$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Karyawannya Dinilai Hina Suku Baduy dan Jokowi, Tirto Buka Suara

INDONESIAKININEWS.COM -  Media Tirto.ID buka suara soal salah satu wartawannya, Mohammad Bernie Kurniawan yang mendapat kecaman publik karen...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Media Tirto.ID buka suara soal salah satu wartawannya, Mohammad Bernie Kurniawan yang mendapat kecaman publik karena dinilai menghina suku Baduy dan Presiden Jokowi.

“Redaksi Tirto menyadari perihal kasus jurnalis kami yang melakukan ujaran rasis kepada masyarakat Baduy dan menyinggung Presiden RI. Rasisme adalah bentuk kebencian dan kami tidak menoleransinya,” tulis Tirto dalam keterangannya, Selasa (17/8/2021).

Dijelaskan bahwa apa yang dilalukan Barnie, tidak mencerminkan sikap Tirto yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas dalam keredaksian.

“Sikap jurnalis kami, M. Bernie, sama sekali tidak mencerminkan sikap yang kami anut selama ini” katanya.

“Efek yang ditimbulkan cuitan itu fatal karena menyangkut integritas M. Bernie sebagai wartawan dan Tirto.id sebagai institusi pers. Ini bukan hanya mencederai Bernie sebagai individu maupun Tirto.id, tetapi juga berpotensi melunturkan kepercayaan publik terhadap jurnalisme” sebutnya.

Tirto juga mengakui telah mengeluarkan Barnie dari pekerjaannya. “Terhitung sejak hari ini, ia sudah tidak lagi berstatus sebagai karyawan Tirto.id. Segala isi dan maksud cuitan M. Bernie adalah murni tanggung jawabnya sebagai pribadi,” ungkapnya.

“Kami meminta maaf dan akan melakukan evaluasi internal” sambung Tirto.

Sebelumnya, Mohammad Bernie Kurniawan menuai kecaman di jagat maya. Sebab dia dinilai telah melakukan penghinaan kepada suku baduy dan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Mohammad Bernie Kurniawan dengan nama akun Twitter, @pawletariat mengomentari Presiden Jokowi yang mengenakan baju adat suku Baduy saat hadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, pada Senin (16/8) kemarin.

Bernie Kurniawan kemudian mencuit foto presiden dengan baju tersebut. Dia menilai Jokowi cocok berjualan madu di perempatan jalan.

“Jokowi make baju adat Baduy cocok banget, tinggal bawa madu + jongkok di perempatan,” tulisnya di akun @pawletariat.

Cuitan itu dikecam sejumlah pihak. Bahkan sejumlah tokoh dan cendekiawan NU meresponnya. (dal/fin).




Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Karyawannya Dinilai Hina Suku Baduy dan Jokowi, Tirto Buka Suara
Karyawannya Dinilai Hina Suku Baduy dan Jokowi, Tirto Buka Suara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQTn7Q5yEja-c3lh3UtWg4K8VZUTXQsfE2kyarY-_RRatFrell9veMLh4fMq7FdUkqMkydMGqYtuuQEc-EIQlr89YFUBt3XKyLbODnwFHjgz0EZcGBtqwCnlxgAKAjDIGWxe1-MYwmR1pf/w640-h436/Screenshot_2021-08-17-19-20-27-56.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQTn7Q5yEja-c3lh3UtWg4K8VZUTXQsfE2kyarY-_RRatFrell9veMLh4fMq7FdUkqMkydMGqYtuuQEc-EIQlr89YFUBt3XKyLbODnwFHjgz0EZcGBtqwCnlxgAKAjDIGWxe1-MYwmR1pf/s72-w640-c-h436/Screenshot_2021-08-17-19-20-27-56.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/karyawannya-dinilai-hina-suku-baduy-dan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/karyawannya-dinilai-hina-suku-baduy-dan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy