$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ungkap Fakta BEM UI Tak Pintar, Debat Ade Armando Bikin Keki, Netizen: Yang Ngundang Tak Bisa Jawab

INDONESIAKININEWS.COM -  Perdebatan antara dosen Universitas Indonesia saat membahas pernyataan BEM UI yang menjuluki Presiden Joko Widodo s...



INDONESIAKININEWS.COM - Perdebatan antara dosen Universitas Indonesia saat membahas pernyataan BEM UI yang menjuluki Presiden Joko Widodo sebagai “The King of Lip Service” ramai menjadi pergunjingan warganet.

Dalam perdebatan tersebut, Ade Armando mengungkap sejumlah argumen bahwa logika yang diutarakan BEM UI tak pintar.

Namun, di sisi lain, atas nama demokrasi, boleh saja menyampaikan kritik. Oleh sebab itulah dia juga menyampaikan model pernyataan “sarkastis” dalam menanggapi logika mahasiswa BEM UI.

Akun FB Mak Lambe Turah, Selasa 29 Juni 2021 menilai pernyataan Ade Armando akhirnya tak mampu dijawab oleh pihak yang mengundang debat.

“Nah nah yang ngundang berdebat gabisa jawab ewkekkekkekek,” cuit Mak Lambe Turah melalui akun FB-nya.

Penuhi Undangan Debat

Untuk diketahui, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando memenuhi undangan debat terbuka terkait kritik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kapasitasnya akademisi pada Senin (28/6/2021) malam.

Debat dilakukan bersama Delpedro Marhaen selaku perwakilan Blok Politik Pelajar (BPP).

Dalam debat terbuka bertajuk "Debat Terbuka Blok Politik Pelajar vs Ade Armando: Kritik BEM UI Jokowi King of Lip Service", Ade membeberkan sejumlah alasannya.

Diketahui, dalam cuitannya di Twitter, dia sempat mengkritik BEM UI dengan sebutan pandir. Tak hanya itu, Ade juga melontarkan pertanyaan masuk UI lewat hasil sogokan dalam cuitannnya;

"Ini karya BEM UI. Saya sih menghargai kebebasan berekspresi. Tapi kalau jadi lembaga yg mewakili mahasiswa UI, ya jangan kelihatan terlalu pandirlah. Dulu masuk UI, nyogok ya?" tulisnya Ade.

Merespon hal tersebut, Delpedro selaku lawan debat Ade menilai, ucapan itu lebih terkesan pada fitnah. Baginya, tuduhan masuk UI dengan cara nyogok adalah tuduhan serius.

"Itu kan salah satu bentuk fitnah dan pencemaran nama baik yang serius itu instansi UI, universitas Indonesia dituduh bisa menerima suap bisa menyogok itu kan tuduhan serius," katanya dalam debat tersebut.

Berkenaan dengan itu, Delpedro menyatakan, seharusnya pihak UI memanggil Ade Armando, bukan memanggil perwakilan BEM UI. Diketahui, panggilan tersebut buntut kritikan BEM UI kepada Jokowi.

"Makanya tadi saya bilang harusnya rektor UI itu salah panggil BEM UI panggil Leon dan kawan-kawan, yang harus dipanggil itu Ade Armando dia harus menjelaskan apa maksud dari tuduhan UI bisa disuap," sambungnya.

Pada gilirannya, Ade berkilah jika pernyataan itu lebih pada bahasa sarkastis. Menurut Ade, kritikan harus tepat dan harus mempunyai sejumlah bukti.

"Hargai bahasa ya, itu sarkatis. Soal kritik, mereka mengatakan bahwa Pak Jokowi adalah raja munafik tukang bohong. Saya akan bilang, boleh tapi apa buktinya. Nah mereka kan menyajikan serangkaian bukti," jawab Ade.

Lebih lanjut, menurut dia, apa yang disampaikan BEM UI dalam mengkritik Jokowi adalah sah dalam konteks demokrasi. Hanya saja, dia menilai cara kritik yang dilakukan oleh BEM UI tidak pintar.

"Tapi pada saat yang sama, karena mereka menyerang Pak Jokowi dengan cara yang menurut saya tidak pintar maka sebagai seorang anggota Civitas UI, harus menyatakan bahwa nggak beres nih kalian cara berpikirnya," ungkap Ade.

Sebelumnya, Ade Armando diundang melakukan debat terbuka sebagai akademisi. Tantangan ini diberikan oleh sebuah organisasi politik bernama Blok Politik Pelajar (BPP).

Melalui akun Instagramnya, BPP mengundang Ade Armando untuk melakukan debat bertajuk "Demokrasi dan Kebebasan Sipil". Acara ini diadakan pada hari Senin (28/6/2021).

Undangan ini merupakan bentuk solidaritas BPP kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Diketahui, BEM UI telah dipanggil oleh rektor hingga mendapatkan kritik tajam dari dosen UI, Ade Armando.

"Atas nama solidaritas, biar BEM UI yang hadapi rektor UI dan kami yang hadapi Ade Armando Cs. Skuy baku hantam. Konfirmasi kehadiranmu Ade, ke 085691537204," tulis BPP di caption Instagram seperti dikutip oleh Suara.com, Senin (28/6/2021).

BPP juga menyatakan siap bergabung dengan organisasi buatan Ade, Civil Society Watch. Syaratnya, Ade harus beragumen dengan rasional sesuai tema yang sudah ditentukan itu.

"Apabila argumentasi Ade rasional, BPP gabung ke Civil Society Watch," janji BPP seperti dilansir Suara.com.




S: Netralnews

Lihat artikel asli



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ungkap Fakta BEM UI Tak Pintar, Debat Ade Armando Bikin Keki, Netizen: Yang Ngundang Tak Bisa Jawab
Ungkap Fakta BEM UI Tak Pintar, Debat Ade Armando Bikin Keki, Netizen: Yang Ngundang Tak Bisa Jawab
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEPg-nwLiBcP5Q_mEtjk643tHoQH_TI7WGuBCrz_3_vB81JRLTzElqCMB2sfoZdhJ4VBRzoFJmaVXp9Qs0o_ImyLb_kqB2wfdRx3SKs4cuSEqJ-9VpdqjHI4AuN3B1mbZqjwyJOby4KI8/w640-h318/Screenshot_2021-06-29-18-20-32-03.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEPg-nwLiBcP5Q_mEtjk643tHoQH_TI7WGuBCrz_3_vB81JRLTzElqCMB2sfoZdhJ4VBRzoFJmaVXp9Qs0o_ImyLb_kqB2wfdRx3SKs4cuSEqJ-9VpdqjHI4AuN3B1mbZqjwyJOby4KI8/s72-w640-c-h318/Screenshot_2021-06-29-18-20-32-03.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/ungkap-fakta-bem-ui-tak-pintar-debat.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/ungkap-fakta-bem-ui-tak-pintar-debat.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy