$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Fahri Hamzah Usul Fraksi DPR Dihapuskan, Gerindra Nilai Tak Relevan dengan Format Tata Kenegaraan

INDONESIAKININEWS.COM -  Waketum Partai Gerindra Habiburokhman menanggapi soal usul Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah agar fraksi ...



INDONESIAKININEWS.COM - Waketum Partai Gerindra Habiburokhman menanggapi soal usul Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah agar fraksi di DPR dihapuskan. Dia mengaku bingung dengan usulan tersebut.

"Saya bingung juga itu. Itu keren banget itu. Gitu kan ya. Kita kan ini, partai bukan hanya milik orang, mereka bukan milih orang, tapi milih partai," kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Dia mencontohkan dirinya semisal dipilih oleh 76 ribu orang.

"Yang pilih Gerindra hampir 300 orang. Saya ada di sini lewat partai," imbuh dia.

Legislator Komisi III DPR RI itu mengatakan jika tak ada fraksi di DPR, maka tak sesuai dengan sistem ketatanegaraan di Indonesia.

"Ya enggak relevan, sejalan, dengan format tata kenegaraan kita. Rakyat itu kan enggak hanya memilih saya. Rakyat kan milih orang melalui partai," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah mengatakan, keberadaan fraksi di DPR selama ini membuat kamar legislatif menjadi tidak berdaya.

Maka itu, menurut Fahri, fraksi di DPR perlu dilakukan penghapusan.

Fahri menilai fraksi menjadi alat kepentingan politik ketua umum partai atau elit-elit politik lainnya, bukan berpikir untuk rakyat atau konstituen.

"Jadi berbicara reformasi politik, menghapus fraksi di DPR diantara yang paling penting kita lakukan karena berbagai atau banyak alasan. Alasan pertama tadi kita melihat agak mencemaskan bagaimana sebuah kekuatan di kamar kekuasaan legislatif itu tidak nampak fungsinya," kata Fahri dalam keterangan yang diterima, Kamis (13/1/2022).

Menurut Fahri, saat menjadi Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019, dia diminta melakukan tindakan yang bertentangan dengan kehendak masyarakat oleh partai sebelumnya, karena dipengaruhi oleh oligarki.

"Saya sendiri memiliki yurisprundensi, makanya waktu itu saya melawan kendali partai, karena berpotensi mendistorsi kehendak rakyat menjadi kehendak parpol. Ini yang mesti kita lawan ke depan," kata dia.

Dalam sistem demokrasi, lanjutnya, anggota DPR harus menjadi wakil rakyat, bukan menjadi wakil partai politik.

Menurutnya, jika terus begitu pandangannya, akan membahayakan.

Fahri menilai adanya kekeliruan tersebut lantaran adanya kekeliruan paradigmatik yang memandang apa peran partai politk dalam fraksi.

"Ketika kita sudah memilih sistem demokrasi, mau tidak mau maka kita harus memurnikan demokrasi itu, tidak saja sebagai nilai-nilai luhur, tetapi juga dalam sistem pemilu dan sistem perwakilan kita," tegasnya.

Terkait keberadaan fraksi ini, jelas Fahri, akhirnya memunculkan sekelompok orang di balik layar yang terlihat menyetir parlemen.

Akibatnya, hubungan antara eksekutif dengan legislatif, menjadi tidak sehat dan bisa menginvasi yudikatif.

"Fraksi ini sebenarnya ada dalam tradisi totaliter seperti dalam tradisi negara komunis. Di tradisi demokrasi, perannya negara totaliter itu, ya partai politik adalah negara itu sendiri. Makanya hampir tidak ada jarak dengan partai politik dengan jabatan publik," kata dia.

"Artinya sehari-hari mereka lebih nampak sebagai wakil partai politik. Karena itu lah reformasi politik perlu dilakukan," kata Fahri.

s: tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Fahri Hamzah Usul Fraksi DPR Dihapuskan, Gerindra Nilai Tak Relevan dengan Format Tata Kenegaraan
Fahri Hamzah Usul Fraksi DPR Dihapuskan, Gerindra Nilai Tak Relevan dengan Format Tata Kenegaraan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj45gyOL2pON8dEstykteb5B_Fc5cUn7kxPgxAlgZCDuuXxvYA7hJoqtsU18gP0OLaGbc8or3kWTqCt-VN7Retse0NRmSuEM3siDZsYZnJ5J_hGuh6F_dGHuasCQRbJRzNac_cbvoiH35Q8HfMgT1_9Jn9duj-AkOsCBbmJOvguOZ8Z23hdOKReZhgh9g=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj45gyOL2pON8dEstykteb5B_Fc5cUn7kxPgxAlgZCDuuXxvYA7hJoqtsU18gP0OLaGbc8or3kWTqCt-VN7Retse0NRmSuEM3siDZsYZnJ5J_hGuh6F_dGHuasCQRbJRzNac_cbvoiH35Q8HfMgT1_9Jn9duj-AkOsCBbmJOvguOZ8Z23hdOKReZhgh9g=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/fahri-hamzah-usul-fraksi-dpr-dihapuskan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/fahri-hamzah-usul-fraksi-dpr-dihapuskan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy