$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Gojek, Tokopedia dan Bukalapak Dikuasai Asing, Erick Thohir Kecewa!

INDONESIAKININEWS.COM -  Menteri BUMN Erick Thohir mengaku kecewa karena sejumlah startup dalam negeri dicaplok asing. Meski tak anti asing,...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Menteri BUMN Erick Thohir mengaku kecewa karena sejumlah startup dalam negeri dicaplok asing. Meski tak anti asing, seyogyanya investasi di perusahaan rintisan harus didominasi investor lokal.

Rasa kecewa tersebut diutarakan Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga kepada awak media. Menurutnya, banyak startup potensial yang harus dibentuk venture capital. Tercatat BUMN di sektor perbankan telah mendirikan venture capital di sejumlah startup.

"Kita teriak-teriak asing-asing. Sementara satu punya potensi bisa masuk BUMN, jangan marah kalau asing kuasai startup kita, makanya BUMN harus masuk, lima BUMN ini sudah masuk venture capital. Kita ini kecewa, ternyata Gojek itu dikuasai asing sekarang, Tokopedia dikuasai asing, Bukalapak juga, tidak ada investor lokal yang masuk," ujarnya, Rabu (6/10/2021).

Saat ini pemegang saham terus mendorong investasi perusahaan pelat merah ke dalam unicorn. Sektor-sektor yang dibidik cukup beragam baik fintech, e-commerce, edutech, hingga pertanian.

Di sektor-sektor tersebut sangat potensial bagi BUMN. Karena itu, pemegang saham tak ingin menunggu lama untuk menggelontorkan dana ke dalam saham perusahaan rintisan tersebut.

"Asing saja masuk, berarti peluang besar. Masak kita nunggu-nunggu terus kalau udah besar mereka nilainya gak ada lagi. Kalau terus ketakutan jangan harap startup dimiliki kita, ya dimiliki asing sementara konsumennya kita," tutur dia.

Upaya penguatan dan pengembangan startup dalam negeri tidak saja dilakukan melalui pendirian modal ventura atau investasi perusahaan pelat merah. Pemerintah juga akan mendorong pendirian startup yang dilakukan anak muda.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, dalam beberapa tahun ke depan setidaknya ada 25 startup baru. Saat ini Indonesia baru mencatatkan lima perusahaan rintisan.

Kementerian BUMN sendiri akan mengambil langkah strategis untuk mewujudkan keberadaan unicorn-unicorn baru dalam negeri. Erick menyebut, pada Desember 2021 dirinya akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas hal tersebut.

"Ini kan kita harus membuat sebuah gelombang besar baru. Makanya kita bulan Desember minggu kedua, kita bersama Pak Presiden akan (membahas) juga bagaimana kita terus mendorong perusahaan yang dimiliki generasi muda agar menjadi unicorn baru," ujar Erick saat ditemui di tempat kerjanya. (RAMA)

S:Idxchannel


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Gojek, Tokopedia dan Bukalapak Dikuasai Asing, Erick Thohir Kecewa!
Gojek, Tokopedia dan Bukalapak Dikuasai Asing, Erick Thohir Kecewa!
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhm9iZt4S4fCdCw5lQwLMrpUsDPvLbnIXayszQMwueHE-vjKN_VjdAGg4YmkME40WvuPfzCbwZEceoNN2iVEW3WjQhMW8uGEOwsHXXkFaq2TYcuotvp5Z2HsaXSkDTMBO7DWXXDwRe6pgUm_Eu_hZptxIs2lksBmg9-dzMza7tj_S8Z9m9yaP1_bqj-aQ=w640-h422
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhm9iZt4S4fCdCw5lQwLMrpUsDPvLbnIXayszQMwueHE-vjKN_VjdAGg4YmkME40WvuPfzCbwZEceoNN2iVEW3WjQhMW8uGEOwsHXXkFaq2TYcuotvp5Z2HsaXSkDTMBO7DWXXDwRe6pgUm_Eu_hZptxIs2lksBmg9-dzMza7tj_S8Z9m9yaP1_bqj-aQ=s72-w640-c-h422
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/gojek-tokopedia-dan-bukalapak-dikuasai.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/gojek-tokopedia-dan-bukalapak-dikuasai.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy