksportir yang mendapatkan izin pengiriman benih lobster di KKP," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (18/2).

Namun demikian pada kesempatan waktu yang berbeda, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo membantah telah membeli sebuah vila di Sukabumi, Jawa Barat.

"Saya enggak tahu vila yang mana. Saya enggak tahu, bukan punya saya," ujar Edhy usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Senin (22/2).

Edhy menyatakan, siap membuktikan dirinya tak mengetahui atau membeli vila tersebut. Menurut Edhy, dirinya pernah ditawari sebuah vila namun urung dia beli lantaran harganya tak sesuai.

"Ya silakan saja (buktikan). Semua kepemilikan itu atas nama siapa dan sebagainya saya juga enggak tahu. Saya pernah ditawarkan memang untuk itu, tapi kan enggak saya tindak lanjuti karena harganya mahal," kata Edhy.

S:Merdeka


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Saat Sidang, Pembantu Rumah Edhy Prabowo Ngaku Antar Uang Miliaran Buat Beli Vila
Saat Sidang, Pembantu Rumah Edhy Prabowo Ngaku Antar Uang Miliaran Buat Beli Vila
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjugOe-SCwT2oz-J_oEVj36DdeDR7E_bmM5oaFYh44Zffvs9S1JpJxlOuR9oeag-NhwU5xQ1en1ILlQjakjNbGkBPwSN7x8UMQ6sAovtnb1oic1c-UpQjH7qcHYrN74aT4KwxGnQQfgIgWc/w640-h318/Screenshot_2021-06-08-18-31-35-67.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjugOe-SCwT2oz-J_oEVj36DdeDR7E_bmM5oaFYh44Zffvs9S1JpJxlOuR9oeag-NhwU5xQ1en1ILlQjakjNbGkBPwSN7x8UMQ6sAovtnb1oic1c-UpQjH7qcHYrN74aT4KwxGnQQfgIgWc/s72-w640-c-h318/Screenshot_2021-06-08-18-31-35-67.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/saat-sidang-pembantu-rumah-edhy-prabowo.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/saat-sidang-pembantu-rumah-edhy-prabowo.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy