$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Arteria Dahlan Dinilai Rasis karena Singgung Bahasa Sunda, Budi Dalton: Jangan-jangan ini Mah 'By Order'

INDONESIAKININEWS.COM -  Politisi PDIP, Arteria Dahlan, saat ini tengah menjadi perbincangan banyak pihak buntut ucapannya yang menyinggung ...



INDONESIAKININEWS.COM - Politisi PDIP, Arteria Dahlan, saat ini tengah menjadi perbincangan banyak pihak buntut ucapannya yang menyinggung bahasa Sunda.

Diketahui, Anggota Komisi III DPR RI tersebut sempat meminta Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang berbicara bahasa Sunda dicopot dari jabatannya.

Permintaan itu disampaikan Arteria Dahlan pada Jaksa Agung ST Burhanuddin saat Komisi III DPR RI melakukan rapat kerja bersama Kejaksaan Agung pada Senin, 17 Januari 2022.

"Ada kritik sedikit Pak JA, ada Kajati yang dalam rapat dan dalam raker itu ngomong pakai bahasa Sunda, ganti Pak itu," ujarnya.

Ia tidak setuju dengan Kajati yang menggunakan bahasa Sunda saat rapat dan rakernas, sebab menurutnya hal itu bisa menjadi ketakutan bagi orang-orang.

"Kita ini Indonesia pak, jadi orang takut kalau ngomong pakai bahasa Sunda nanti orang takut ngomong apa dan sebagainya," tegasnya.

Pernyataan Arteria Dahlan itu pun mengundang kemarahan banyak pihak termasuk salah satunya budayawan Sunda, Budi Dalton.

Melalui unggahan video di akun Instagram miliknya, Budi Dalton tampak meluapkan kekesalnnya terhadap Arteria Dahlan.

Ia mengatakan bahwa gembar-gembor toleransi dan persatuan yang digaungkan rakyat selama ini menjadi percuma, sebab adanya wakil rakyat yang bersikap rasis.

"Hey, percuma euy rakyat menggembar-gemborkan toleransi dan persatuan, wakil rakyatna ge rasis kitu (wakil rakyatnya juga rasis seperti itu)," ujarnya melalui unggaha video di akun @artgram, Selasa 18 Januari 2022.

Budi Dalton mengakui bahwa dirinya heran dengan sikap Arteria Dahlan yang mempermasalahkan seorang Kajati lantaran menggunakan bahasa Sunda di sebuah rapat.

Padahal menurutnya, terdapat bahasa lain selain bahasa Sunda yang seringkali digunakan sebagai istilah dalam sebuah rapat, termasuk bahasa inggris dan bahasa daerah lainnya.

"Lagi pula di di dalam sebuah rapat tuh juga banyak yang memakai istilah dalam bahasa Inggris atau bahasa daerah lainnya," ujarnya.

Apalagi, ia meyakini bahwa Kajati tersebut tak sepenuhnya menggunakan bahasa sunda ketika memimpin sebuah rapat.

Namun, ia merasa heran lantaran bahasa Sunda malah dijadikan tameng Arteria Dahlan untuk mengkritik Kajati, sementara bahasa lain dibiarkan.

"Tentunya tidak keseluruhan rapat itu berbahasa sunda, saya yakin. Tapi pada saat idiom sunda ini muncul kenapa mesti dikritik, kalo yang berbahasa lain tidak," terangnya.

Lebih lanjut, Budi Dalton juga mengaku bahwa sebenarnya tak mempermasalahkan apabila Arteria Dahlan memang berniat mengkritik.

Akan tetapi, pria yang juga berprofesi sebagai aktor itu menganggap Arteria Dahlan sudah keterlaluan, sebab sampai meminta Kajati diganti hanya karena berbicara bahasa Sunda.

Ia pun menduga-duga bahwa ada orderan dibalik permintaan Arteria Dahlan yang meminta Kajati tersebut dipecat.

"Lagi pula kalo kritik memang tidak apa-apa lah, tapi ini malah minta diganti, jangan-jangan ini mah 'by order'," lanjutnya.

Tak hanya itu, Budi Dalton juga memperingatkan Arteria Dahlan agar tak asal bicara, lantaran dia hanya seorang wakil rakyat.

"Jangan lupa anda itu wakil rakyat, wakil rakyat. Tah aing rakyat na mah," pungkasnya.

s: pikiran-rakyat.com


Name

Berita,22084,H,151,HUMOR,7,Internasional,226,Kesehatan,26,Nasional,21880,News,1313,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Arteria Dahlan Dinilai Rasis karena Singgung Bahasa Sunda, Budi Dalton: Jangan-jangan ini Mah 'By Order'
Arteria Dahlan Dinilai Rasis karena Singgung Bahasa Sunda, Budi Dalton: Jangan-jangan ini Mah 'By Order'
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgCrZmSNf0R533uaDMM1yipBn_bw_nb9L-zLJoEb8flkkmOiqs_cSP5e3IlqMOufBfivrBRE0tj-dxVYx7F201X0fI6Q_oabT-r4EH3vc--2YvmGLCj5_L8ATjG2My57mEMocLZr7D7J2eb3wyYfjMomh8qlBj00SvBHeG6LmdPfc9HIhewIwqXHY7HHw=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgCrZmSNf0R533uaDMM1yipBn_bw_nb9L-zLJoEb8flkkmOiqs_cSP5e3IlqMOufBfivrBRE0tj-dxVYx7F201X0fI6Q_oabT-r4EH3vc--2YvmGLCj5_L8ATjG2My57mEMocLZr7D7J2eb3wyYfjMomh8qlBj00SvBHeG6LmdPfc9HIhewIwqXHY7HHw=s72-w640-c-h426
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/arteria-dahlan-dinilai-rasis-karena.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/arteria-dahlan-dinilai-rasis-karena.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy