$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

2 Oknum Guru SMP di Medan Hina Siswinya Bodoh & Miskin, Kini Mendapat Sanksi dari Dinas Pendidikan

INDONESIAKININEWS.COM -  Dua oknum guru SMP Negeri 28 Medan, Sumatera Utara menghina siswinya yang bernama Indah Pratiwi. Menurut Indah oknu...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Dua oknum guru SMP Negeri 28 Medan, Sumatera Utara menghina siswinya yang bernama Indah Pratiwi.

Menurut Indah oknum gurunya yang menghina tersebut berawal dari dirinya yang belum membayar uang buku dan uang sekolah.

"Jadi itu kejadiannya sudah berulang, waktu itu berawal saya belum bayar uang sekolah dan uang buku, ketika di ruangan kelas saya mengobrol sebentar dengan teman."

"Lalu tiba tiba saya dilempar dan dikatain udah miskin bodoh mau jadi apa," cerita siswi kelas III SMP ini dikutip dari Tribun Medan, Sabtu (15/1/2022)

Namun kejadian tersebut saat disampaikan Indah kepada sang kakak, dan orang tua asuhnya masih merespon dengan sikap bijak.

Indah juga mengaku bahwa persoalan ini sudah ditengahi oleh Wakil DPRD Kota Medan namun usai dari pertemuan sang guru kembali memarahi dirinya.

Kini dua oknum guru tersebut telah diberi sanksi peringatan oleh Dinas Pendidikan Kota Medan.

Hal tersebut disampaikab oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Laksamana Putra Siregar, Jumat (14/1/2022).

"Tadi kita bertemu, kedua oknum guru tersebut sudah kita berikan peringatan dan mereka juga mengaku sudah menyesali perbuatannya," ujarnya.

Laksamana juga mengaku kedunya telah menandatangani surat perjanjian agar tidak melakukan hal yang serupa.

Jika keduanya melakukan hal serupa, Laksamana mengatakan akan dilakukan tindakan sesuai dengan yang peraturan yang berlaku.

"Tadi kita sudah minta mereka untuk menandatangani surat perjanjian agar tidak mengulangi hal serupa," katanya.

Laksamana mengimbau agar guru-guru lainnya tidak melakukan hal yang sama dengan yang telah dilakukan oleh kedua oknum guru SMP Negeri 28 Medan.

"Saya berharap kejadian ini bisa menjadi pelajaran untuk guru-guru lainnya."

"Di mana selain tentang pelajaran sekolah guru juga harus mengajarkan sikap dan etika kepada murid," katanya.

Sikap Wali Kota Bobby Nasution

Wali Kota Medan Bobby Nasution akan memanggil dua orang guru yang diduga melontarkan kata-kata kasar dan penghinaan kepada siswi di SMP Negeri 28 Medan pada Jumat (14/1/2022) hari ini.

Bobby memastikan kedua oknum guru tersebut yakni Refia Samosir dan Masrohima mendapatkan teguran yang pantas akibat perbuatannya.

"Akan kita panggil, kita beri peringatan karena itu guru ASN bukan guru honorer."

"Kita berikan teguran kepada pelakunya dalam hal ini gurunya, makanya saya bilang guru itu harus paham bukan hanya nilai bagus terus anak itu bagus, itu memang salah satu point, tapi attitude di sekolah itu juga perlu diperhatikan," ujar Bobby di Balai Kota Medan, Kamis (13/1/2022) kemarin.

Menurut Menantu Presiden Jokowi itu, guru seharusnya memberikan contoh yang baik kepada muridnya terlebih dari segi sikap dan perilaku.

Dengan tegas Bobby mengatakan, hal yang dilakukan kedua guru di SMP Negeri 28 Medan tersebut tidak sesuai dengan tugas dasar guru untuk mendidik siswa dari berbagai aspek selain akademis.

"Kita akan panggil gurunya, guru inikan bukan hanya mendidik di bidang ilmu pengetahuan tapi attitude itu juga diajarkan oleh guru di sekolah," katanya.

Bobby mengatakan guru juga harus bisa mengajarkan siswa untuk pintar dalam hal emosional dan etika.

"Karena orang tua kita menitipkan kita di sekolah itu bukan hanya agar pintar pelajaran tapi juga pintar dalam bergaul, pintar dalam mengatur emosional, juga pintar dalam bidang-bidang yang lain jadi guru itu bukan hanya pintar dalam bidang keilmuan saja, tapi semua aspek juga harus bisa dinilai," ungkapnya.

Menurutnya, tidak semestinya siswa-siswi dari latar belakang manapun dapat dikatakan bodoh atau miskin seperti yang dilontarkan oleh Refia dan Masrohima kepada seorang siswi yatim di SMP Negeri 28 bernama Indah.

"Bukan berarti siswa itu kalau kurang di salah satu pelajaran terus dianggap bodoh, dianggap tidak mampu."

"Padahal pasti siswa-siswi itu punya kelebihan yang lain jadi guru harus bisa melihat itu," katanya.

Bobby memastikan hal tersebut akan ia sampaikan langsung kepada dua orang guru SMP Negeri 28 Medan saat pemanggilan esok hari.

"Itu yang ingin kita sampaikan besok akan kita panggil guru dan kepala sekolah," pungkasnya.

S:Tribun Banten


Name

Berita,22076,H,151,HUMOR,7,Internasional,226,Kesehatan,26,Nasional,21872,News,1312,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: 2 Oknum Guru SMP di Medan Hina Siswinya Bodoh & Miskin, Kini Mendapat Sanksi dari Dinas Pendidikan
2 Oknum Guru SMP di Medan Hina Siswinya Bodoh & Miskin, Kini Mendapat Sanksi dari Dinas Pendidikan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhhj5NSgPDZ87TDRuTerCurOeLg-EBqArzLYiNAkBJ4duaN_IGzgn6_otXEaKhqG4yFoVfubUQyYerA4hS-hJmpmR-seONLVMJsWwYj31M_kTnXaJqvCO-xbHDdzbp3eWWik8H28YQCVNr2EOzsRjUsCalstlVjScIMGLI6k6jyCVwlGlaYm_uN2DHFPg=w640-h356
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhhj5NSgPDZ87TDRuTerCurOeLg-EBqArzLYiNAkBJ4duaN_IGzgn6_otXEaKhqG4yFoVfubUQyYerA4hS-hJmpmR-seONLVMJsWwYj31M_kTnXaJqvCO-xbHDdzbp3eWWik8H28YQCVNr2EOzsRjUsCalstlVjScIMGLI6k6jyCVwlGlaYm_uN2DHFPg=s72-w640-c-h356
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/2-oknum-guru-smp-di-medan-hina-siswinya.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/2-oknum-guru-smp-di-medan-hina-siswinya.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy