$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Puan soal Konflik Natuna: Tiongkok Perlu Hormati Hak Berdaulat Indonesia!

INDONESIAKININEWS.COM -  Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Tiongkok untuk tidak mengeklaim secara sepihak wilayah Laut Natuna Utara. Puan m...



INDONESIAKININEWS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Tiongkok untuk tidak mengeklaim secara sepihak wilayah Laut Natuna Utara. Puan mendesak agar mereka menghormati kedaulatan wilayah Indonesia.

"Sebagai sesama negara pihak UNCLOS, Tiongkok harus menghormati hak berdaulat Indonesia, dengan tidak mengeklaim zona maritim tanpa ada alasan hak yang sah sesuai hukum laut yang berlaku," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Jumat (3/12).

Hal itu disampaikannya setelah Pemerintah Tiongkok melayangkan kritik atas pengeboran minyak dan gas alam (migas) hingga latihan militer yang dilakukan Indonesia di lepas pantai Natuna Utara.

Menurut Puan, wilayah tersebut masih merupakan bagian dari NKRI, sehingga tidak menjadi persoalan apabila Indonesia melakukan aktivitas di sana.

“Tidak ada alasan pemerintah Tiongkok untuk mengajukan protes terkait eksploitasi migas di Natuna yang masih menjadi bagian hak berdaulat Republik Indonesia,” tegas Puan.

“Indonesia akan tetap melakukan aktivitasnya di kepulauan Natuna demi menjalankan hak berdaulatnya dan pengelolaan sumber daya alam yang diamanatkan konstitusi,” lanjutnya.

Puan menjelaskan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS). Dalam konvensi tersebut, Natuna Utara seharusnya masih termasuk dalam wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

“Dan perlu diingat, berdasarkan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut atau UNCLOS, Indonesia mempunyai hak berdaulat untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber daya alam di ZEE dan landas kontinennya,” tambah dia.

Terkait nasib hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok, mantan Menko PMK tersebut menegaskan bahwa kedaulatan negara perlu diutamakan.

“DPR RI memahami hubungan diplomatik yang baik antara Indonesia dan Tiongkok harus dijaga. Namun jika sudah terkait kedaulatan dan hak berdaulat negara, kita tidak bisa berdiam diri dan harus tegas,” ungkap Puan.

“Kita tidak bisa main-main dengan masalah kedaulatan dan hak berdaulat negara karena ini menyangkut harga diri bangsa. Pemerintah juga harus menjaga wilayah teritorial dan ZEE Indonesia yang mengandung sumber daya alam demi kesejahteraan rakyat,” lanjut dia.

Ia juga meminta Pemerintah untuk menjelaskan duduk perkara terkait kritik Tiongkok kepada Indonesia soal Natuna Utara. Menurutnya, masyarakat membutuhkan penjelasan resmi dari pemerintah terkait hal ini.

“Pemerintah kami harapkan bisa memberi penjelasan komprehensif mengenai informasi yang beredar soal protes dari Tiongkok terhadap aktivitas pengeboran di lepas pantai di Natuna,” kata Puan.

“Pemerintah harus memperhatikan keresahan publik. Jika memang tidak ada surat resmi dari Tiongkok, maka beri penjelasan ke masyarakat. Namun jika ternyata memang ada protes dari Tiongkok, pemerintah juga harus bersikap karena ini menyangkut hak berdaulat negara,” tandasnya.

s: kumparan


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Puan soal Konflik Natuna: Tiongkok Perlu Hormati Hak Berdaulat Indonesia!
Puan soal Konflik Natuna: Tiongkok Perlu Hormati Hak Berdaulat Indonesia!
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjGjVSphv4gEsxSQyLUbcHRU3HyLOO5ht6ifNubJetx_F0PCLS3BOdXBdM6zDkTJgSN7Mye5syjIZ8vZfXlYH_2qHcHECGeAhMqMswePrKF5WqTLBWOl0sYUGsoubsQMWIlN-nxW-I5oHO36JAhgF0k5WEr-JkkOTnUYs8RW7BmaBgFs1Ce_r4DzhNNGg=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjGjVSphv4gEsxSQyLUbcHRU3HyLOO5ht6ifNubJetx_F0PCLS3BOdXBdM6zDkTJgSN7Mye5syjIZ8vZfXlYH_2qHcHECGeAhMqMswePrKF5WqTLBWOl0sYUGsoubsQMWIlN-nxW-I5oHO36JAhgF0k5WEr-JkkOTnUYs8RW7BmaBgFs1Ce_r4DzhNNGg=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/puan-soal-konflik-natuna-tiongkok-perlu.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/puan-soal-konflik-natuna-tiongkok-perlu.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy