$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kabar Terkini Munarman, Mantan Sekum FPI Terlibat Dugaan Terorisme, Begini Keterangan Terbaru Polisi

INDONESIAKININEWS.COM -  Kabar terkini Munarman setelah beberapa waktu lalu diamankan atas kasus dugaan terorisme. Sosok Munarman adalah man...



INDONESIAKININEWS.COM - Kabar terkini Munarman setelah beberapa waktu lalu diamankan atas kasus dugaan terorisme.

Sosok Munarman adalah mantan Sekretaris Umum ( Sekum) FPI Munarman yang ditangkap Tim Densus 88 Antiteror Polri.

Munarman ditangkap Tim Densus 88 Polri di rumahnya di Perumahan Modernhills, Pamulang, Tangerang Selatan pada Selasa 27 April 2021 sekitar pukul 15.00 WIB.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyampaikan Munarman diduga kuat terlibat dalam jaringan terorisme di tiga daerah sekaligus.

Munarman diciduk tim Densus 88
Munarman diciduk tim Densus 88 (facebook)
Untuk kasus baiat teroris di Makassar, kata dia, mereka merupakan jaringan kelompok teroris JAD. Jaringan ini biasa dikenal terafiliasi dengan ISIS.

"Baiat itu yang di Makassar itu yang ISIS. Kalau UIN Jakarta dan Medan belum diterima," jelas dia.

Nah bagaimana kabarnya saat ini.

Berkas kasus dugaan terorisme yang menjerat mantan Sekretaris Umum FPI, Munarman, segera rampung.


Setelah rampung akan dikirimkan ke Kejaksaan Agung.

"Masih dalam proses (pemberkasan), sedikit lagi," Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (2/7).

Ramadhan enggan menjelaskan lebih jauh soal kasus penyelidikan kasus yang menjerat Munarman itu.

Dia pastikan proses penyidikan tetap berjalan.

"Iya proses penyidikan lah. Pokok ya proses masih berjalan, kita tunggu saja," pungkasnya.

Munarman, usai mengisi diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019).
Munarman, usai mengisi diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019). (KOMPAS.com/Dian Erika)
Profil Munarman
Munarman lahir dan besar di Palembang dan merupakan anak ke enam dari 11 bersaudara.

Munarman adalah anak dari H. Hamid. Munarman, seorang pensiunan guru Sekolah Rakyat, dengan pasangannya Ny. Nurjanah (Ibunya).

Pada tahun 1996 Munarman menikah dengan Ana Noviana dan menetap di Palembang.


Dari pernikahan ini Munarman dikaruniai tiga anak yaitu Rio Mohammad Alfarez, Rinaldo Mohammad Montazeri dan yang terakhir lahir pada bulan September 2008 dimana Munarman keluar penjara selama enam jam untuk menengok setelah kelahirannya.

Munarman dan keluarganya hidup terpisah dengan pertemuan teratur pada akhir pekan hingga kepindahannya ke Jakarta pada tahun 2000, sebelumnya keluarganya tinggal bersama keluarga Munarman di Palembang.

Keluarganya kemudian ikut pindah ke Jakarta saat anak-anaknya mulai masuk TK.

Orang tua Munarman mengaku tidak melakukan banyak komunikasi semenjak Munarman sibuk dengan pekerjaannya di Jakarta, walaupun mengakui bahwa pernah berkunjung ke Jakarta.

Informasi mengenai Munarman didapatkan oleh keluarganya via siaran TV.

Karier
Juru bicara (jubir) Front Pembela Islam (FPI) Munarman usai memenuhi panggilan Dit Reskrimsus Polda Bali, Senin (30/1/2017). (Tribun Bali)
Juru bicara (jubir) Front Pembela Islam (FPI) Munarman usai memenuhi panggilan Dit Reskrimsus Polda Bali, Senin (30/1/2017). (Tribun Bali) (Tribun Bali)
Karier Munarman dimulai saat ia bergabung dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Palembang sebagai sukarelawan pada tahun 1995, kemudian dipromosikan sebagai Kepala Operasional organisasi yang sama pada tahun 1997.

Kemudian ia beralih menjadi Koordinator Kontras Aceh pada tahun 1999-2000 dan tinggal disana.

Karier ini berlanjut hingga ia menduduki posisi Koordinator Badan Pekerja Kontras dimana ia kemudia berelokasi ke Jakarta dari Aceh.

Pada bulan September 2002, Munarman terpilih sebagai Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) setelah YLBHI mengalami kekosongan kepemimpinan selama sembilan bulan.

Saat terpilih Munarman unggul dengan perbandingan suara 17 dari 23 orang, mengalahkan Daniel Panjaitan yang saat itu menjabat Wakil Direktur YLBHI Jakartaa.

Munarman sendiri dicalonkan oleh LBH cabang Palembang, Banda Aceh, dan Lampung, sementara Daniel dicalonkan oleh LBH Semarang dan Jakarta.

Munarman dilantik pada bulan berikutnya dan berjanji akan menyatukan anggota-anggota yayasan sebagai langkah pertamanya dan ia dilantik pada bulan Oktober 2002.

Ketua sebelumnya Bambang Widjojanto diberhentikan oleh dewan pengawas YLBHI karena mengusulkan untuk mereformasi yayasan menjadi asosiasi yang lebih berpihak pada keanggotaan.

Potret mantan sekretaris FPI Munarman Ditangkap Densus 88 Anti-teror Mabes Polri
Potret mantan sekretaris FPI Munarman Ditangkap Densus 88 Anti-teror Mabes Polri (ISTIMEWA)
Hal ini dilakukan sebagai kritik kepada Adnan Buyung Nasution, salah satu pendiri dan ketua dari Dewan Pengawas berpindah haluan dan membela seorang pejabat militer senior yang teridentifikasi sebagai pelaku pelanggaran HAM berat di Timor Timur pada tahun 1999 dengan alasan profesionalisme.

Pemecatan Bambang kemudian diikuti dengan pengunduran diri Wakil Ketua YLBHI, Munir.[10] Kritik lalu muncul di YLBHI karena Dewan Pengawas lalu langsung menyiapkan tim untuk memilih ketua yang baru. Kritik paling vokal disuarakan oleh Munarman dan hampir saja posisinya dalam Dewan Pengurus dicopot.

Dalam debat publiknya Munarman menyatakan,

"Untuk membangun demokrasi, kita harus mencari tahu siapa musuh kita, dan berteman... Perbedaan di antara kita adalah bagian dari tradisi. YLBHI tidak akan terpecah karena perbedaan.”

Pada Juli 2005 Makamah Konstitusi Indonesia menolak Tinjauan Yuridis yang diajukan oleh Munarman dan kawan-kawan yang tergabung dalam Tim Advokasi Rakyat untuk Hak atas Air terhadap Peraturan Pemerintah No. 7 Mengenai Sumber Daya Air (Peraturan Nomor 7 Tahun 2004) yang dianggap melanggar UUD 1945.

Jabatannya sebagai Ketua YLBHI terhenti pada tahun 2006 dengan dilantiknya Patra M. Zen sebagai Ketua Umum Yayasan Lembaga bantuan Hukum Indonesia untuk periode 2006-2011.






S: Tribunnews




Name

Berita,17017,H,101,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,16887,News,589,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kabar Terkini Munarman, Mantan Sekum FPI Terlibat Dugaan Terorisme, Begini Keterangan Terbaru Polisi
Kabar Terkini Munarman, Mantan Sekum FPI Terlibat Dugaan Terorisme, Begini Keterangan Terbaru Polisi
https://1.bp.blogspot.com/-bgJCVBpl-rY/YORMD_YVvGI/AAAAAAAAPeo/DUlicVVya5Q6anQQYuAHwBxWoC8ryYd1wCLcBGAsYHQ/w640-h348/Screenshot_2021-07-06-19-24-50-39.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bgJCVBpl-rY/YORMD_YVvGI/AAAAAAAAPeo/DUlicVVya5Q6anQQYuAHwBxWoC8ryYd1wCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h348/Screenshot_2021-07-06-19-24-50-39.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/kabar-terkini-munarman-mantan-sekum-fpi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/kabar-terkini-munarman-mantan-sekum-fpi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy