$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jebakan Anies Gagal, Risma Tuai Pujian, Siap Gantikan Anies!

INDONESIAKININEWS.COM -  Ketika Risma masih menjadi Wali Kota Surabaya, prestasinya sudah segudang. Namun, apalah arti seorang wali kota bag...



INDONESIAKININEWS.COM - Ketika Risma masih menjadi Wali Kota Surabaya, prestasinya sudah segudang. Namun, apalah arti seorang wali kota bagi seorang Anies. Anies sendiri sebagai Gubernur DKI Jakarta, membawahi beberapa wali kota. Dengan kata lain, walaupun kerap dibanding-bandingkan dengan Risma, Anies bisa cuek aja. Nggak level lah, begitu cara ngelesnya. Masak gubernur dibandingkan sama wali kota. Nggak pantes.

Namun, kemudian Presiden Jokowi mengambil keputusan yang bikin Anies ngomel sendiri. Risma, yang dulu bisa direndahkan Anies, karena hanya seorang wali kota. Malah diangkat Presiden Jokowi menjadi Menteri Sosial (Mensos). Sebuah keputusan yang banyak mendapat dukungan dari masyarakat. Pasalnya, publik tahu bagaimana kinerja dan prestasi Risma di Surabaya. Di lain pihak, memang banyak yang mesti dibenahi di Kementrian Sosial (Kemensos). PR Risma banyak dan berat. Namun, sejak awal publik sudah percaya akan kemampuan Risma. Sedangkan Anies, mulai ketar ketir sendiri. Waduh, Risma sudah jadi menteri, membawahi kementrian buat seluruh Indonesia. Apalah arti seorang gubernur macam Anies, yang hanya membawahi satu provinsi. Nah kan, Risma berbalik jadi yang lebih dari Anies!

Satu tugas besar yang diemban Risma adalah pembenahan di Kemensos, pasca kasus korupsi bantuan sosial (bansos). Kasus ini memang jadi tamparan keras buat Kemensos. KPK pun sudah memberikan rekomendasi buat Mensos Risma untuk ditindaklanjuti. Oleh sebab itu, di awal menjabat sebagai Mensos, Risma pun sudah melakukan konsultasi dan koordinasi dengan KPK Sumber.


 
Nah, rekomendasi KPK yang jadi PR besar buat Risma adalah pembenahan data pada program bansos. KPK memberikan rekomendasi bagi Kemensos untuk menggabungkan semua data keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Ketiga data ini sudah diminta oleh KPK untuk digabungkan oleh menteri sebelum Risma. Karena KPK yakin ada data ganda di sana. KPK juga meminta agar data di-update secara berkala Sumber.

Ternyata, pembenahan data di Kemensos memang tidak pernah dilakukan sejak tahun 2015. Walaupun tiap tahun ada saja persoalan muncul, seperti data yang tumpang tindih dan tidak sinkron. Ini lah yang jadi kendala bagi Risma. Harus membenahi kerusakan bertahun-tahun. Bahkan Risma sempat mengaku mumet (pusing) menghadapi persoalan ini, seperti yang diakuinya di depan DPR RI Sumber. Namun, bukan Risma namanya kalau tidak bisa membenahi yang rusak-rusak. Risma bukan saja tangguh, kerjanya seperti buldozer. Dalam proses verifikasi dan validasi data tersebut, Risma pun bekerja sama dengan sejumlah instansi, seperti Kejaksaan Agung, Polri, KPK, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kerja keras Risma terbukti hasilnya. Hingga April 2021, pihaknya sudah menemukan sekitar 21 juta data ganda. Sebuah kerja nyata yang kalau bukan oleh Risma, saya tidak yakin yang lain bisa.

Di pihak lain, Anies, juga menorehkan berbagai “prestasi”. Diam-diam, banyak kasus kelebihan bayar yang akhirnya diungkap oleh BPK. Hingga bulan Agustus ini, ada sekitar 10 kasus kelebihan bayar yang sudah ditemukan. Dengan nilai total mencapai Rp 438 miliar Sumber Sumber. Sebuah “prestasi” nyata, yang kalau bukan oleh Anies, saya tidak yakin yang lain bisa hehehe…


 
Risma ketika masih menjadi wali kota, sudah jadi ancaman buat pencitraan Anies. Walaupun masih bisa ditutupi dengan perbandingan level jabatan. Namun ketika Risma sudah jadi menteri. Ancaman itu semakin nyata. Bisa-bisa Anies akan cepat kehilangan pamor. Padahal urusan pencapresan 2024 sudah hot dari sekarang ini. Mungkin karena urusan data penerima bansos ini juga terjadi di Jakarta, dan Anies tidak mau disalahkan. Anies pun bermanuver. Mencari cara untuk melempar kesalahan ke arah Mensos Risma. Bansos ini kan masalah yang dihadapi masyarakat yang tidak mampu. Ketika ada masalah, jangan sampai mereka menyalahkan sang gubernur santun. Justru Anies harus terlihat jadi pahlawan yang memperjuangkan nasib rakyat kecil. Lumayan kan buat “modal” nyapres.

Ada bansos yang berasal dari APBD DKI Jakarta. Yang harusnya diserahkan kepada sekitar 1 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Namun, realisasinya baru disalurkan ke sekitar 900 ribu lebih KPM. Ada sekitar 99 ribu KPM yang disebut pihak Pemprov DKI sebagai data ganda dari Kemensos. Atas temuan ini, Gubernur Anies pun menyurati Menteri Risma Sumber. Kebaca ya secara politis. Anies diduga sedang bermanuver untuk melempar kesalahan ke arah Risma. Demi menjaga dan menaikkan citranya.

Dikira Risma akan terjebak dalam permainan itu. Ternyata Anies salah. Alih-alih terjebak, Risma malah membongkar aib Anies. Risma menyatakan tidak tahu persis di mana persoalan data ganda yang dimaksud Anies. Bahkan Risma menyebut tidak mengetahui soal surat Anies itu. Risma sendiri menyatakan tidak masalah jika harus membuka semua data milik Kemensos. Tidak ada yang ditutupi, ujar Risma. Lalu Risma mengungkap bahwa perbaikan data di DKI Jakarta baru mencapai 40%. Ini kalah dari kemajuan yang dicapai Papua. Bahkan Risma sudah menugaskan stafnya untuk turun membantu Pemprov DKI. Risma pun menegaskan bahwa memang tugas pemerintah daerah untuk memperbaiki datanya, sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2011, bahwa data fakir miskin itu berasal dari daerah Sumber Sumber.

“Tembakan” Anies, berbuah brondongan balik dari Risma. Yang mengungkap berbagai aib dan kesalahan Anies. Manuver politis ini pun gagal. Bahkan selanjutnya, Risma makin menuai prestasi. KPK memberikan perkembangan terakhir upaya perbaikan data Kemensos. Hingga kini, Risma dan jajarannya telah berhasil menghapus sekitar 52 juta data ganda. Jika data ganda itu sampai menerima bansos, misalnya Rp 200,000,-, maka Risma sudah menyelamatkan uang negara hingga Rp 10,5 triliun Sumber.

Sebuah angka fantastis. Bersaing dengan angka fantastis kelebihan bayar hasil “prestasi” Anies. Tentu prestasi Risma jauh lebih banyak dan lebih mulia. Ini menampar Anies dengan telak. Sementara masa jabatan Anies makin pendek. Tinggal beberapa bulan lagi. Dari berakhirnya masa jabatan Anies pada tahun 2022, hingga Pilkada tahun 2024, Presiden Jokowi lah yang akan menentukan, siapa pejabat sementara gubernur pengganti Anies Sumber. Risma merupakan unggulan publik. Dengan prestasi menghemat uang negara hingga 10,5 triliun. Sementara kasus kelebihan bayar makin melekat ke nama Anies. Makin sulit untuk dilepaskan. Belum lagi kasus uang rakyat lain seperti Formula E. Waduh, Anies makin terancam oleh Risma. Gantian Anies yang mumet hehehe... Selalu dari kura-kura

S: Ninanoor


Name

Berita,18527,H,134,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,21,Nasional,18392,News,896,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jebakan Anies Gagal, Risma Tuai Pujian, Siap Gantikan Anies!
Jebakan Anies Gagal, Risma Tuai Pujian, Siap Gantikan Anies!
https://1.bp.blogspot.com/-T4NzPNPLfvw/YSTwBYT24KI/AAAAAAAAQRU/42OfRdex3SkZrzBJvLZ-BRFJONcNRq8lQCLcBGAsYHQ/w640-h444/Screenshot_2021-08-24-20-09-56-09.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-T4NzPNPLfvw/YSTwBYT24KI/AAAAAAAAQRU/42OfRdex3SkZrzBJvLZ-BRFJONcNRq8lQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h444/Screenshot_2021-08-24-20-09-56-09.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/jebakan-anies-gagal-risma-tuai-pujian.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/jebakan-anies-gagal-risma-tuai-pujian.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy