$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Wow! Cuma Beberapa Hari ke LN, Jokowi Sukses Tarik Investasi Senilai 637 Triliun!

INDONESIAKININEWS.COM -  Jokowi memang benar-benar presiden fenomenal dan mengglobal. Tak pernah dibayangkan sebelumnya kalau Indonesia yang...



INDONESIAKININEWS.COM - Jokowi memang benar-benar presiden fenomenal dan mengglobal. Tak pernah dibayangkan sebelumnya kalau Indonesia yang dulu dipandang sebelah mata oleh dunia, kini malah ditunjuk memimpin negara-negara G 20 tahun depan. Jokowi juga mendapat kepercayaan yang luar biasa tinggi di kalangan negara Arab hingga banyam masjid dan jalan memakai namanya.

Di dalam negeri, presiden kurus kita juga tak kalah fenomenal. Baru kali ini ada presiden RI yang sukses menggebuk ormas radikal hingga memburu puluhan debitur BLBI.Rasanya kalau bukan Jokowi yang jadi presiden, tak mungkin semua pencapaian ini terlaksana. Tak mungkin juga Indonesia dipercaya mengelola investasi senilai 600 triliun lebih.

Investasi bernilai fantastis yang diperoleh dari lawatan KTT G 20, COP 26 hingga kunjungan ke negara Arab di UEA. Karena sejatinya negara-negara kaya seperti itu tak pernah tanggung-tangung nilainya jika may berinvestasi. Saya beri contoh nilai investasi Qatar ke salah satu universitas UK untuk teknologi carbon capture and storage yang mencapai ratusan triliun. Tentunya Indonesia sudah sangat dipercaya oleh mereka jika diberi nilai investasi serupa.


 
Sebelumnya dilansir bisnis.com, akhirnya usai sudah lawatan Presiden Jokowi ketiga negara. Dari Roma hingga Abu Dhabi, Presiden Jokowi dan rombongan sukses besar.

Tak hanya mendapatkan perhatian dunia di forum besar, G20 dan COP26 Glasglow, Presiden mengantongi komitemen investasi jumbo dari persinggahannya di Uni Emirat Arab. Komiten pun juga mengalir dari pertemuan para menteri dan BUMN di tengah-tengah Expo 2020 Dubai.

Jika ditotal, menurut Sekretariat Negara (Setneg), lawatan presiden sukses menghasilkan komitmen bisnis dan investasi senilai US$32,7 miliar. Jumlah tersebut didapat dari 19 perjanjian kerja sama. 

Adapun, komitmen bisnis dan investasi tersebut antara lain kerja sama antara Indonesia Investment Authority (INA) dengan Abu Dhabi Growth Fund (ADG), INA dan DB World, floating solar panel antara Masdar dan Pertamina, refinery Balikpapan, manufaktur dan distribusi vaksin dan bio product.

Selain itu juga berbagai kesepakatan G42 dengan mitra di Indonesia, antara lain di bidang smart cities, telekomunikasi, pengembangan laboratorium genomic, dan lain sebagainya.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berharap nilai US$32,7 miliar yang telah ada bisa didongkrak lagi menjadi paling tidak di atas US$35 miliar. Dalam negosiasi perjanjian kerja sama, Bahlil menuturkan pemerintah fokus pada bidang hilirisasi.

"Kenapa hilirisasi? Salah satu visi besar Bapak Presiden pada poin kelima adalah tentang bagaimana membangun transformasi ekonomi di mana transformasi ekonomi wujudnya adalah nilai tambah dengan industrialisasi. Ini akan kita buat dan kita umumkan besok nanti,” ujar Bahlil.

Bahlil berharap, nilai US$32,7 miliar yang telah ada bisa didongkrak lagi menjadi paling tidak di atas US$35 miliar. Namun hasilnya, Minggu (7/11/2021), BKPM membagikan update terbaru bahwa total komitmennya telah mencapai US$44,6 miliar atau Rp637,7 triliun.

Dengan total komitmen investasi US$44,6 miliar, Bahlil menuturkan di dalamnya telah termasuk nilai investasi dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Investasi/BKPM dengan Air Products dari Amerika Serikat senilai US$15 miliar. Dia menuturkan Uni Emirat Arab memiliki minat tersendiri akan pembangunan ibu kota baru Indonesia.


 
Sebelumnya, saat Presiden Jokowi bertemu dengan para investor di Glasgow di sela-sela KTT Pemimpin Dunia COP26, Indonesia juga mendapatkan komitmen investasi sebesar US$9,2 miliar. Sehingga jika ditotal dengan jumlah komitmen investasi yang didapat di PEA, jumlahnya mencapai US$41,99 miliar

Tidak hanya itu, negara arab lainnya, Qatar, menunjukkan minat besar untuk berinvestasi di Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengakui ada sejumlah pembahasan kerja sama investasi dengan Qatar saat berkunjung ke negara Timur Tengah tersebut.

Lembaga investasi Qatar Investment Authority (QIA) mengaku terkesan dengan potensi dan perkembangan bisnis di Indonesia, terutama di bidang pariwisata dan energi.

Erick menuturkan Qatar sangat terkesan dengan pembangunan yang terus dilakukan Indonesia selama beberapa tahun terakhir di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Di luar daftar di atas, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga mengatakan bahwa Al Khaleej Sugar Co., produsen terbesar gula di kawasan Timur Tengah dan lima besar dunia, berminat untuk berinvestasi di Indonesia.

Dikutip dari Antara, Komitmen tersebut senilai US$2 miliar atau sekitar Rp28,68 triliun dalam pengembangan etanol di Indonesia.

“AKS akan berinvestasi pabrik gula terintegrasi di Indonesia. Selain memproduksi gula, AKS juga rencananya memproduksi bioetanol dan listrik dari biomassa,” kata Agus di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (7/11/2021).

Komitmen itu disampaikan oleh Managing Director Al Khaleej Sugar Co. sekaligus Chairman Jamal A-Ghurair Group, Jamal Al-Ghurair saat bertemu dengan Menteri Agus di Dubai.

Semoga saja investasi besar-besaran yang akan masuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta menciptakan banyak lapangan kerja. Intinya kita harua terus optimis akan kinerja pemerintah. Jangan sampai terhasut berita miring yang menyatakan tak ada harapan lagi ke depan atau Indonesia bakalan bubar, bangkrut dan sebagainya. Karena faktanya semakin hari semakin banyak peluang yang tersedia. Terutama kalau kita mau mengembangkan diri dan menguasai teknologi dan informasi, bukan sebaliknya selalu menyalahkan pemerintah dari smeua masalah yang ada.

Begitulah kura--kura



S:Niha alif


Name

Berita,18527,H,134,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,21,Nasional,18392,News,896,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Wow! Cuma Beberapa Hari ke LN, Jokowi Sukses Tarik Investasi Senilai 637 Triliun!
Wow! Cuma Beberapa Hari ke LN, Jokowi Sukses Tarik Investasi Senilai 637 Triliun!
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgY-l1jtaoxUiI10uGXgk9NCil1tl3VuSkpdMGvHie_yc-KBbMmA3rrsKLohB_GLeRtxkz7m-dWcnT_hLGiipLfOkb7NRhmdtH2T2uTcgtrXo_4TiUhjhIg76Sx6PYXjYyjYzM31hKvxd8PBqx_kKDMmyhm6vTdGs_ND6OLD6eKlDnp5anouApPkMiI=w640-h618
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgY-l1jtaoxUiI10uGXgk9NCil1tl3VuSkpdMGvHie_yc-KBbMmA3rrsKLohB_GLeRtxkz7m-dWcnT_hLGiipLfOkb7NRhmdtH2T2uTcgtrXo_4TiUhjhIg76Sx6PYXjYyjYzM31hKvxd8PBqx_kKDMmyhm6vTdGs_ND6OLD6eKlDnp5anouApPkMiI=s72-w640-c-h618
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/wow-cuma-beberapa-hari-ke-ln-jokowi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/wow-cuma-beberapa-hari-ke-ln-jokowi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy