$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jokowi Heran BUMN Sakit Kok Dapat Suntikan Modal Negara

INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kondisi keuangan yang sakit....


INDONESIAKININEWS.COM -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kondisi keuangan yang sakit. Sebab, berkali-kali perusahaan pelat merah sakit tersebut malah mendapatkan suntikan modal atau penyertaan modal negara (PMN).

"Sehingga kalau yang lalu-lalu BUMN-BUMN kan banyak terlalu keseringan kita proteksi. Sakit tambahi PMN. Sakit, suntik PMN. Maaf. Terlalu enak sekali," ungkap Jokowi dalam pengarahan bersama Direktur Utama BUMN, Sabtu (16/10).

Jokowi mengatakan pemberian perlindungan melalui PMN mengurangi nilai yang dibangun BUMN. Salah satunya nilai kompetisi yang membuat perseroan tidak berani bersaing mengambil risiko dan tidak dijalankannya nilai profesionalisme.

Dia pun menegaskan Menteri BUMN Erick Thohir untuk tidak memberikan pendanaan bagi perusahaan dengan kondisi keuangan yang sekarat. "Sudah lupakan pak Menteri. Lupakan proteksi-proteksi itu," ujarnya.

Jokowi menuturkan hal itu mengingat visi negara untuk BUMN sudah jelas, yakni dapat mendunia dan bersaing secara global.

Jokowi mengancam akan membubarkan perusahaan yang tidak sehat karena modal penyertaan yang diberikan kepada perseroan membuat visi tersebut terlupakan.

"Kalau saudara-saudara tidak merespons dari ketidakpastian ini dengan adaptasi secepat-cepatnya, kalau pak Menteri sampaikan ke saya, 'Pak, ini ada perusahaan seperti ini, kondisinya BUMN'. Kalau saya langsung, 'tutup saja'. Nggak ada selamet-selametin kalau sudah begitu," cetus Jokowi.

Jokowi pun mendorong para direktur utama BUMN yang hadir untuk mengembangkan model bisnis dan teknologi. Dengan demikian, bisa beradaptasi dengan keadaan yang dinamis seperti pandemi Covid-19.

Ia optimistis sejumlah perusahaan dunia mau bekerja sama dengan perusahaan pelat merah dalam negeri. Pasalnya, prospek Indonesia dalam 10-20 tahun ke depan dapat menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia.

Sebelumnya, pemerintah telah menyuntikkan dana sebesar Rp106 triliun hingga 2022. Ekonom UI Faisal Basri menilai seharusnya Erick Thohir tidak berfokus pada penyertaan modal negara, melainkan menyelamatkan nyawa masyarakat di tengah pandemi.

Sebagian dana tersebut telah disuntikkan ke sejumlah BUMN seperti PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapat Rp7,9 triliun, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendapat Rp7 triliun, hingga PT Hutama Karya (Persero) mendapat Rp19 triliun.

Pada 2022, PMN yang telah disetujui oleh Komisi VI DPR RI akan disalurkan kepada 12 perusahaan pelat merah sebesar Rp71,44 triliun.
S: CNN Indonesia



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jokowi Heran BUMN Sakit Kok Dapat Suntikan Modal Negara
Jokowi Heran BUMN Sakit Kok Dapat Suntikan Modal Negara
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEilypa41PFCwOf5LcsO3k7oBFm7wAwtGYWIX1zfGT0m3weKenLFsSGqQjNIYOALa0mkihvovchwacvgmkpxmV5g2izxqy_GVD6uAnTIwo9R6enYS30oOJEgTkU5qrwMTv5Ky1iJzpwvtuUJhnMcoEzLtlJmJpjRP4QfF2lOdunoUOnukN_olz4XKy_VUg=w640-h362
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEilypa41PFCwOf5LcsO3k7oBFm7wAwtGYWIX1zfGT0m3weKenLFsSGqQjNIYOALa0mkihvovchwacvgmkpxmV5g2izxqy_GVD6uAnTIwo9R6enYS30oOJEgTkU5qrwMTv5Ky1iJzpwvtuUJhnMcoEzLtlJmJpjRP4QfF2lOdunoUOnukN_olz4XKy_VUg=s72-w640-c-h362
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/jokowi-heran-bumn-sakit-kok-dapat.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/jokowi-heran-bumn-sakit-kok-dapat.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy