$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kabur dari Acara Najwa Shihab & Tolak Berdialog, Akun Ketua KPI Diserbu, dr Tirta: Masih Bisa Ketawa

INDONESIAKININEWS.COM - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Agung Suprio kembali jadi sorotan. Hal itu lantaran Agung Suprio disebut ...


INDONESIAKININEWS.COM - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Agung Suprio kembali jadi sorotan.

Hal itu lantaran Agung Suprio disebut 'kabur' dari acara talkshow Mata Najwa yang dipandu Najwa Shihab.

Ketidakhadiran Agung Suprio ke talkshow tersebut belakangan jadi perhatian.

Sebab Agung Suprio sebelumnya justru terlihat tampil di acara konten kreator Deddy Corbuzier.

Mengenai ketidakhadiran Ketua KPI ke acaranya, Najwa Shihab mengurai fakta mengejutkan.

Diakui Najwa Shihab, Agung Suprio awalnya bersedia untuk menjadi narasumber di acaranya.

Namun secara mendadak, pimpinan KPI itu justru membatalkannya.

Karena mendadak meninggalkan studio, Agung Suprio pun batal berdialog dengan Najwa Shihab dan pihak pengacara korban pelecehan serta LBH Apik.

Dalam acara tersebut, Najwa Shihab membahas soal korban pelecehan anggota KPI yang akhirnya malah dilaporkan balik oleh terduga pelaku dengan tuduhan pencemaran nama baik.

"Ketua KPI tadi malam sudah hadir di studio Mata Najwa, bahkan sdh siap naik panggung tapi tiba2 menolak berdialog ketika pengacara MS, korban di KPI sedang berbicara dan langsung keluar meninggalkan studio," pungkas Najwa Shihab dalam akun media sosialnya.

Mengetahui curhatan Najwa Shihab soal behind the scene tayangan Mata Najwa itu, khalayak pun ramai membincangkannya.

Netizen media sosial langsung menyerbu akun Instagram Agung Suprio.

Khalayak langsung menyindir Agung Suprio yang tak hadir ke talkshow Najwa Shihab.

Tak cuma khalayak biasa, dokter sekaligus pengusaha kenamaan dr Tirta pun turut memberikan sindiran kepada Agung Suprio.

dr Tirta : Masih bisa ketawa yo pak

emirfan.mln : Kok ga jadi hadir di mata najwa?


amatoke : Di mata nazwa lari kemana pak

meniqmeniq28 : Berani nya di podcast doank pak? Di Mata Najwa katanya malah kabur?! OMG

badangel777 : Pak @agung_suprio kenapa koq menolak di wawancara di acara Mata @najwashihab ??? Publik juga mau tau alasan KPI kemarin panggil korban koq tidak boleh ada lawyer korban?

anggatrngh : Pak masa korban disuruh minta maaf buset dah ini lembaga penyalur badut ulang tahun apa lembaga apa sih?

Ketidakhadirannya di talkshow Mata Najwa ramai diperbincangkan, Agung Suprio belum memberikan klarifikasi atau penjelasan.

Hingga artikel ini ditayangkan, TribunnewsBogor.com masih menunggu konfirmasi dari Ketua KPI Agung Suprio terkait alasannya urung tampil di acara Najwa Shihab.

Tanggapan Akademisi

Terkait kaburnya Agung Suprio dari acara Mata Najwa pada Rabu (8/9/2021) malam itu menurut akademisi Algooth Putranto karena yang bersangkutan lupa isi P3SPS dan lari dari tanggungjawab.

“Kalau benar beliau kabur, mungkin beliau lupa isi P3SPS tentang Program Siaran Jurnalistik yang di sana tertulis ‘wajib memperhatikan prinsip-prinsip jurnalistik.’ Diundangnya Ketua KPI Pusat itu bagian dari upaya tim redaksi Mata Najwa akurat, adil, berimbang,” ujar Algooth kepada Tribunnews.com, Jumat (10/9/2021).

Kalau kemudian, lanjutnya, Ketua KPI Pusat lalu beralasan tindakannya untuk kabur karena berpotensi melanggar ketentuan ‘Penghormatan Terhadap Hak Privasi’ ada baiknya beliau membaca secara lengkap isi pasal itu yang menjelaskan adanya kalimat: ‘kecuali demi kepentingan publik’.

Algooth menilai kasus MS, pegawai KPI Pusat yang dilecehkan sejumlah oknum sudah menjadi perhatian publik setelah kabar beredar di media sosial dan menjadi bola panas karena pengakuan korban yang tidak konsisten maupun upaya hukum balasan dari oknum maupun keluarga mereka yang terpapar kasus ini dan mengalami penghakiman publik.

Dalam kondisi seperti ini, sebagai pejabat publik semestinya Ketua KPI Pusat berani mengambil tanggungjawab memberikan penjelasan kepada pers terhadap persoalan yang terjadi di lembaga sampiran negara yang setiap tahun menerima dana dari APBN.

“Makin mengherankan karena posisi beliau sebagai Ketua KPI Pusat yang mengurus siaran televisi gratis (free to air) kok malah meniru menteri yang lebih memilih ngomong di acara konten kreator yang rentan satu arah dan disiarkan di saluran streaming,” tuturnya.

Meski demikian, Algooth menilai Mata Najwa dalam hal peliputan kasus pegawai KPI Pusat yang dilecehkan juga tak bisa lepas dari kesan meniti ombak untuk mencari keuntungan.

“Itu mbak Najwa dan timnya kok tak pernah bersuara keras soal perusahaan pers yang tak adil pada buruh media,” kata Algooth.

Korban Pelecehan KPI Diminta Cabut Laporan

Di tengah riuhnya kabar Ketua KPI 'kabur' dari acara Najwa Shihab, khalayak dikejutkan dengan kabar korban pelecehan anggota KPI diminta mencabut laporan.

Menanggapi kabar tersebut, pengacara korban pelecehan anggota KPI pun memberikan tanggapan.

Pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) korban pelecehan seksual dan perundungan, MS, ternyata disodorkan surat damai saat bertemu para terduga pelaku.

Hal itu doungkap oleh kuasa hukum MS, Rony E Hutahaean.

Pertemuan MS dengan terduga pelaku tersebut berlangsung di kantor KPI, Jakarta, pada Rabu (8/9/2021).

Rony E Hutahaean mengungkapkan kliennya sempat diberikan empat poin rencana damai yang cenderung merugikan.

“Salah satu adalah mencabut laporan polisi. Kedua, adalah meminta maaf dan menyampaikan bahwa perundungan dan pelecehan seksual itu tidak ada,” kata Rony, saat dihubungi, Jumat (10/9/2021).

Menurut Rony, poin rencana damai itu tidak bisa diterima oleh kliennya.

MS pun langsung menghubungi Rony selaku kuasa hukumnya.

Saat itu, Rony meminta kliennya tidak menandatangani surat apa pun yang disodorkan dalam pertemuan tersebut.

“Sehingga beliau merasa ini tidak benar, kok saya korban, kok saya yang minta maaf lalu disuruh cabut laporan polisi,” imbuh dia.

Selain itu, kata Rony, sehari sebelumnya MS diundang oleh KPI untuk melakukan pertemuan internal tanpa didampingi kuasa hukum.

Dalam pertemuan itu, ada pihak yang menyatakan MS tidak memiliki bukti kuat sehingga para terlapor akan melaporkan balik ke Polres Jakarta Pusat.

Rony tidak menyebut pernyataan tersebut merupakan ancaman atau tekanan.

Namun dengan kondisi psikis MS yang masih tidak stabil saat ini, hal tersebut membuat takut kliennnya.

“Beliau diundang dipanggil ke KPI dan di sana ditawarkan dan disampaikan bahwa buktimu tidak ada dan kami akan berusaha melaporkan ke Polres Jakarta pusat,” ungkap dia.

Sebelumnya, Komisioner KPI Nuning Rodiyah mengatakan, MS datang memenuhi panggilan tim investigasi KPI, pada Selasa (7/9/2021).

MS hanya didampingi orangtuanya.

Sehari setelah pertemuan itu, pengacara terduga pelaku RT dan EO, yaitu Tegar Putuhena, mengakui kliennya melakukan pertemuan atas inisiasi MS di KPI, pada Rabu (8/9/2021).

Dari pertemuan kedua ini, menurutnya muncul opsi damai dari MS.

"Klien kami kemarin hadir di KPI, diundang. Bukan atas inisiatif klien kami. Yang mengundang dari pihak sananya dengan informasi ini ada permintaan damai dari Saudara MS," kata Tegar, Kamis kemarin.

Pertemuan kedua di KPI ini juga dilakukan tanpa pendampingan kuasa hukum dari korban maupun terduga pelaku.

Kasus pelecehan seksual dan perundungan yang menimpa MS ini sendiri mencuat setelah ia menulis surat terbuka yang kemudian viral di media sosial, Rabu (1/9/2021).

Dalam surat terbukanya, MS mengaku sudah menjadi korban perundungan sejak ia bekerja di KPI pada 2012.

Bahkan ia juga sempat mengalami pelecehan seksual oleh sejumlah rekan kerjanya pada 2015.

S: Tribunnews


Name

Berita,17106,H,102,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,16976,News,627,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kabur dari Acara Najwa Shihab & Tolak Berdialog, Akun Ketua KPI Diserbu, dr Tirta: Masih Bisa Ketawa
Kabur dari Acara Najwa Shihab & Tolak Berdialog, Akun Ketua KPI Diserbu, dr Tirta: Masih Bisa Ketawa
https://1.bp.blogspot.com/-4UItuo5fBTA/YTw88PlEv2I/AAAAAAAAEDs/7KCGpbzH730Vd17AEiOH8fYPDhO9qMBFgCLcBGAsYHQ/w640-h356/Screenshot_2021-09-11-12-16-59-72.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4UItuo5fBTA/YTw88PlEv2I/AAAAAAAAEDs/7KCGpbzH730Vd17AEiOH8fYPDhO9qMBFgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Screenshot_2021-09-11-12-16-59-72.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/09/kabur-dari-acara-najwa-shihab-tolak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/09/kabur-dari-acara-najwa-shihab-tolak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy