$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ekspor Batu Bara Dilarang, Erick Thohir Tak Mau Negara Lain Lihat RI Tidak Profesional

INDONESIAKININEWS.COM -  Menteri BUMN Erick Thohir mewanti-wanti sikap negara lain usai Indonesia melarangan ekspor batu bara. Menurutnya, I...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Menteri BUMN Erick Thohir mewanti-wanti sikap negara lain usai Indonesia melarangan ekspor batu bara. Menurutnya, Indonesia memiliki kontrak batu bara, nikel, timah, dan LNG, yang memerlukan komunikasi dengan negara-negara lain.

Meski ekspor batu bara sementara waktu tidak diizinkan, dia memandang komunikasi dua arah antara otoritas RI dan negara lain harus berjalan baik.

Dia menegaskan, larangan ekspor batu bara hanya berlaku 20 hari ke depan saja. Setelah pasokan sumber daya tersebut terpenuhi, keran ekspor akan kembali dibuka pemerintah.

"Jangan sampai negara lain melihat Indonesia tidak profesional, tetap semuanya harus komunikasi, dan negara lain Insya Allah mendukung lah, selama tidak disetop tahunan, kalau cuma tunda 20 hari, mereka kan juga penuh. Yang penting kita jangan saling menyalahkan, kita turun sesuai instruksi Presiden kita harus selesaikan masalahnya," ujar Erick, Rabu (5/1/2022).

Kelangkaan batu bara dan LNG, lanjut Erick, menjadi momentum bagi Indonesia untuk memetakan sumber energi terbarukan ke depan. Dia menyebut Menteri ESDM Arifin Tasrif telah meluncurkan RUPTL energi baru terbarukan yang harus diikuti oleh semua pihak.

Di lain sisi, Erick juga meminta direksi perseroan negara di sektor energi dan kelistrikan tidak mengedepankan ego sektoral. Bahkan, dia mengaku telah menghubungi direksi PT Pertamina (Persero), PT Bukit Asam Tbk, dan PT PLN (Persero) untuk memastikan adanya kerja sama yang berkesinambungan dalam mengatasi kelangkaan sumber daya tersebut.

Di lain sisi, BUMN akan merealisasikan kebijakan pemerintah untuk memastikan ketersediaan pasokan dalam negeri menjadi prioritas utama. Erick juga mengingatkan kepada produsen batu bara swasta agar mendukung kebijakan pemerintah.

Pasalnya, perusahaan swasta yang dinilai tidak disiplin akan dikenakan sanksi berat berupa pencabutan izin operasional. "Saya juga setuju pihak swasta yang memang tidak disiplin seperti pernyatan Bapak Presiden ya harus dihukum, bahkan dicabut," katanya.

Hanya saja, Erick menilai tidak semua produsen batubara melanggar ketentuan kewajiban pasok atau Domestic Market Obligation (DMO) sebesar 25% yang diatur dalam regulasi saat ini.

S:Okezone


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ekspor Batu Bara Dilarang, Erick Thohir Tak Mau Negara Lain Lihat RI Tidak Profesional
Ekspor Batu Bara Dilarang, Erick Thohir Tak Mau Negara Lain Lihat RI Tidak Profesional
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiLZbi-hOECxAXcVnqR8uQiKetb9yd9PX_VzA5qiYGhk9jjoROooW768TVpm5TZ9FZcE7P9eXGoDC_QKClUEl8Fww6thhp2uW2SBbP-FUiE_Z0M3f4ksnFBEFz8m6RggLll3_9ixALjFVfu4yBhssp6u2XRpKpXOm_8jwQGwhUhIKSHkNKiqLCCh9XsCQ=w640-h356
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiLZbi-hOECxAXcVnqR8uQiKetb9yd9PX_VzA5qiYGhk9jjoROooW768TVpm5TZ9FZcE7P9eXGoDC_QKClUEl8Fww6thhp2uW2SBbP-FUiE_Z0M3f4ksnFBEFz8m6RggLll3_9ixALjFVfu4yBhssp6u2XRpKpXOm_8jwQGwhUhIKSHkNKiqLCCh9XsCQ=s72-w640-c-h356
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/ekspor-batu-bara-dilarang-erick-thohir.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/ekspor-batu-bara-dilarang-erick-thohir.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy