$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Speechless deh, Jenderal panglima perang OPM kembali ke NKRI: Mohon bapak presiden…

INDONESIAKININEWS.COM -  Petinggi perang Organisasi Papua Merdeka (OPM), Tithus Murib Kwalik akhirnya menyatakan kembali ke pangkuan NKRI.  ...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Petinggi perang Organisasi Papua Merdeka (OPM), Tithus Murib Kwalik akhirnya menyatakan kembali ke pangkuan NKRI. 

Jenderal panglima perang OPM itu mengajak para pasukan OPM untuk menyerahkan diri ke Republik Indonesia.

Dalam orasinya, Tithus Murib Kwalik menyampaikan kepada seluruh keluarga dan saudaranya yang masih mengangkat senjata agar ikut bersamanya kembali menjadi warga negara Indonesia.

Perintah kembali ke NKRI

Dalam video pengakuan kembali ke NKRI yang beredar di media sosial, Jenderal Panglima Perang OPM Tithus Murib mengajak kepada pasukan OPM untuk bertobat dan kembali ke NKRI.

“Saya seorang jenderal Tithus Murib Kwalik, saya langsung di depan berdiri mengeluarkan surat perintah dari Sorong hingga Samarai dan surat pernyataan mendukung tanah Papua Republik Indonesia bisa dilihat dan diperhatikan dan kami sekarang sesuai yang diperintakan di tanah Papua,” ujar Jenderal Perang OPM itu pada 17 Mei lalu dikutip akun Instagram @thor_cakra, Selasa 15 Juni 2021.

Dalam seruannya, Jenderal Tithus pun memohon kepada Presiden Jokowi untuk lebih memerhatikan pembangunan di tanah Pupua untuk rakyat Papua.

“Kami mohon bapak presiden dengan hukum atau UU kembali membangun Papua ini, satu orang satu suara, mulai membangun Republik Indonesia. Mari kita bersama semanusia sekeluarga sekawan perjuangan marilah mendukung sekali mereka tetap merdeka. Kami membangun RI senjata kami kembalikan ke NKRI karena berdosa,” katanya.

Akun tersebut menilai pengakuan kembali ke NKRI panglima perang OPM ini begitu mengharukan.

“Awal mula lihat video ini di internet bener-bener bikin speechless. Sangat membuat bangga sebagai warga negara Indonesia, jiwa nasionalisme kita ikut bangkit dan bergejolak saat melihat Pimpinan OPM itu kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi,” tulis akun itu.

Diklaim hoax

Sebelumnya Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat OPM (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengklarifikasi video viral salah satu Panglima tinggi OPM Tithus Murib Kwalik yang ngaku tobat nyerah dan kembali ke pangkuan NKRI.

Video itu benar Panglima OPM, namun pernyataan dalam video viral itu bukan kembali ke NKRI tapi sebaliknya mengumumkan deklarasi perang pada OPM.

Ternyata berdasarkan penelusuran tim cek fakta Suara.com, video viral itu benar adanya merupakan Panglima Tinggi Komando Militer Daerah III TPNPB OPM, Thitus Murib Kwalik.

Namun pernyataan panglima tinggi OPM itu ternyata malah menyatakan perang kepada pemerintah Indonesia lho.

Sebby mengatakan terjemahan bahasa Indonesia dalam video itu menggunakan bahasa Lani dan tidak kembali ke NKRI.

“Isi pidatonya itu adalah mengumumkan perang ke pemerintah Indonesia harus terus berlanjut. Ia menyatakan akan terus melawan sampai Papua benar-benar merdeka penuh,” kata dia dikutip dari Suara.com.

S:HopsID


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Speechless deh, Jenderal panglima perang OPM kembali ke NKRI: Mohon bapak presiden…
Speechless deh, Jenderal panglima perang OPM kembali ke NKRI: Mohon bapak presiden…
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWPflzF_rhoeT9p0ZJYCGbw4DGZ2AwYrP_c6D2WPvGp-vQsXxrXy0DgHeDnuAc3H3qzEu8ON98BFQ49k3JQmtmTMPIfL4BIL5PAulLVlAPSe6kU1BI8OSGVTnvP_Fghp__aKNjCTeoFYNg/w640-h354/Screenshot_2021-06-15-18-28-23-01.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWPflzF_rhoeT9p0ZJYCGbw4DGZ2AwYrP_c6D2WPvGp-vQsXxrXy0DgHeDnuAc3H3qzEu8ON98BFQ49k3JQmtmTMPIfL4BIL5PAulLVlAPSe6kU1BI8OSGVTnvP_Fghp__aKNjCTeoFYNg/s72-w640-c-h354/Screenshot_2021-06-15-18-28-23-01.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/speechless-deh-jenderal-panglima-perang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/speechless-deh-jenderal-panglima-perang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy