$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Viral Pernyataan Sebut Islam Muhammadiyah Tidak Benar, Zuhairi Misrawi Beri Klarifikasi

INDONESIAKININEWS.COM -  Pernyataan calon Dubes LBBP RI untuk Republik Tunisia Zuhairi Misrawi soal 'Islam Muhammadiyah' belum lama ...



INDONESIAKININEWS.COM - Pernyataan calon Dubes LBBP RI untuk Republik Tunisia Zuhairi Misrawi soal 'Islam Muhammadiyah' belum lama ini menuai kontroversi. Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas pun menyoroti pernyataan tersebut. 

Anwar sendiri meminta agar warga Muhammadiyah tidak usah marah. Seperti dilihat dalam potongan video yang diunggah akun TikTok @tofatofa_id, Zuhairi tampak berbicara di mimbar.

Zuhairi berbicara soal Islam mana yang paling benar. Dari Islam NU, Islam Syiah hingga Islam Muhammadiyah. Ia lalu menyelipkan kata Islam Muhmmadiyah “udah pasti nggaklah (benar),”.

"Kita ini tidak tahu apakah Islam NU yang paling benar. Apakah Islam Syiah yang paling benar. Apakah Islam Muhammadiyah pasti benar, udah pasti nggaklah," kata Zuhairi dalam video itu.

Anwar pun lantas mengkritik keras pernyataan Zuhairi tersebut. Ia menilai Zuhairi tidak etis dan memancing kegaduhan.

"Masalah ini kalau kita lihat dari perspektif apa yang tertulis saja dan kita tidak tahu situasi dan kondisi serta konteksnya maka pernyataan ini jelas mengesankan yang bersangkutan telah melakukan sesuatu yang tidak etis dan tidak bertanggung jawab serta jelas akan mengundang dan memancing kegaduhan," kata Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/11/2021) kemarin.

Namun demikian, Anwar mengajak masyarakat untuk melihat konteks dalam video itu. Menurutnya, konteks video itu bukan merupakan tuduhan kepada Muhammadiyah. Ia lantas menjelaskan bahwa pernyataan Zuhairi itu dimaksudkan untuk candaan.

"Tapi kalau kita tahu situasi dan kondisi serta konteksnya, maka kita tentu akan bisa paham dan mengerti karena pernyataan tersebut jelas sifatnya bukan tuduhan apalagi untuk mencap bahwa Muhammadiyah itu adalah sebuah organisasi yang tidak benar atau sesat," ungkap Anwar. 

"Tapi pernyataannya tersebut sebenarnya tidak bisa dilepaskan kaitannya dengan usaha yang bersangkutan bagi memecah dan menciptakan suasana seminar atau diskusi agar tidak terlalu tegang. Sehingga yang bersangkutan mengeluarkan pernyataan candaannya tersebut," sambung Anwar. 

Anwar juga bersyukur bahwa Zuhairi sudah menjelaskan maksud dari pernyataan tersebut. Zuhairi mengaku pernyataan itu adalah sebuah candaan.

"Tapi syukurlah, Zuhairi Misrawi sudah menjelaskan dan membantah bahwa dia tidak bermaksud demikian, tapi itu adalah sebagai sebuah ucapan candaan ketika mengisi sebuah seminar bersama para kader Muhammadiyah," ujar Anwar.

Anwar pun mengajak warga Muhammadiyah tetap tenang dan meminta pernyataan tersebut tidak terlalu serius ditanggapi apalagi dengan marah-marah.

Klarifikasi Zuhairi
Politikus PDIP itu pun langsung memberikan klarifikasi soal pernyataannya dalam video tersebut. Zuhairi mengatakan bahwa pernyataan 'Muhammadiyah pasti tidak' adalah candaan dalam seminar bersama kader Muhammadiyah.

"Guyonan saya dalam sebuah seminar bersama kader Muhammadiyah digoreng lagi. Saya saat itu sebagai cendekiawan NU. Dalam sebuah seminar, kami biasa saling lempar guyonan. Oh democrazy ala buzzer...." tulis Zuhairi melalui akun Twitternya, @zuhairimisrawi.

Selain itu, Zuhairi juga menyebut bahwa guyonannya itu telah 'digoreng' oleh kelompok tertntu dan berbahaya bagi kerukunan antarumat beragama. Pernyataan itu diambil sepotong dan diframing seolah menyudutkan Muhammadiyah.

Padahal dalam seminar, Zuhairi mengatakan bahwa dalam beragama, semua harus rendah hati. Jangan menganggap diri yang paling benar. Meski dirinya NU, Zuhairi memastikan bahwa ia tidak menganggap diri sebagai yang paling benar.

"Pesan utamanya, kita umat beragama harus toleran dan rendah hati. Saya kader NU, tapi saya tidak berani menganggap sebagai yang paling benar. Semua umat dan agama-agama harus toleran dan rendah hati," kata Zuhairi.

Kemudian, setelah memberi wejangan tersebut Zuhairi lantas melempar guyon ala NU dan dibalas guyon oleh kader Muhammadiyah yang datang.

"Lalu saya guyon begini, karena narasumber yang lain dari Muhammadiyah, Profesor Muhammad Najib Burhani. Di mata NU, Islam ala Muhammadiyah tidak benar, tapi kita harus toleran dan rendah hati. Perbedaan itu niscaya,” imbuh Zuhairi.

Acara itu juga berlangsung penuh dengan canda dan tawa. Ini karena hadirin, baik dari kalangan NU maupun Muhammadiyah bersahabat dan bisa menerima perbedaan sebagai khazanah Islam yang harus dirayakan secara bersama-sama.

"Dalam forum itu, saya sebagai cendekiawan NU, bukan kader PDI Perjuangan. Tolong jangan sebar hoax, mari kita jaga toleransi beragama di negeri ini, terutama toleransi antara NU dan Muhammadiyah," ujar Zuhairi. 

"Jadi ini perkataaan saya dipotong dan diframming, sangat membahayakan bagi toleransi antar umat," tutup Zuhairi.

s: jatimtimes.com


Name

Berita,18527,H,134,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,21,Nasional,18392,News,896,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral Pernyataan Sebut Islam Muhammadiyah Tidak Benar, Zuhairi Misrawi Beri Klarifikasi
Viral Pernyataan Sebut Islam Muhammadiyah Tidak Benar, Zuhairi Misrawi Beri Klarifikasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg5qgFSCQEHw8_Fwq_UJtZU2Lr0ER86Jg1Iz8R5l5J2Ud-InYM-ow-zfPZSb9x_ge36p5ggZzN-w7jlNceejg8PJQhDUMRYvA38x1mB39n3LFdWSFsWaaOrxnKFEo5Uw7TM70BPTm9qWweaQwoeq8xq3dU8hYm_04SHLZCtyBMh-6pcD-gsWGpV12wywQ=w640-h394
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg5qgFSCQEHw8_Fwq_UJtZU2Lr0ER86Jg1Iz8R5l5J2Ud-InYM-ow-zfPZSb9x_ge36p5ggZzN-w7jlNceejg8PJQhDUMRYvA38x1mB39n3LFdWSFsWaaOrxnKFEo5Uw7TM70BPTm9qWweaQwoeq8xq3dU8hYm_04SHLZCtyBMh-6pcD-gsWGpV12wywQ=s72-w640-c-h394
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/viral-pernyataan-sebut-islam.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/viral-pernyataan-sebut-islam.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy