$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Yusuf Muhammad Bongkar Sejarah JIS, Bukan Karya Murni Gubernur Anies Baswedan, Ada juga Jokowi-Ahok

INDONESIAKININEWS.COM -  Penggiat Media Sosial Yusuf Muhammad, membongkar sejarah Jakarta International Stadium atau yang disingkat dengan J...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Penggiat Media Sosial Yusuf Muhammad, membongkar sejarah Jakarta International Stadium atau yang disingkat dengan JIS, yang dulunya namanya Stadion BMW, diklaim sebagai karya Gubernur DKI Anies Baswedan. Ini narasi lengkap video Oke Dum, Yusuf Muhammad.

Jakarta International Stadium atau yang disingkat dengan JIS adalah yang dulunya namanya Stadion BMW. Mengapa dinamakan BMW, karena pembangunannya berada di bekas lokasi taman bersih manusiawi dan berwibawa atau disingkat dengan BMW.

Itulah mengapa awal mula pembangunannya dinamakan dengan stadion BMW dan pembangunan stadion di ex taman BMW ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, bukanlah rencana yang baru. Tapi pembangunannya ini sudah direncanakan sejak di era Gubernur Fauzi Bowo. Jadi ini sudah lama sekali.

Lah terus kenapa sekarang namanya berubah menjadi Jakarta International Stadium atau JIS? Ya tentu ini bukanlah hal yang baru. Kalau soal mengganti nama, itu memang Anies Baswedan juaranya. Nah jadi begini, saya kasih tahu ya, masih ingat nggak dulu di era Jokowi-Ahok ada program yang namanya Rumah Rusun.

Terus program Rumah Rusun itu diganti oleh Anies Baswedan dengan istilah nama baru yaitu program Rumah Lapis. Jadi rumahnya itu berlapis-lapis, makanya dinamakan dengan Rumah Lapis, bukan Rumah Susun. Ya mungkin saja saat itu Anies Baswedan terinspirasi dengan namanya Kue Lapis.

Jadi nggak ada yang tahu juga kan. Nah kemudian program normalisasi sungai di era Jokowi ini juga diubah namanya oleh Anies Baswedan dengan istilah naturalisasi sungai. Biasanya kan pemain sepak bola yang dinaturalisasi, lah ini sungai pun bisa di naturalisasi, coba? Ya walaupun sampai saat ini programnya ini belum terealisasi sama sekali. Nah kemudian ada lagi soal penggusuran. Itu pun diganti namanya oleh Anies Baswedan dengan istilah baru. Apa itu? Ya itu diubah dengan penggeseran. Jadi kalau ada bangunan-bangunan yang ilegal atau liar yang berada di pantaran sungai, maka bangunan itu bukannya digusur, tapi akan digeser oleh Anies Baswedan.

Dan begitu juga dengan nama Stadion BMW yang saat ini diganti namanya oleh Anies Baswedan bersama dengan Sandiaga Uno saat itu dengan nama Jakarta International Stadium atau JIS. Memangnya kalau soal mengganti nama, maka Anies Baswedan adalah juaranya. Ya sesuailah dengan keahliannya dalam menata kata-kata.

Nah, tapi baiklah, dalam episode Oke Dum kali ini saya akan bongkar semuanya. Fakta-fakta seputar Stadion BMW atau yang saat ini telah berganti nama menjadi Jakarta International Stadium atau JIS. Perlu diketahui bahwa rencana pembangunan stadium berstandar FIFA itu, sudah dicetuskan sejak tahun 2008 ketika di era gubernur Fauzi Bowo.

Saat itu gubernur era Fauzi Bowo telah melakukan penggusuran bangunan-bangunan liar di kawasan taman BMW untuk dijadikan stadion yaitu Stadion BMW pada saat itu. Jadi pembangunannya ini sudah memakan waktu lebih dari satu dekade atau tepatnya 11 tahun. Kalau dihitung maka proyek ini melibatkan 5 gubernur dalam mengambil keputusan politik atas megastruktur yang dijadwalkan akan selesai pada tahun 2022 nanti.

Nah banyak sekali hambatan dalam pembangunan proyek ini, terutama soal sengketa lahan. Dan yang perlu dicatat adalah bahwa proyek stadion ini bukan murni inisiatif dan karya Anies Baswedan. Yang murni inisiatif Anies Baswedan itu adalah membangun bambu getah getih, terus tidak lama kemudian ini dibongkar.

Dan kemudian membangun tugu sepatu, tapi baru sehari, eh ternyata di bongkar lagi coba! Dan terakhir Anies Baswedan ini mau bikin pencitraan ajang Formula E. Nah sekarang coba perhatikan saja, banyak program prioritas Anies Baswedan yang tidak bisa dijalankan. Misalnya bikin rumah DP 0 Rupiah, yang sekarang justru dijadikan ajang korupsi berjamaah. Nah begitu juga dengan Formula E ini yang tidak jalan sama sekali.

Nah balik lagi soal pembangunan stadion JIS, jadi pembangunan stadion ini memiliki sejarah yang sangat Panjang. Bahkan beberapa kali sempat digugat terkait dengan sengketa lahan. Mulai dari era gubernur Fauzi Bowo, kemudian Jokowi, Ahok dan Djarot, semua ini pernah mengurusi masalah gugatan terkait dengan sengketa lahan hingga pada akhirnya groundbreaking pun dilakukan oleh Jokowi pada saat itu.

Tapi apakah masalah sengketa lahan itu selesai sampai disitu? Ternyata tidak. Terakhir di era Anies Baswedan ini juga masih ada yang namanya gugatan yaitu dari PT Buana Permata Hijau atau BHP. Gugatan itu sempat dikabulkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara atau PTUN, namun akhirnya putusan PTUN itu dibatalkan oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara atau PTTUN setelah Pemprov DKI Jakarta ini mengajukan banding.

Dan sekarang pembangunan stadion itu pun terus dilakukan. Nah sangat disayangkan jika catatan sejarah panjang ini ingin dihapus oleh para buzzer-buzzer balai kota itu. Ya saya yakin, sebagian dari mereka ini sudah mengetahui sejarah panjang pembangunan stadion ini. Tapi pada dasarnya mereka ingin mengklaim bahwa stadion itu seakan-akan hanyalah karya gubernur DKI Jakarta saat ini.

Tanpa melibatkan gubernur-gubernur sebelumnya. Nah banyak pembelokan narasi terjadi tentang pembangunan stadion ini. Terutama mereka yang menjadi pendukung gubernur seiman. Nah perlu diketahui juga bahwa pembangunan stadion ini awalnya ditargetkan menelan anggaran sebesar 1,3 Triliun Rupiah. Namun kemudian membengkak menjadi 4,5 Triliun Rupiah, luar biasa kan? Nah terus dari mana saja dana itu didapatkan? Ternyata dananya ini dari pemerintah pusat yaitu melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN.

Jadi di tengah hantaman pandemi covid-19 ini, APBD DKI Jakarta ini mengalami kontraksi yang cukup dalam. Makanya Anies Baswedan ini mengajukan pinjaman kepada pihak pemerintah pusat sebesar 12,5 Triliun Rupiah. Nah yang bisa dicairkan pada saat ini baru sebesar 3,26 Triliun Rupiah.

Jadi dari 3,26 Triliun Rupiah itu sudah dibagi untuk pembiayaan enam proyek infrastruktur, salah satunya yaitu pembangunan stadion JIS yang mendapatkan pos anggaran sebesar 1,182 Triliun Rupiah. Dan bak pahlawan kesiangan, stadion itu pun kini di klaim sebagai karya Anies Baswedan. Luar biasa kan? Memang kelicikan di balik pembangunan stadion JIS ini sangat masif disebarkan oleh buzzer-buzzer balai kota.

Dikira semua netizen itu gampang dibodohi seperti mereka, sehingga hal begini pun nekat di klaim sebagai karya Anies Baswedan. Lah jangankan bangun stadion, membangun trotoar dan sumur resapan saja semuanya ini berantakan coba. Jadi sudahlah, pesan saya lebih baik hentikan menyebarkan narasi-narasi murahan soal pembangunan JIS ini.

Tuh lihat! Masih banyak warga DKI Jakarta yang belum memiliki jamban. Urus tuh rumah DP 0 Rupiah. Ya saya kira demikian dulu opini singkat Oke Dum kali ini, jangan lupa jaga terus NKRI!. (*)

S:Manadopost


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Yusuf Muhammad Bongkar Sejarah JIS, Bukan Karya Murni Gubernur Anies Baswedan, Ada juga Jokowi-Ahok
Yusuf Muhammad Bongkar Sejarah JIS, Bukan Karya Murni Gubernur Anies Baswedan, Ada juga Jokowi-Ahok
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj4qQJpBYi8n0X41tQCtqkZyn5WV5AlTf4qQBBCgXHTRWDC80C55qd5jukFXCUTQlbm6d9cJeDPjoyN6mWIZ3PQqHhBtDf90w-GuvvmiSoMHcc_b6hNIF2aV0hjsYBZZbqU9PtBH9sFcdyO84d13te4XD9ispTFGJkRkkeZTclDC1H7n_y7lMakS0KDuA=w640-h320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj4qQJpBYi8n0X41tQCtqkZyn5WV5AlTf4qQBBCgXHTRWDC80C55qd5jukFXCUTQlbm6d9cJeDPjoyN6mWIZ3PQqHhBtDf90w-GuvvmiSoMHcc_b6hNIF2aV0hjsYBZZbqU9PtBH9sFcdyO84d13te4XD9ispTFGJkRkkeZTclDC1H7n_y7lMakS0KDuA=s72-w640-c-h320
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/yusuf-muhammad-bongkar-sejarah-jis.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/yusuf-muhammad-bongkar-sejarah-jis.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy